Batalyon Kavaleri 11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Batalyon Kavaleri 11/Serbu Kodam Iskandar Muda adalah sebuah pasukan kavaleri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berkedudukan di Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Asrama baru bagi 650 prajurit TNI dari Yonkav 11/Serbu telah dibuat dan diresmikan oleh Pangdam Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Supiadin A. S. pada tanggal 23 Agustus 2007 di Gampong Teurebeh, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Perwira yang diberi kepercayaan untuk melaksanakan pembentukan Batalyon Kavaleri pertama pada bulan Mei 2006 di wilayah Kodam Iskandar Muda adalah Letkol Kav. Bambang Lisdianto, Alumni Akmil tahun 1989,Beserta perwira pertama yg diantaranya : 1.Kapt Kav Syaripuddin 2.Kapt Kav Rendra siagian 3.Lettu Kav Hendry napitupulu 4.Lettu Kav Muhammad Fuad 5.Lettu Kav Widianto 6.Lettu Kav Suprapto S.ag 7.Lettu Kav Adi Priatna 8.Lettu Kav Saifullah ST 9.Letda Kav Nugraha Yudha P. 10.Letda Kav Aidil Hajri 11.Letda Kav Maryoto 12.Kapten Kav Nasution

Tugas dan tanggung jawab strategis batalyon ini adalah melaksanakan PAM VVIP dan VIP serta mengamankan obyek vital nasional di Aceh. Diperkuat dengan kendaraan lapis baja sebagai alutsista, guna mendukung pencapaian tugas pokok Kodam Iskandar Muda yang salah satunya adalah pengamanan wilayah dan kedaulatan NKRI di provinsi Aceh.

Pada rumah diresmikan, selain ditempati 650 prajurit, sejumlah kenderaan tempur berupa tank dan panser juga ditempatkan di markas baru tersebut. Sebelumnya, pasukan Batalyon Kavaleri 11/Serbu ini bermarkas di sekitar Gedung Olah Raga (GOR), kawasan Pante Pirak, Kota Banda Aceh.