People's Bank of China

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bank Rakyat Cina)
Langsung ke: navigasi, cari
People's Bank of China
Bank logo Kantor pusat Bank Rakyat Cina
Bank logo Kantor pusat Bank Rakyat Cina
Kantor pusat Bendera Republik Rakyat Tiongkok Beijing, Republik Rakyat Tiongkok
Didirikan (pada tahun) 1 Desember 1948
Gubernur Zhou Xiaochuan
Bank sentral dari Republik Rakyat Tiongkok
Mata uang Yuan RRT
Kode ISO 4217 CNY
Cadangan AS$3.201 triliun[1]
Suku bunga dasar (pinjam) 6.56%
Suku bunga dasar (simpan) 3.5%
Situs web www.pbc.gov.cn
Pendahulu Bank Sentral Republik Tiongkok
People's Bank of China
Hanzi sederhana: 中国人民银行
Hanzi tradisional: 中國人民銀行

Bank Rakyat Cina (bahasa Tionghoa: 中国人民银行; bahasa Inggris: People's Bank of China; PBC atau PBOC) adalah bank sentral dari Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Sebagai bank sentral, Bank Rakyat Cina (PBC) mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai renminbi (Yuan RRT). PBC telah banyak aset keuangan dari setiap lembaga keuangan publik tunggal lainnya dalam sejarah dunia.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bank ini didirikan pada tanggal 1 Desember 1948 berdasarkan konsolidasi dari Bank Huabei, Bank Beihai dan Bank Petani Xibei. Kantor pusat bank pertama kali terletak di Shijiazhuang, Hebei, dan kemudian pindah ke Beijing pada tahun 1949. Antara tahun 1949 dan 1978, PBC merupakan bank hanya di Republik Rakyat Tiongkok dan bertanggung jawab untuk operasional perbankan sentral dan perbankan komersial.

Pada periode 1980-an, sebagai bagian dari reformasi ekonomi, fungsi perbankan komersial di PBC telah memisahkan diri menjadi empat bank independen tapi milik negara. Pada tahun 1983, Dewan Negara diumumkan bahwa PBC akan berfungsi sebagai bank sentral Cina. Tuan Chen Yuan berperan penting dalam modernisasi bank pada awal 1990-an. Status bank sentralnya secara hukum dikonfirmasi pada tanggal 18 Maret 1995 oleh Pleno ke-3 di Kongres Rakyat Nasional ke-8. Pada tahun 1998, PBC mengalami restrukturisasi besar. Semua cabang provinsi dan lokal dihapuskan, dan PBC membuka sembilan cabang regional, yang batas tidak sesuai dengan batas-batas administratif lokal. Pada tahun 2003, Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional ke-10 menyetujui amandemen undang-undang untuk memperkuat peran PBC dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan moneter untuk menjaga stabilitas keuangan secara keseluruhan dan penyediaan jasa keuangan.

Gubernur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: People's Bank of China