Barisone II dari Torres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Barison II atau Barisone II (wafat 10 Juni 1191) merupakan seorang Giudice Logudoro[1] dari tahun 1153 s/d 1186. Ia adalah putra dan pewaris Gonario II, yang mengundurkan diri ke biara Clairvaux untuk menghabiskan sisa hidupnya disana.

Ibu Barisone adalah Maria Pisa karena itu ia mendapat dukungan rakyat Pisa. Di bulan Oktober 1163, saudaranya Peter menggantikan Konstantinus II dari Cagliari sebagai suami putrinya. Ia segera ditentang oleh Barisone II dari Arborea, yang mengusirnya dari Cagliari, dan ia melarikan diri ke Torres dan perlindungan saudaranya. Bersama-sama dengan dukungan rakyat Pisa, kedua bersaudara itu menyerang Cagliari di bulan Maret 1164, menguasai kembali kota tersebut, dan kemudian Arborea di bulan April, dimana mereka menyembunyikan Barisone di dalam kastilnya di Cabras.

Meskipun ia bersekutu dengan Pisa lewat ibunya dan sekutunya di dalam perang melawan Arborea, ia terpaksa berpaling ke Genoa kemudian pada tahun itu. Pada tahun 1166, Barisone dan Peter pergi ke Pisa untuk menjelaskan balas dendam berdarah dari rakyat yang melawan orang-orang Pisa di Ottana. Setelah itu ia secara resmi mengabaikan Pisa dan menandatangani sebuah perjanjian dengan Genoa. Di thaun 1168, sebuah perjanjian yang dinegosiasikan oleh Nuvolone Alberici antara Genoa dan Arborea di satu sisi dan Pisa, Torres, dan Cagliari di sisi lainnya memulihkan wilayah yang hilang dari Arborea.

Pada tahun 1183, Pisa menguasai kembali Cagliari, namun pada tahun 1186, Barisone kembali ke sekutu lamanya setelah kematian saudaranya.

Pada tahun 1170, ia menunjuk putranya Konstantinus II sebagai wakil pemimpin. Putrinya Susanna menikahi Andrea Doria (kerabat dari seorang laksamana terkenal di abad ke-16). DI tahun 1186, ia mengundurkan diri ke baira San Giovanni[2] di Messina, meninggalkan Torres pada putranya. Anak bungsunya Comita III kemudian memegang tahta Torres.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ From the Latin locum de Torres after its capital city of Torres.
  2. ^ This church was founded by his grandmother Marcusa.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ferrabino, Aldo (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: VI Baratteri – Bartolozzi. Rome, 1964.
  • Scano, D. "Serie cronol. dei giudici sardi." Arch. stor. sardo. 1939.
  • Besta, E. and Somi, A. I condaghi di San Nicolas di Trullas e di Santa Maria di Bonarcado. Milan, 1937.
Didahului oleh:
Gonario II
Giudice Logudoro
1153–1186
Diteruskan oleh:
Konstantinus II