Beast (Disney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Beast
Penampilan pertama Beauty and the Beast (1991)
Pencipta Glen Keane
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki
Istri Belle
Kewarganegaraan Perancis

Beast adalah tokoh fiksi dari dongeng Beauty and the Beast dan salah satu dari tokoh utama film kartun Disney Beauty and the Beast dan sekuel-sekualnya yang langsung dirilis dalam video, Beauty and the Beast: The Enchanted Christmas serta Beauty and the Beast: Belle's Magical World. Pasangannya adalah Belle.

Profil[sunting | sunting sumber]

Di cerita Beauty and the Beast yang sebenarnya, Beast digambarkan sebagai sosok yang baik hati yang jarang beremosi. Sebaliknya, dalam versi Disney, Beast tampaknya pemarah dan depresi. Pencipta Beast versi Disney membuat sifat Beast seperti binatang liar, seperti namanya. Beast sering terlihat tanpa baju. Jubah Beast sebenarnya berwarna merah walau lebih sering direferensikan menjadi ungu. Alasan untuk perubahan warna ini tidak diketahui, namun kelihatannya alasannya adalah warna ungu sering dihubungkan dengan kerajaan.

Setelah Beast menyelamatkan Belle dari sekelompok serigala di hutan, gaya pakaian Beast berubah, menunjukkan sifat yang lebih lembut. Bajunya menjadi lebih rapi dan baju yang sering dipakai sebagai ciri khas Beast adalah pakaian dansanya yaitu jas biru dengan jubah di belakangnya bertepian emas. Celananya hitam dengan tepi emas. Karena cintanya pada Belle, sifat Beast berubah menjadi lebih baik namun naif juga.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

"Beauty and the Beast"[sunting | sunting sumber]

Pangeran muda yang tampan tinggal di istana mewah di Perancis. Dia dimanja dan egois. Pada suatu malam dingin, seorang wanita tua datang ke istana dan memohon untuk menginap dengan setangkai mawar sebagai bayarannya. Ketika pangeran mengusir wanita tua itu karena keburukan wajahnya, wanita tua itu menunjukkan dirinya yang sebenarnya yaitu seorang peri. Pangeran berusaha meminta maaf namun peri itu tetap marah dan mengubah pangeran itu menjadi mahluk yang mirip binatang buas. Dia juga mengutuk seluruh istana sehingga para pelayanpun berubah menjadi perabotan, istananya menjadi gelap dan kelam, serta hutan hijau menjadi hutan menakutkan dengan serigala.

Beast menutup diri dalam istananya dengan cermin ajaib untuk melihat dunia luar. Beast dapat menjadi manusia lagi kalau dia mencintai dan dicintai seseorang sebelum kelopak mawar terakhir jatuh pada ulangtahunnya yang keduapuluh satu.

"Beauty and the Beast: The Enchanted Christmas"[sunting | sunting sumber]

Cerita ini terjadi setelah Beast menolong Belle dari serigala. Beast melarang Belle mengadakan Natal karena dia diubah menjadi Beast pada hari Natal.

"Belle's Magical World"[sunting | sunting sumber]

Di film ini, Beast hanya muncul di bagian pertama dan keempat. Sementara itu, dia tampil sebagai kameo di bagian ketiga.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]