Batumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Batumi pada tahun 1911
Pemandangan Batumi

Batumi (disebut Batum atau Batoum) adalah sebuah kota pelabuhan di tepi Laut Hitam yang merupakan ibu kota Ajaria — sebuah republik otonomi di Georgia bagian barat daya.

Batumi terletak sekitar 20 km dari perbatasan Georgia-Turki. Kota beriklim sub-tropis ini menghasilkan buah jeruk nipis dan daun teh. Sektor industri Batumi antara lain penyulingan minyak, pembuatan kapal, pengolahan makanan dan manufaktur ringan. Pipa minyak Baku-Tbilisi-Ceyhan yang merentang sepanjang 1.760 km melintasi Batumi.

Nama "Batumi" kemungkinan berasal dari kata Yunani batkhos yang bermakna 'dalam'.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Batumi terletak di lokasi koloni Yunani kuno yang bernama Batis. Dia terkenal sejak abad ke-11 karena pertahanannya yang kokoh. Sebelum dikuasai oleh Turki pada abad ke-16, Batumi termasuk dalam wilayah Georgia pada Abad Pertengahan. Berdasarkan isi Perjanjian San Stefano yang ditandatangani Kekaisaran Rusia dan Ottoman, Rusia menganeksasi Batumi.

Kerusuhan semasa Perang Dunia I memaksa intervensi Turki di Batumi pada April 1918 — disusul Britania Raya delapan bulan kemudian — hingga Juli 1920. Presiden Turki Mustafa Kemal Atatürk kemudian menyerahkan Batumi kepada Bolshevik pimpinan Lenin dengan syarat pemberian status otonomi demi mengakomodasi mayoritas penduduk Muslim Batumi. Selepas keruntuhan Uni Soviet, Aslan Abashidze diangkat sebagai kepala dewan pemerintahan Ajaria hingga Mei 2004, tatkala ia hengkang ke Rusia akibat protes massal terhadap kepemimpinannya.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Aliran-aliran agama yang dianut penduduk Batumi ialah Islam (mayoritas), Ortodoks Georgia dan Gereja Apostolik, Gereja Ortodoks Rusia dan Yahudi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]