Batu Mazarin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Batu Mazarin"
Pengarang Arthur Conan Doyle
Seri Koleksi Kasus Sherlock Holmes
Tanggal terbit 1921
Klien Lord Cantlemere
Latar waktu 1903, by William S. Baring-Gould
Penjahat

Batu Mazarin adalah salah satu cerita pendek Sherlock Holmes yang ditulis Arthur Conan Doyle dalam buku Koleksi Kasus Sherlock Holmes.

Plot[sunting | sunting sumber]

Watson tiba di 221B Baker Street di mana Billy menunjukkan patung lilin Holmes dibalik tirai, menunggu untuk ditembak. Penjahat itu adalah Count Negretto Sylvius, pencuri berlian yang melakukan penyamaran. Holmes memberikan alamat penjahat kepada Watson, kemudian menyuruh dokter keluar menuju polisi melalui pintu keluar cadangan. Holmes lalu mengejutkan Count dan anak buahnya, petinju Sam Merton, dengan menawarkan mereka kebebasan jika mereka menyerahkan batu itu, atau sebaliknya penjara jika tidak.

Dia meninggalkan mereka berdua untuk membahas kesepakatan sementara dia bermain biola dikamar sebelah. Ketika Count memutuskan untuk mengelabui Holmes dengan memberikannya kepada Sam, detektif muncul dari kursi di tempat patung dan meraih batu mulia itu. Kamar tidurnya memiliki gramofon dan jalan rahasia di balik tirai sehingga dengan mudah menipu mereka.

Setelah polisi menangkap penjahat, Lord Cantlemere masuk, berbeda dengan Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, ia tidak ingin Holmes menyelesaikan kasusnya. Ketika bersikeras akan melakukan penangkapan bagi siapa saja orang yang ditemukan memiliki batu mazarin, ia terkejut menemukan batu itu di sakunya, dan meminta maaf. Akhirnya, Holmes menyuruh Billy untuk menyampaikan kepada Mrs. Hudson agar menyiapkan makan malam.

Aspek yang tidak biasa[sunting | sunting sumber]

Cerita pendek ini tercatat menjadi salah satu dari dua cerita Holmes, karya Arthur Conan Doyle, selain dari beberapa sketsa lucu, yang ditulis dalam sudut pandang orang ketiga. Yang lainnya adalah "His Last Bow". "Batu Mazarin" ditulis dengan cara ini karena diadaptasi dari drama panggung, "The Crown Diamond", di mana Watson hampir tidak muncul. Adaptasi dari teater juga menjelaskan mengapa aksi dalam cerita ini hanya terbatas pada satu ruangan.

Dalam drama aslinya, penjahat Holmes sebenarnya adalah Kolonel Sebastian Moran dari "The Adventure of the Empty House", bukan Count Negretto Sylvius.

Wikisource links[sunting | sunting sumber]