Bendera (komputasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam pemrograman komputer, bendera (bahasa Inggris: flag) merujuk pada satu atau lebih bit yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai atau kode biner yang memiliki suatu makna terperikan. Bendera umumnya ditemukan sebagai anggota suatu struktur data terdefinisi, seperti rekaman basis data. Makna nilai yang dikandung dalam suatu bendera umumnya akan didefinisikan dalam hubungannya dengan struktur data yang mengandungnya. Dalam banyak kasus, nilai biner suatu bendera merepresentasikan salah satu kemungkinan keadaan atau status. Dalam kasus lainnya, nilai biner dapat mewakili satu atau lebih atribut dalam medan bit, seringkali terkait dengan kemampuan atau hak akses, seperti "dapat ditulis" atau "dapat dihapus". Meskipun demikian, terdapat banyak kemungkinan makna yang dapat diberikan pada nilai bendera. Satu penggunaan umum dari bendera adalah untuk menandai atau menunjuk struktur data untuk pemrosesan lanjutan.

Dalam mikroprosesor atau peranti logika lain, bendera umumnya digunakan untuk mengendalikan atau mengindikasikan kondisi antara atau akhir atau keluaran dari operasi yang berbeda. Mikroprosesor umumnya memiliki, sebagai contoh, suatu register status yang tersusun dari bendera-bendera seperti itu, dan bendera-bendera tersebut digunakan untuk menunjukkan berbagai kondisi pasca operasi, seperti misalnya apakah telah terjadi luapan aritmetika. Bendera dapat digunakan dalam operasi berikut, seperti dalam pemrosesan instruksi lompatan bersyarat. Sebagai contoh, suatu instruksi je (Jump if Equal, lompat jika sama) dalam bahasa rakitan X86 akan menghasilkan suatu lompatan jika bendera Z (Zero, nol) diset oleh operasi sebelumnya.

Suatu saklar baris perintah juga dapat dirujuk sebagai suatu bendera. Program baris perintah sering diawali dengan pemilah opsi yang menerjemahkan saklar baris perintah menjadi bendera.