Bareng, Jombang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bareng
Peta lokasi Kecamatan Bareng
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenJombang
Pemerintahan
 • CamatUsman
Populasi
 • Total50,114 jiwa
Kode Kemendagri35.17.04
Kode BPS3517070
Luas94,27 km²
Desa/kelurahan13

Bareng adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia.[1][2] Terletak di bagian selatan Kabupaten Jombang, berbatasan dengan kecamatan Ngoro, Wonosalam, Mojoagung dan Mojowarno. Jarak lokasi dengan ibu kota kabupaten sekitar 30 kilometer. Kondisi geografis sebagian berupa daerah perbukitan dan sebagian dataran rendah. Bareng merupakan tempat kelahiran cendekiawan Prof. Dr. Nurcholish Madjid. Bareng juga tempat kelahiran Bupati Jombang saat ini, Drs. H. Suyanto, MMA.

Bareng merupakan daerah penghasil pertanian, perkebunan, kehutanan dan bahan galian yang utama di Kabupaten Jombang. Hasil pertanian berupa padi, jagung, kedelai, sayur mayur dan cabe. Hasil perkebunan dan kehutanan berupa tebu, mangga, rambutan, durian, avokad, sirsak, nangka, kayu sengon laut, dan kayu jati. Sedangkan bahan galian berupa pasir dan batu kerikil untuk keperluan bangunan. Terdapat pula lokasi sumber mata air yang cukup besar di desa Ngampungan yang dimanfaatkan untuk PDAM di wilayah kecamatan Bareng, Mojoagung dan Mojowarno. Mata pencarian penduduk mayoritas adalah petani, sebagiannya pedagang dan wiraswasta, serta sebagian lagi di bidang pemerintahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Républik Indonésia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Désémber 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  2. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Républik Indonésia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

catatan: URL dapat diubah/hilang. Jika URL sudah tidak aktif, dapat dihapus dari daftar diatas.