Baudouin dari Belgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Baudouin
Baudouin of Belgium 1969.jpg
Raja Belgia
Memerintah 17 Juli 1951–31 Juli 1993
(42 tahun)
Pendahulu Leopold III
Pengganti Albert II
Pasangan Fabiola de Mora y Aragón
Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha
Ayah Leopold III dari Belgia
Ibu Putri Astrid dari Swedia
Lahir 7 September 1930
Laeken, Belgia
Meninggal 31 Juli 1993 (umur 62)
Motril, Spanyol

Baudouin (lahir 7 September 1930 – meninggal 31 Juli 1993 pada umur 62 tahun) merupakan Raja Belgia yang kelima. Ia memerintah menyusul pengunduran diri ayahnya, Leopold III, pada tahun 1951 hingga kematiannya sendiri pada tahun 1993. Baudouin merupakan anak kedua dan putra tertua Leopold III (1901–1983) dari istri pertamanya, Putri Astrid dari Swedia (1905–1935). Karena Baudouin tidak berketurunan, maka takhta beralih kepada adik kandungnya, Albert, yang kemudian menjadi Albert II dari Belgia setelah kematiannya. Baudouin masih memiliki pertalian darah dengan Raja Harald V dari Norwegia, Putri Astrid dari Norwegia, dan Putri Ragnhild of Norwegia. Baudouin merupakan versi Perancis namanya, yang paling umum digunakan di Belgia; di Belanda dikenal sebagai Boudewijn. Inggris menyebut namanya, meskipun sangat jarang, sebagai Baldwin.

Nama lengkap[sunting | sunting sumber]

Nama lengkap Baudouin adalah Baudouin Albert Charles Léopold Axel Marie Gustave de Belgique (diucapkan [bodwɛ̃ albɛʁ ʃaʁl leopɔld aksɛl maʁi ɡystav də bɛlʒik]) dalam bahasa Perancis dan Boudewijn Albert Karel Leopold Axel Marie Gustaaf van België (diucapkan [ˈbʌu̯dəˌʋɛi̯n ˈɑlbərt ˈkaːrəl ˈleˑjoˑˌpɔlt ˈɑksəl maˑˈri ɣʏsˈtaˑf vɑn ˈbɛlɣijə]) dalam bahasa Belanda.

Naik takhta[sunting | sunting sumber]

Baudouin lahir di Puri Stuyvenberg, dekat Laeken, Brussels, di Belgia pada tahun 1930. Ia merupakan putra dari Pangeran Leopold, Adipati Brabant dan istrinya, Putri Astrid dari Swedia. Ayahnya menjadi Raja Belgia, sebagai Leopold III, pada tahun 1934. Adapun ibu Baudouin wafat pada tahun 1935.

Salah satu penyebab ketidakpopuleran Leopold III adalah pernikahan keduanya pada tahun 1941 dengan Mary Lilian Baels, seorang warga Belgia kelahiran Inggris. Lilian Baels kemudian dikenal sebagai Putri Réthy. Hal yang lebih kontroversial kemudian adalah keputusan Leopold untuk menyerah kepada Nazi Jerman ketika Belgia diserbu pada tahun 1940. Banyak warga Belgia mempertanyakan loyalitas Leopold, tetapi sebuah komisi penyelidikan membebaskan Leopold dari tuduhan pengkhianatan terhadap negara selama Perang Dunia II. Walaupun keberadaan monarki dipertahankan dalam suatu plebisit, kontroversi yang merundung Leopold menyebabkannya harus turun takhta.

Raja Leopold III meminta Pemerintah dan Parlemen Belgia untuk menyetujui sebuah undang-undang yang mendelegasikan kekuasaan kerajaannya kepada putranya, Pangeran Baudouin. Baudouin mengambil sumpah terhadap konstitusi di hadapan kedua majelis Parlemen sebagai Pangeran Agung pada 11 Agustus 1950. Ia kemudian naik takhta dan menjadi Raja Belgia yang kelima setelah bersumpah terhadap konstitusi pada 17 Juli 1951, satu hari setelah pengunduran diri ayahnya.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Baudouin memerintah selama 42 tahun. Ia meninggal dunia akibat gagal jantung pada tanggal 31 Juli 1993 di Motril, sebelah selatan Spanyol.[1] Ia dimakamkan di pekuuran kerajaan di Laeken, Brussels, Belgia. Adiknya, Pangeran Albert, kemudian menggantikannya sebagai Raja Albert II.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lyons, Richard D. "Baudouin I, King of Belgium, Dies at 62," New York Times. August 1, 1993.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Baudouin dari Belgia
Cabang kadet Dinasti Wettin
Lahir: 7 September 1930 Wafat: 31 Juli 1993
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Leopold III
Raja Belgia
1951–1993
Diteruskan oleh:
Albert II
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Pangeran Leopold
Adipati Brabant
1934–1951
Diteruskan oleh:
kosong
kemudian dilanjutkan oleh
Pangeran Philippe
Didahului oleh:
Gelar baru dibentuk
Adipati Hainaut
1930–1934
Diteruskan oleh:
Tidak lagi dipergunakan