Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan
Logo
Tanggal pendirian1944
StatusTraktat
TipeInstitusi keuangan pembangunan
TujuanBantuan pembangunan, pengentasan kemiskinan
Kantor pusatWashington, D.C.
Jumlah anggota
188 negara
Presiden Bank Dunia
Mantan
Organisasi induk
World Bank Group
Situs webworldbank.org/ibrd

Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (Inggris: International Bank for Reconstruction and Development, disingkat IBRD) adalah institusi keuangan internasional yang menawarkan pinjaman kepada negara berkembang dengan pendapatan menengah. Institusi ini merupakan bagian dari Grup Bank Dunia dan bermarkas di Washington, D.C., Amerika Serikat. IBRD didirikan pada tahun 1944 dengan tujuan untuk mendanai pembangunan kembali negara-negara Eropa yang hancur akibat Perang Dunia II. Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan bersama dengan Asosiasi Pembangunan Internasional secara kolektif dikenal sebagai Bank Dunia.[1][2][3] Setelah pembangunan kembali Eropa selesai, mandat Bank diarahkan untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di seluruh dunia. Institusi ini memberikan pinjaman untuk proyek infrastruktur, transportasi, pendidikan, lingkungan, energi, kesehatan, makanan, air, dan sanitasi dengan syarat.

Institusi ini diatur oleh negara anggotanya, tetapi memiliki pimpinan eksekutif dan pegawai yang melakukan kegiatan bisnis sehari-hari. Anggota institusi ini merupakan pemegang saham yang menyumbang modal dan memiliki hak suara. Selain melalui sumbangan dari negara anggota, Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan memperoleh modal dengan meminjam di pasar modal internasional melalui penerbitan obligasi. Pada tahun 2011, institusi ini memperoleh $29 miliar dari penerbitan obligasi di 26 negara. Bank ini menyediakan beberapa layanan dan produk keuangan, seperti pinjaman fleksibel, dan dilaporkan telah meminjamkan $26,7 miliar untuk 132 proyek pada tahun 2011.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ottenhoff, Jenny (2011). World Bank (Laporan). Center for Global Development. Diakses tanggal 2012-06-05. 
  2. ^ World Bank. "History". World Bank Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-19. Diakses tanggal 2012-07-17. 
  3. ^ International Bank for Reconstruction and Development. "Background". World Bank Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-16. Diakses tanggal 2012-07-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]