Basilika San Petronio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika San Petronio
Basilica di San Petronio
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
ProvinsiKeuskupan Agung Bologna
Ecclesiastical or organizational statusBasilika
StatusAktif
Lokasi
LokasiBologna,
 Italia
Koordinat44°29′34″N 11°20′37″E / 44.49278°N 11.34361°E / 44.49278; 11.34361Koordinat: 44°29′34″N 11°20′37″E / 44.49278°N 11.34361°E / 44.49278; 11.34361
Arsitektur
TipeGereja
Gaya arsitekturGotik
Peletakan batu pertama1390
Kapasitas28.000
Fasad Basilika San Petronio yang belum selesai.

Basilika San Petronio adalah sebuah gereja basilika minor Katolik dan merupakan gereja dari Keuskupan Agung Bologna yang terletak di Bologna, Emilia Romagna, utara Italia. Basilika San Petronio mendominasi Piazza Maggiore. Basilika ini didedikasikan untuk santo pelindung kota, Santo Petronius, yang merupakan uskup Bologna pada abad kelima. Konstruksi dimulai pada 1390 dan fasad utamanya tetap belum selesai sejak itu. Bangunan ini dialihkan administrasinya dari pemerintah kota ke keuskupan pada tahun 1929; di mana basilika akhirnya ditahbiskan pada tahun 1954. Basilika San Petronio baru menjadi tempat relik santo pelindung Bologna sejak tahun 2000; sampai saat itu disimpan di gereja Santo Stefano Bologna.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

'Porta Magna dengan pahatan oleh Jacopo della Quercia

Pada tahun 1388, Consiglio Generale dei Seicento mempersiapkan pembangunan gereja sebagai tempat ibadah bagi sipil.[1] Untuk memberi ruang bagi gereja, Curia of Sancti Ambrosii dihancurkan, bersama dengan mayoritas salah satu burg kota, termasuk setidaknya delapan gereja dan menara. Peletakan batu pertama pembangunan dilakukan pada 7 Juni 1390 di bawah pengawasan arsitek Antonio di Vincenzo.[1] Pekerjaan berlangsung selama beberapa abad: setelah versi pertama fasad selesai, pada tahun 1393 sepasang kapel samping pertama dibangun dimulai. Serial ini selesai hanya pada tahun 1479.

Teluk ketiga dibangun pada 1441–1446. Pembangunannya ditunda oleh Kardinal Baldassarre Cossa, yang menjual bahan konstruksi basilika dan menyimpan uangnya.[2]

Basilika San Petronio dan Piazza Maggiore.

Pada tahun 1514, Arduino degli Arriguzzi dipilih sebagai arsitek untuk membangun kubah tersebut. Proposalnya termasuk kubah besar yang bertumpu pada lebar antara gang samping, yang memerlukan transept dan apses yang lebih besar.[2][3] Proyek tersebut dianggap terlalu rumit, dan setelah membangun dua pilar pertama dan dua tiang segitiga untuk kubah, pekerjaan dihentikan. [2] Menurut legenda, Paus Pius IV menghentikan "mimpi megalomaniak" dan malah mendorong pembangunan Archiginnasio Bologna.[3]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Basilika San Petronio merupakan sebuah gereja berukuran besar dengan panjang 132 meter, lebar 66 meter, dan tinggi 47 meter, dan digambarkan sebagai gereja "paling mengesankan" di Bologna.[3] Fasadnya dirancang oleh Domenico da Varignana dan dimulai pada tahun 1538 oleh Giacomo Ranuzzi. Namun, masih belum selesai.[3]

Pintu masuk utama ("Porta Magna") diukir dan dihias oleh Jacopo della Quercia dari Siena dengan pemandangan dari Perjanjian Lama di pilar, delapan belas nabi di arsipivolt , adegan dari Perjanjian Baru di architrave, dan Madonna and Child, Santo Ambrosius dan Santo Petronius di genderang. Itu diapit oleh dua pintu samping, dengan "Kebangkitan" karya Alfonso Lombardi di sebelah kiri dan "Deposisi" karya Amico Aspertini di sebelah kanan.[3]

