Banquet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Banquet[1] dalam terjemahan bahasa indonesia berarti perjamuan. Sedangkan arti banquet adalah pelayanan suatu acara yang sudah dipesan dan direncanakan sebelumnya melingkupi pelayanan makanan-minuman, ruangan dan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan dalam waktu tertentu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Banquet dilatarbelakangi oleh kodrat manusia yang saling berinteraksi yang pada masa dahulu kaum Perancis, keluarga maupun kerabat kaisar yang sering kali menyelenggarakan acara berkumpul sambil makan dan minum bersama di antara kelompoknya masing-masing[2].

Departemen Banquet[sunting | sunting sumber]

Pada Hotel, banquet memiliki bagian tersendiri dalam suatu susunan departemen dan masih dalam lingkup F&B Department yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan ke hotel[3]. Departemen banquet memiliki peranan penting dalam hal pelayanan jasa penyelenggaraan acara yang diadakan oleh hotel. Banquet tidak jauh berbeda dengan restoran baik perlengkapan, peralatan serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja banquet tidak menyediakan sajian secara permanen, melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan menyelenggarakan acara. Pelayanan pada banquet dimulai sejak pelanggan memesan tempat hingga akhir acara.

Jenis Acara[sunting | sunting sumber]

Acara-acara yang dapat diselenggarakan oleh departmen banquet :

  • Pesta ulang tahun/hari jadi
  • Acara keluarga dan makan-makan bersama

Pekerjaan & Tugas[sunting | sunting sumber]

Untuk memulai pekerjaannya, departemen banquet menerima dokumen BEO yang berisikan acara yang sudah dipesan tamu. Dokumen BEO berisikan informasi nama pelanggan, jenis acara, tanggal, waktu, ruang, jumlah tamu dan juga hal yang diinginkan tamu untuk dipersiapkan. Berdasarkan hal tersebut, departemen banquet bisa memulai melakukan persiapan suatu acara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suwarsono (2010). Banquet Operation. Erlangga
  2. ^ Pengertian Banquet, Sumarna Almarogi
  3. ^ DP, Naimuddin dan Muhammad Yunus (2007). Tata Hidang Makanan dan Minuman I & II (F & B service operation hotel).Medan