Beatrice d'Este, Ratu Hungaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beatrice d'Este
Ratu Hungaria
Berkuasac. 1234-1235
Informasi pribadi
WangsaDinasti Árpád
AyahAldobrandino I dari Este
PasanganAndrás II dari Hungaria
AnakIstván dari Hungaria

Beatrice d'Este (1215 – sebelum 8 Mei 1245) adalah Ratu Hungaria[1] sebagai istri ketiga Raja András II dari Hungaria.

Beatrice adalah putri tunggal Bangsawan Aldobrandino I dari Este tetapi nama dan asal ibunya tidak diketahui. Sejak ayahnya wafat pada tahun kelahirannya, ia dididik oleh pamannya, Bangsawan Azzo VII dari Este.

Pada awal tahun 1234, yang tertua Raja András II, yang sudah menduda untuk kedua kalinya pada tahun 1233, mengunjungi istana keluarga Este dan jatuh cinta dengan Beatrice yang belia. Pamannya memberikan restu untuk pernikahan dengan satu syarat bahwa Raja András dan Beatrice memberikan maskawin dan tuntutan atas warisan ayahnya.

Pernikahan mereka diselenggarakan pada tanggal 14 Mei 1234 di Székesfehérvár, dan Raja András menuliskan di perjanjian pernikahan mereka bahwa ia akan menghibahkan 5.000 pound sebagai hadiah pernikahan untuk Beatrice dan Beatrice juga akan menerima 1.000 pound sebagai penghasilan tahunannya. Akan tetapi, hubungan antara Beatrice dan putra-putra András menjadi tegang tak lama setelah itu.

Dengan kematian suaminya pada tanggal 21 September 1235, anak tirinya, Raja Béla IV dari Hungaria naik tahta dan ia ingin melenyapkan Beatrice dari Hungaria. Lebih dari itu, ketika janda Beatrice mengumumkan kehamilannya, anak tirinya menuduhnya telah berzinah dan memerintahkan untuk menangkapnya. Beatrice dapat melarikan diri dari Hungaria hanya dengan dukungan dari duta besar Friedrich II, Kaisar Romawi Suci yang tiba untuk upacara pemakaman raja.

Ia pergi ke kerajaan Romawi, di mana ia melahirkan seorang putra, István yang kesahannya, bagaimanapun juga, tidak pernah dikonfirmasikan oleh kakak-kakaknya. Dengan kelahiran putranya, Beatrice berencana untuk tinggal di istana pamannya, tetapi Bangsawan Azzo VII menolak permohonan tersebut.

Ia menghabiskan tahun-tahun berikutnya berkelana di Italia, dan ia tak pernah menyerah atas penghasilan kebangsawanan untuk anaknya dari Hungaria. Ia mencona untuk membujuk Republik Venesia untuk mendukung anaknya selama perang dengan Hungaria, tetapi Serenissima berjanji pada Raja Béla IV bahwa ia tak akan membantu Beatrice dan putranya untuk berdamai pada tanggal 30 Juni 1244.

Paus Innosensius IV mengabulkan pendapatannya atas 35 biara di Italia.

Pernikahan & Keturunan[sunting | sunting sumber]

14 Mei 1234: Raja András II dari Hungaria (c. 1177 – 21 September 1235)
  • Istvan (1236 – 10 April 1271)

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Soltész, István: Árpád-házi királynék (Gabo, 1999)
  • Kristó, Gyula - Makk, Ferenc: Az Árpád-ház uralkodói (IPC Könyvek, 1996)
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Yolande de Courtenay
Ratu Hungaria
c. 1234-1235
Diteruskan oleh:
Maria Laskarina