Penutup nave tengah dan penembakan apse diselesaikan pada tahun 1663, dirancang oleh Girolamo Rainaldi dan disutradarai oleh Francesco Martini. Bagian tengah bawah dikelilingi oleh dinding bujursangkar. Dua jendela pertama dirancang oleh Antonio dengan bantuan Francesco di Simone, Domenico da Milano, Pagno di Lapo Portigiani dan Antonio di Simone. Menara lonceng dirancang oleh Giovanni da Brensa dan dibangun antara tahun 1481 dan 1487.[3] Pada tahun 2017, proposal penyelesaian fasad oleh Inter-Esse Studio dianugerahi juara pertama dalam kompetisi dinding internasional yang diselenggarakan oleh CODE – Competitions for Designers and Con-fine Art.[4]

Interior[sunting | sunting sumber]

Nave, dengan ciborium Vignola

Interiornya menjadi rumah bagi "Madonna with Saints" oleh Lorenzo Costa the Younger, dan sebuah Pietà karya Amico Aspertini.

Altar utama[sunting | sunting sumber]

Altar berisi salib kayu abad ke-15. Di bagian belakang, lukisan dinding "Madonna with St. Petronio" oleh Marcantonio Franceschini dan Luigi Quaini, kartun oleh Cignani (1672). ciborium altar utama dibangun pada tahun 1547 oleh Jacopo Barozzi da Vignola.[3]

Paduan suara kayu abad kelima belas diselesaikan oleh Agostino de 'Marchi. Kubah dan dekorasi nave pusat dilakukan oleh Girolamo Rainaldi, yang menyelesaikannya pada 1646–1658.

Kapel samping[sunting | sunting sumber]

Nave berisi dua puluh dua kapel samping:

