Bendera Uni Soviet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Uni Soviet
Flag of the Soviet Union.svg
Nama Panji Merah[1]
Pemakaian Bendera sipil dan nasional Rancangan digunakan di masa lalu, sekarang tidak lagi
Proporsi 1:2
Dipakai 12 November 1923 (versi asli)

15 Agustus 1980 (versi terakhir)

Desain Bendera merah polos dengan simbol palu arit berwarna emas dan bintang merah bertepi emas di sisi kiri atas.

Bendera Uni Soviet adalah bendera yang terdiri atas paduan bendera merah polos dengan simbol palu arit dan bintang merah di sisi kiri atasnya. Palu arit melambangkan buruh dan petani sementara bintang merah melambangkan kekuasaan Partai Komunis.

Bendera pertama dengan bintang merah, palu, dan arit diadopsi pada tanggal 12 November 1923. Pada tahun 1955, terdapat perubahan peraturan mengenai bendera ini sehingga mengubah panjang gagang palu dan bentuk sabit. Perubahan terakhir dilakukan pada tahun 1980 dengan mengubah warna dasarnya menjadi merah sedang. Bendera ini terus dipakai sebagai bendera nasional hingga bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Lambang dan rancangan[sunting | sunting sumber]

Animasi bendera Uni Soviet yang sedang berkibar.

Warna merah selalu menjadi perlambang baik dalam kebudayaan Rusia. Kata merah (bahasa Rusia: красный, krasny) berkaitan secara etimologis dengan kata cantik dalam bahasa Rusia. Hal ini dapat dilihat pada penamaan Lapangan Merah di Moskwa dan perayaan Paskah Merah bagi penganut Kristen Ortodoks di Rusia.

Kain merah melambangkan tumpahan darah para buruh dan petani untuk menghargai bendera merah Komune Paris tahun 1871.[2] Ideologi komunisme dapat dilihat dengan jelas pada bendera ini. Bintang merah dan palu arit melambangkan komunisme dan sosialisme.

Palu melambangkan para buruh di bidang industri (kaum proletar) dan sabit melambangkan para buruh di bidang pertanian (kaum petani) yang bersama-sama membentuk negara. Bintang merah melambangkan kekuasaan Partai Komunis. Sisi belakang bendera ini secara resmi hanya berwarna merah polos tanpa simbol apa pun. Akan tetapi, dalam prakteknya, bendera ini biasanya dibuat secara bolak-balik sehingga simbol yang muncul di sisi belakang posisinya berlawanan arah dengan sisi depannya.[3]

Rancangan bendera ini dibuatkan peraturan pada tahun 1955 yang menjelaskan cara mengartikan dan proses pembuatannya. Peraturan baru ini menyebabkan perubahan panjang gagang palu dan bentuk sabit. Rancangan terakhir bendera ini ditetapkan pada tahun 1980. Rancangannya tetap dipertahankan seperti semula, tetapi warna dasarnya sedikit diubah. Warnanya diterangkan dari yang semula merah tua menjadi merah sedang.

Persamaan dengan bendera lain[sunting | sunting sumber]

Uni Soviet adalah negara pertama yang membentuk pemerintahan komunis sehingga menjadikannya sebagai inspirasi bagi negara sosialis yang muncul setelahnya, antara lain Angola, Republik Rakyat Tiongkok, Korea Utara, Vietnam (Vietnam Utara) dan Republik Federal Sosialis Yugoslavia.

Bendera republik-republik Soviet yang menjadi bagian dari Uni Soviet semuanya adalah versi alternatif dari bendera negara induknya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Whitney Smith (2008). "Flag of Union of Soviet Socialist Republics". Encyclopædia Britannica. Diakses 5 November 2008. 
  2. ^ "Story of the Red Flag", Partai Komunis Revolusioner Amerika Serikat, 19 Mei 2006. Diakses pada 2 Desember 2007.
  3. ^ Victor Lomantsov (2002-11-30). "Reverse of the flag". FOTW.net. Diakses 2008-11-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]