Bayan sejati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Betet sejati
Makaw kuning biru
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Famili: Psittacidae
Illiger, 1811
Subfamili

Loriinae (Nuri dan Perkici)
Psittacinae (Betet biasa dan sejenisnya)
(lihat teks)

Bayan sejati terdiri dari sekitar 330 spesies burung dari famili Psittacidae, salah satu dari dua familia "tradisional" dalam ordo biologi Psittaciformes (bayan). Famili lainnya adalah Cacatuidae (kakatua) yang juga merupakan bayan, namun tidak diklasifikasikan sebagai bayan sejati. Bayan sejati lebih tersebar luas daripada kakatua, dengan spesies yang terdapat di Amerika, Afrika, Asia, Australia dan belahan bumi bagian timur hingga kepulauan di Samudra Pasifik seperti Polinesia.

Famili bayan sejati sering dianggap terdiri dari dua subfamili, Psittacinae (bayan biasa dan sejenisnya) dan Loriinae (Nuri). Namun, tidak ada sistem klasifikasi lain dan kedua kelompok itu kadang dinyatakan sebagai status famili penuh, sehingga disebut sebagai Psittacidae dan Loriidae. Hal ini tidak menjamin bagaimanapun, meskipun perilaku kakatua dan garis keturunan tertentu betet sejati pada peringkat taksonomi yang sama (namun tidak seperti famili) dapat terjadi; lihat di bawah.

Seperti kebanyakan bayan, Psittacidae secara khusus adalah pemakan biji. Terdapat beberapa variasi dalam pola makan spesies individu, dengan buah, kacang, dedaunan dan setiap serangga dan binatang lain yang dimangsa juga merupakan makanan spesies lain. Nuri adalah pemakan nektar dominan; dan banyak betet lain yang minum nektar juga. Psittacidae pada umumnya adalah burung yang bersarang rongga yang teridiri dari sepasang monogami.

Filogenik[sunting | sunting sumber]

Ordo Psittaciformes (bayan) terdiri dari dua famili bayan, kakatua dan bayan sejati. Terdapat sedikit perbedaan yang tampak dari setiap bayan daripada garis keturunan bayan sejati di antara mereka, dan ini menunjukkan seolah-olah kelompok bayan hidup terbesar akan mendapatkan peringkat taksonomi yang sama. Mereka kemungkinan berkaitan seperti subfamili lain dalam banyak bagian, seperti Psittaciformes hidup yang menunjukkan monofiletik yang berhubungan dengan beberapa familia prasejarah.

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

  • Bruce Thomas Boehner - Parrot Culture. Our 2,500-year-Long Fascination with the World's Most Talkative Bird (2004)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]