Baudouin I dari Flandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Institusi Baudouin I 'Bras de Fer', Comte Flandria pertama oleh Charles si Botak, Raja Franka.

Baudouin I (kemungkinan lahir pada tahun 830, wafat pada tahun 879), juga dikenal sebagai Baudouin si lengan Besi (julukan ini pertama kali dicatat pada abad ke-12), Comte Flandria pertama.

Pada saat Baudouin muncul untuk yang pertama kalinya di dalam sejarah ia telah menjadi seorang comte yang diduga di area Flandria, namun ini tidak diketahui. Comte Baudouin menjadi terkenal ketika ia kawin lari dengan Puteri Judith, putri Karl yang Botak, Raja Frankia Barat. Judith sebelumnya telah menikah dengan Æthelwulf dan putranya (dari pernikahan sebelumnya) Æthelbald, raja-raja Wessex, namun setelah kematiannya pada tahun 860 ia kembali ke Perancis.

Sekitar hari raya Natal pada tahun 861, dengan instigasi Baudouin dengan saudaranya Louis menyetujui Judith melarikan diri dari tahanan dimana ia diletakkan dibawah kota Senlis setelah ia kembali dari Inggris. Ia melarikan diri ke utara dengan Comte Baudouin. Charles tidak memberikan izin untuk pernikahan tersebut dan mencoba untuk menangkap Baudouin, ia lalu mengirimkan surat-surat kepada Hrørek dari Dorestad dan Hungerus Frisus, untuk melarang mereka menampung buronan tersebut.

Setelah Baudouin dan Judith dapat menghindari upaya-upaya untuk menangkap mereka, Charles membuat para uskupnya untuk mengucilkan pasangan tersebut. Judith dan Baudouin membalasnya dengan melakukan perjalanan ke Roma untuk meminta pertolongan atas kasus mereka kepada Paus Nikolas I. Permohonan mereka dikabulkan dan Charles didesak untuk menerimanya. Pernikahan tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 863 di Auxerre. Tahun 870 Baudouin meminta izin mengundurkan diri sebagai kepala biara St. Pieter di Ghent dan dianggap juga mendapat provinsi Flandria dan Waas, atau bagian tersebut pada saat ini. Baudouin mengembangkan dirinya sendiri sebagai seorang pendukung setia Charles dan memainkan peranan penting di dalam perang-perang yang berlanjut melawan Viking. Ia dinamakan pada tahun 877 sebagai satu dari orang-orang yang ingin mendukung putra kaisar, Louis II dari Perancis. Selama hidupnya Baudouin mengembangkan wilayahnya kedalam salah satu kerajaan utama Frankia Barat, ia wafat pada tahun 879 dan dimakamkan di Biara Saint-Bertin, dekat Saint-Omer.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Baudouin digantikan oleh putranya Judith, Baudouin II (tahun 866 - 918). Putra pertama pasangan tersebut dinamakan Charles sama dengan nama kakeknya dari pihak ibundanya, namun ia mati muda. Putra ketiganya Raoul (Rodulf) (tahun 869 - tewas terbunuh pada tahun 896) menjadi Comte Cambrai sekitar tahun 888, namun ia dan saudaranya bergabung dengan Raja Zwentibold dari Lorraine pada tahun 895. Pada tahun 896 mereka menyerang Vermandois dan menangkap Arras, Saint-Quentin dan Peronne, namun kemudian pada tahun itu Raoul ditangkap oleh Comte Heribert dan tewas terbunuh.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Jabatan baru
Gelar dibuat oleh
Karl yang Botak
Comte Flandria
862–879
Diteruskan oleh:
Baudouin II