Bawen, Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bawen
Peta lokasi Kecamatan Bawen
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenSemarang
Pemerintahan
 • CamatDewanto Leksono Widagdo, S.STP, MM
Populasi
 • Total59,940 jiwa
Kode Kemendagri33.22.11
Kode BPS3322110
Luas46,57 km²
Desa/kelurahan9

Bawen (Jawa: ꦩ꧀ꦧꦮꦺꦤ꧀, translit. Mbawèn) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini berbatasan dengan kecamatan Bergas di sebelah utara, Kecamatan Pringapus di sebelah timur, Kecamatan Tuntang dan Ambarawa di sebelah selatan, dan kecamatan Bandungan di sebelah barat.

Bawen digadang-gadang nantinya akan menjadi ibu kota Kabupaten Semarang yang baru.[1]

Bawen termasuk daerah kawasan industri yang menyerap lapangan kerja di sekitarnya diantaranya Coca-Cola, Apac Inti Corpora, Star wig, dan lain - lain . Di kecamatan ini terdapat persimpangan jalan negara menuju Solo dan Yogyakarta.

Di daerah ini terdapat terminal Besar yang merupakan tempat singgah bus Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Purwokerto sehingga terminal ini sangat ramai. Didekat terminal Bawen terdapat pintu keluar tol Semarang - Solo yang membuat kota ini semakin ramai.

Untuk pariwisata, kecamatan ini terdapat Dusun Semilir. Sedangkan wisata perkebunan, terdapat banyak perkebunan yang melahirkan argowisata, diantaranya Banaran. Kawasan ini juga termasuk pengembangan kabupaten Semarang smart city.[2] oleh pemerintah. Jalan tol melewati kecamatan Bawen yang tepatnya di Desa Lemahireng dan Desa Kandangan.


  1. ^ "Rencana Pemindahan Ibukota Kabupaten Semarang" Diarsipkan 2019-10-09 di Wayback Machine. faktorhukum.com
  2. ^ "Segitiga Emas Pariwisata Kabupaten Semarang" traxtimes.com