Belahan dada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belahan dada seorang wanita

Belahan dada (bahasa Inggris: cleavage) adalah cekungan sempit atau cekungan di antara payudara manusia. Bagian atas belahan dada dapat ditonjolkan oleh pakaian seperti garis leher berpotongan rendah yang memperlihatkan bagian tersebut. Joseph Breen, kepala Administrasi Kode Produksi industri film AS, menciptakan istilah Cleavage dalam arti saat ini ketika mengevaluasi film The Outlaw tahun 1943, yang dibintangi oleh Jane Russell. Istilah ini dijelaskan dalam majalah Time pada tanggal 5 Agustus 1946. Istilah ini paling sering digunakan dalam bahasa fashion wanita Barat untuk merujuk pada garis leher yang memperlihatkan atau menekankan décolletage atau tampilan area payudara bagian atas.

Dalam banyak budaya, meskipun tidak semua, pria biasanya mendapatkan kesenangan erotis dari tampilan belahan dada. Kecenderungan ini dikaitkan dengan banyak alasan termasuk psikologi evolusioner, revolusi patriarkal, dan pemisahan dari menyusui. Sejak setidaknya abad ke-15, wanita di dunia Barat telah menggunakan belahan dada mereka untuk menggoda, menarik, membuat pernyataan gender, dan menegaskan kekuasaan. Di beberapa belahan dunia, kedatangan Kristen dan Islam menyebabkan terjadinya penurunan tajam dalam tampilan belahan dada yang dianggap dapat diterima secara sosial. Dalam banyak budaya saat ini, pemaparan belahan dada dianggap tidak diinginkan atau dilarang secara hukum. Di beberapa wilayah seperti pantai Eropa dan di antara banyak penduduk asli di seluruh dunia, paparan belahan dada dapat diterima; sebaliknya, bahkan di Barat, sering kali tidak dianjurkan dalam pakaian sehari-hari atau di ruang publik. Dalam beberapa kasus, belahan dada yang terbuka dapat menjadi target fotografi voyeuristik yang tidak diinginkan atau pelecehan seksual.

Pakaian yang memperlihatkan belahan dada mulai menjadi populer di Kristen Barat sejak awal Abad Pertengahan dan menikmati prevalensi yang signifikan selama era Mid-Tang di Tiongkok, era Elizabethan di Inggris, dan Prancis selama berabad-abad, terutama setelah Revolusi Prancis. Tetapi pada era Victoria Inggris dan selama periode flapper mode Barat itu ditekan. Pembelahan kembali ke mode Barat pada 1950-an, terutama melalui selebriti Hollywood dan merek pakaian dalam. Konsekuensinya, ketertarikan pada belahan dada paling menonjol di A.S., dan negara-negara yang sangat dipengaruhi oleh A.S. Dengan munculnya bra push-up dan underwired yang menggantikan korset di masa lalu, daya tarik belahan dada didorong oleh produsen pakaian dalam ini. Pada saat pandemi COVID, dramatisasi belahan dada mulai kehilangan popularitas bersama dengan merek pakaian dalam besar. Pada saat yang sama, belahan dada kadang-kadang diganti dengan jenis lain dari tampilan payudara berpakaian, seperti sideboobs dan underboobs.

Banyak wanita meningkatkan belahan dada mereka dengan menggunakan perangkat seperti bra, falsi dan korset, serta pembesaran payudara dengan menggunakan implan saline atau silikon dan terapi hormon. Latihan, yoga, perawatan kulit, riasan, perhiasan, tato, dan tindikan juga digunakan untuk memperindah belahan dada. Belahan dada pria (juga disebut berat), yang ditekankan oleh garis leher rendah atau kemeja tidak dikancingkan, adalah tren film di Hollywood dan Bollywood. Beberapa pria juga menampilkan belahan dada mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]