  1. Kapel St. Abbondio, dulunya Dieci di Balia – direstorasi dengan gaya neo-Gotik pada tahun 1865. Di kapel ini, pada tahun 1530, Kaisar Charles V dimahkotai oleh [ [Paus Klemens VII]].
  2. Kapel St. Petronio, dulu dari keluarga Cospi dan Aldrovandi, dirancang oleh Alfonso Torreggiani, dirancang untuk menampung relik kepala San Petronio.
  3. Kapel St. Ivo, Sebelumnya milik keluarga San Brigida dei Foscherari: memiliki patung Angelo Piò dan lukisan Madonna of St. Luke and Saints Emidio and Ivo oleh Gaetano Gandolfi dan Penampakan Perawan ke St. Francesca Romana oleh Alessandro Tiarini (1615). Di pilar ada dua jam, salah satu yang pertama dibuat di Italia dengan koreksi pendulum (1758).
  4. Kapel Orang Majus, dulu dari keluarga Bolognini: langkan Gotik marmernya dirancang oleh Antonio di Vincenzo (1400); altar kayu "Triptych" dengan dua puluh tujuh sosok yang diukir dan dilukis oleh Jacopo di Paolo. Dindingnya dicat oleh Giovanni di Pietro Falloppi/Giovanni da Modena dengan siklus yang menggambarkan Episodes in the life of San Petronio, dinding belakang, dinding kanan, Stories of the Tiga Raja; dinding kiri, di atas, "The Last Judgment" dengan "Coronation of the Virgin" berbentuk oval, dan "Surga dan Neraka" yang kontroversial, penggambaran Dante tempat, dengan sosok raksasa Lucifer.
  5. Kapel St Sebastian, dulu dari keluarga Vaselli.
  6. Kapel St. Vincent Ferrer, bekas keluarga Griffoni, dan Cospi-Ranuzzi: monumen perunggu Kardinal Giacomo Lercaro dibuat oleh Giacomo Manzù (1954).
  7. Kapel St. James, sebelumnya dari keluarga Rossi dan Baciocchi: "Madonna Bertakhta di atas altar" dilukis oleh Lorenzo Costa (1492), kepada penulis yang sama mengaitkan desain kaca patri. Monumen pemakaman berisi jenazah Pangeran Felix Baciocchi dan istrinya Elisa Bonaparte (1845).
  8. Kapel St. Rocco, dulunya dari keluarga Ranuzzi: berisi "Saint Roch dengan Donor" oleh Parmigianino (1527).
  9. Kapel St. Michael dulunya milik keluarga Barbazzi dan Manzoli: terdapat lukisan Malaikat Tertinggi Michael mengalahkan Malaikat Jatuh oleh Denys Calvaert (1582).
  10. Kapel St. Rosalie, sebelumnya dari Enam Belas Senat, sekarang menjadi Balai Kota: kanvas Glory of Santa Barbara oleh Tiarini.
  11. Kapel St. Bernardino berdiri di depan peti organ abad ke-15 oleh Lorenzo da Prato, kapel ini dilukis pada tahun 1531 oleh Aspertini dengan Empat Cerita St. Petronius.
  12. Chapel of the Relics, dulunya milik keluarga Zambeccari.
  13. Kapel Santo Petrus Martir, sebelumnya Serikat Beccari, dengan pagar marmer oleh Francesco di Simone (akhir abad kelima belas);
  14. Kapel St. Anthony dari Padua, bekas keluarga Saraceni dan Cospi: patung St. Antonius dari Padua dikaitkan dengan Jacopo Sansovino.
  15. Kapel Sakramen Mahakudus, sebelumnya dari Malvezzi Campeggi, dibangun kembali pada tanggal sembilan belas.
  16. Chapel of the Immaculate, bekas keluarga Fantuzzi: dekorasi art nouveau oleh Achille Casanova.
  17. Kapel St. Jerome, sebelumnya dari Castelli: the St. Altar Jerome dikaitkan dengan Lorenzo Costa.
  18. Kapel St. Lorenzo, bekas keluarga Garganelli, Ratta dan Pallotti: Pieta dilukis oleh Aspertini.
  19. Kapel Salib, dulunya Notai: dengan lukisan dinding kebaktian yang menggambarkan "Orang Suci" oleh Francesco Lola, Giovanni Pietro Falloppi dan Pietro Lianori (XV). Jendela itu dibuat oleh Beato Fra Giacomo di Ulm dirancang oleh Michele di Matteo da Bologna.
  20. Kapel St. Ambrose, dulunya Marsili, dengan lukisan dinding bergaya Vivarini (pertengahan abad ke-15).
  21. Kapel St. Bridget, sebelumnya dari Pepoli: polyptych oleh Tomas Garelli (1477).
  22. Chapel of Our Lady of Peace: Madonna di batu Istrian oleh Giovanni Ferabech (1394).

Musik[sunting | sunting sumber]

Bologna adalah pusat utama musik Barok di Italia. Organisasi musik secara resmi dilembagakan oleh Paus Eugenius IV pada tahun 1436; instrumentalis bayaran reguler pertama ditambahkan pada akhir abad keenam belas, dan pada abad ketujuh belas San Petronio terkenal dengan musik instrumental dan paduan suara sakralnya, dengan dua organ besarnya, diselesaikan pada tahun 1476 oleh Lorenzo da Prato dan 1596 oleh Baldassarre Malamini, keduanya masih dalam kondisi sangat asli; perpustakaan tetap menjadi tempat penyimpanan arsip yang kaya. Tiga maestri di cappella berturut-turut menandai zaman musik yang hebat di San Petronio: Maurizio Cazzati (1657–71), Giovanni Paolo Colonna (1674–95) dan [[Giacomo Antonio Perti] ] (1696–1756).[5] Maestro saat ini, sejak 1996, adalah pemain harpsichord Sergio Vartolo yang telah merevitalisasi cappella dengan serangkaian rekaman untuk Naxos, Tactus, Brilliant Classics dan Bongiovanni.

