Bendungan Blue Mountains

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Blue Mountains Dams adalah serangkaian 6 bendungan di Blue Mountains yang menyuplai air ke Blue Mountains dan Sydney, Australia. Bendungan ini dikelola oleh Sydney Catchment Authority. Air di dalam skema ini disediakan oleh Fish River Scheme.

Cascade Dams[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga bendungan yang dibangun di Cascade Creek, dekat Katoomba, dikenal sebagai Cascade nomor 1, 2 dan 3. Middle Dam adalah yang pertama selesai tahun 1908. Tingginya 15 meter; panjang 105 m; dan menampung 160 megaliter. Lower Cascade Dam adalah bendungan tanggul dari tanah dengan inti beton yang selesai dibangun tahun 1926. Tingginya 26 m; panjang 128 m; dan menampung 320 megaliter. Upper Cascade Dam adalah bendungan tanggul tanah lainnya, dibangun tahun 1938. Tingginya 30 m; panjang 247 m; dan menampung 1.700 megaliter.

Lake Medlow dan Greaves Creek Dam[sunting | sunting sumber]

Lake Medlow dan Greaves Creek Dam dibangun di Adams dan Greaves Creek. Lake Medlow Dam adalah bendungan lengkung tipis beton pertama di New South Wales, dan salah satu bendungan tertipis di dunia. Tingginya 20 m; panjang 38 m; dan menampung 300 megaliter. Greaves Creek juga sebuah bendungan lengkung beton, selesai tahun 1942. Tingginya 19 m; panjang 67 m; dan menampung 310 megaliter. Sydney Hater telah membubarkan Greaves Creek Treatment Plant.

Woodford Creek Dam[sunting | sunting sumber]

Woodford Creek Dam adalah sebuah bendungan lengkung beton yang dibangun di persimpangan Woodford Creek dan Bulls Creek dan selesai dibangun tahun 1928. Pernah diangkat beberapa kali. Tingginya 16 m dan panjang 144 m. Sydney Water tidak lagi menarik air dari Woodford Dam. Pada Januari 2007, masa depan bendungan ini ditentukan.

Sumber[sunting | sunting sumber]