Prasasti Palermo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Batu Palermo)
Langsung ke: navigasi, cari
Prasasti Palermo, fragmen Sejarah Kerajaan Mesir yang ditempatkan di Palermo, Italia

Prasasti Palermo (bahasa Inggris: Palermo Stone atau Batu Palermo) adalah salah satu dari tujuh fragmen sebuah stele yang dikenal sebagai "Royal Annals of the Old Kingdom of Ancient Egypt" (Tawarikh Kerajaan Lama Mesir Kuno) yang terlestarikan. Monumen ini memuat daftar raja-raja Mesir kuno dari Dinasti pertama Mesir sampai ke bagian awal dinasti kelima dan mencatat peristiwa-peristiwa penting dalam setiap tahun pemerintahan mereka. Kemungkinan dibuat pada zaman dinasti kelima Mesir (sekitar tahun 2392-2283 SM).[1] Prasasti Palermo disimpan di Antonio Salinas Regional Archaeological Museum di kota Palermo, Italia, yang memberikan namanya.

Istilah Batu Palermo kadang dimunculkan dengan tidak benar sebagai rujukan terhadap isi Sejarah Kerajaan, yang meliputi fragmen itu dan enam fragmen lain yang ada di museum Kairo dan London, yang tidak pernah dimiliki di Palermo. Semua fragmen ini secara bersama disebut sebagai "Cairo Annals Stone",[2] meskipun istilah "Cairo Stone" juga dimaksudkan untuk fragmen-fragmen Royal Annals yang sekarang ada di Kairo.

Nilai penting[sunting | sunting sumber]

Prasasti Palermo dan fragmen-fragmen lain yang berkaitan denganRoyal Annals merupakan sumber vitas untuk sejarah Kerajaan Lama Mesir dan, misalnya, mengawetkan nama anggota keluarga kerajaan selama lima dinasti pertama yang sebelumnya tidak terdaftar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dodson, Aidan (2004) The Complete Royal Families of Ancient Egypt, p.62. Thames & Hudson, ISBN 0-500-05128-3.
  2. ^ Dodson

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Partial and dated English translation of the text in J.H. Breasted, (1906). Ancient Records of Egypt, vol. I, sections 76-167. Chicago: University of Chicago Press.
  • St. John, Michael (1999). The Palermo Stone : An Arithmetical View. London: University Bookshop Publications.ISBN0-9536-8650-7
  • Wilkinson, Tony A. H. (2000). Royal Annals of Ancient Egypt. New York: Columbia University Press). ISBN 0-7103-0667-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Templat:Ancient Egypt topics