Garis Meridian Cassini[sunting | sunting sumber]

Titik balik matahari musim dingin di garis meridian

Gereja juga memiliki tanda dalam bentuk garis meridian yang terpampang di paving lorong kiri pada tahun 1655; itu dihitung dan dirancang oleh astronom Giovanni Domenico Cassini, yang mengajar astronomi di Universitas. Garis meridian tidak menunjukkan waktu: sebaliknya, dengan panjangnya 668 meter (2.192 ft), garis meridian ini adalah salah satu instrumen astronomi terbesar di dunia, memungkinkan pengukuran waktu yang tepat secara unik. Cahaya matahari, masuk melalui lubang 2.707 mm (106,6 in) ditempatkan pada ketinggian 2.707 m (8.881 ft) di dinding gereja, memproyeksikan elips gambar matahari, yang pada siang hari setempat jatuh tepat di garis meridian dan setiap hari berbeda posisi dan ukurannya. Posisi gambar yang diproyeksikan di sepanjang garis memungkinkan untuk menentukan secara akurat ketinggian harian matahari pada siang hari, dari mana Cassini dapat menghitung parameter astronomi presisi yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti kemiringan ekliptika, durasi tahun tropis dan waktu equinoxes dan solstices. Di sisi lain, ukuran citra matahari yang diproyeksikan, dan khususnya laju variasinya sepanjang tahun, memungkinkan Cassini melakukan verifikasi eksperimental pertama hukum gerak planet Kepler.

Cassini dan Domenico Guglielmini menerbitkan catatan bergambar tentang bagaimana garis meridian dicapai pada tahun 1695.[6]

Ancaman teror[sunting | sunting sumber]

Fresco gotik akhir di Basilika San Petronio, menggambarkan Muhamad disiksa di Neraka.

Pada tahun 2002 lima orang ditangkap karena dicurigai berencana meledakkan basilika. Orang-orang tersebut diduga memiliki hubungan dengan Al-Qaeda.[7][8] Sekali lagi pada tahun 2006, rencana Teroris Islam untuk menghancurkan Basilika digagalkan oleh polisi Italia. Para teroris mengklaim bahwa fresco abad ke-15 di dalamnya menghina Islam. Lukisan dinding, dilukis oleh Giovanni da Modena, menggambarkan Muhammad di Neraka sedang dilahap oleh setan.[9][10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b basilica/the-basilicas-history/ "Sejarah Basilika" Periksa nilai |url= (bantuan). basilicadisanpetronio.org. Diakses tanggal 2019-02-09. 
  2. ^ a b c "The Fabbriceria". www.basilicadisanpetronio.org (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2019-02-09. 
  3. ^ a b c d e f g "Basilica di San Petronio". bolognawelcome.com. 7 November 2018. Diakses tanggal 9 Februari 2019. 
  4. ^ "Tembok. Vince la facciata attiva degli Inter-Esse". professione Architetto. 4 Januari 2018. 
  5. ^ Anne Schnoebelen, "Performance Practices at San Petronio in the Baroque" Acta Musicologica 41.1/2 (Januari 1969), hlm. 37–55 ; lihat juga Eugene Enrico, The Orchestra at San Petronio in the Baroque Era (Washington: Smithsonian Studies) 1976.
  6. ^ Baru-baru ini, buku tersebut diedit oleh Giordano Berti dan Giovanni Paltrinieri, La Meridiana del Tempio di S. Petronio di Bologna , Arnaldo Forni Editore, S. Giovanni dalam Persiceto, 2000. Paltrinieri juga penulis buklet yang merangkum karya Cassini dan Guglielmini; La meridiana di San Petronio Diarsipkan 2007-01-31 di Wayback Machine.
  7. ^ "Italia menangkap pria atas 'plot gereja'". Diakses tanggal 23 Mei 2010. 
  8. ^ "Italia Menangkap 5; Fresco Menampilkan Muhammad Is Issue". The New York Times. Diakses tanggal May 23, 2010. 
  9. ^ ,30200-1217873,00.html Artikel berita
  10. ^ Philip Willan (24 Juni 2002). 00.html "Al-Qaida merencanakan untuk meledakkan fresko gereja Bologna" Periksa nilai |url= (bantuan). The Guardian. 
  • Heilbron, J.L. (2001). The sun in the church: cathedrals as solar observatories. Harvard University Press. ISBN 978-0-674-00536-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 44°29′34″N 11°20′37″E / 44.49278°N 11.34361°E / 44.49278; 11.34361{{#coordinates:}}: tidak bisa memiliki lebih dari satu tag utama per halaman