Banjir Krai Krasnodar 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Banjir besar Rusia di kota Krymsk

Banjir Krai Krasnodar 2012 terjadi di barat daya negara Rusia pada awal bulan Juli 2012 terutama di Krai Krasnodar. Sebanyak 171 orang telah meninggal saat banjir. Polisi Rusia menginformasikan bahwa banjir telah menghancurkan hampir 13.000 rumah. Gubernur Krasnodar Krai, Alexander Tkachyov menyatakan bahwa kejadian serupa pernah terjadi 70 tahun lalu. Banjir besar ini melanda Krasnodar menyamai hujan setahun selama dua hari.

Kantor berita Interfax Rusia melaporkan beberapa orang mati karena terkena aliran listrik setelah kilat menyambar tiang listrik. Hujan lebat berkelanjutan selama 24 jam juga menenggelamkan 320 rumah dan mengakibatkan 22,000 terputus pasokan listrik, sementara jalur kereta api dan jalan-jalan juga dinaiki air serta diselimuti lumpur .

Kebanyakan korban tinggal di kota Krymsk, 50 mil dari Krasnodar dan 10 kilometer dari Novorossiysk, di sepanjang pantai Sochi Laut Hitam. Sebanyak 130 mayat ditemukan di Krymsk sedangkan 11 lagi ditemukan di kota Gelendzhik dan kota Novorossiisk.Hampir 2.000 penduduk dipengaruhi pasokan listrik terputus di seluruh wilayah tersebut. Bencana kali ini tidak diperkirakan meskipun kejadian banjir sering melanda kota-kota yang terletak di pesisir Laut Hitam saat musim hujan di kawasan pegunungan Kaukasus.


Banjir terjadi sekitar jam 2 pagi waktu setempat pada 7 Juli 2012, saat kebanyakan penduduk sedang tidur. Gelombang banjir mencapai ketinggian 7 m (23 kaki) dan mencapai tingkat langit. Banyak yang lemas karena tidak dapat melarikan diri. Kebanyakan dari mereka tidur ketika bencana terjadi, sehingga sulit untuk warga Krymsk dan pejabat keamanan untuk merespon cepat guna menghindari kematian massal. [1]

Indikasi Penyebab Banjir[sunting | sunting sumber]

Segera, kecurigaan muncul atas penyebab banjir. Aktivis anti-pemerintah menunjuk ke waduk Neberdzhaevskoye, menyalahkan banjir atas kesalahan teknis. Mereka menduga bahwa pemerintah telah membuka pintu air untuk menghindari kerusakan pada infrastruktur waduk, kesalahan yang kurang baik waktunya yang malah menewaskan warga ditengah hujan yang tak terduga.

Pemerintah setempat pertama kali mengatakan bahwa pintu air tidak mungkin dibuka, sama sekali menyangkal klaim itu. Tetapi Komite Investigasi, sebuah badan federal yang bertugas menentukan bagaimana kematian bisa terjadi dan apakah respon darurat yang lebih baik bisa saja dilaksanakan, kembali dengan jawaban yang berbeda. Mereka menegaskan air yang telah dikeluarkan dari waduk sesuai dengan jadwal rutin dan bukanlah penyebab utama banjir itu.[2]

Penyelidikan telah ditemukan bahwa pengeluaran air dilakukan dengan cara normal. Pihak berwenang juga menambahkan bahwa bahkan jika bendungan tidak meluap, debit akan menguras dari dan tidak menuju kota Krymsk.

Sebaliknya, para pejabat menunjukkan fakta bahwa kota itu berada di tengah sebuah lembah besar, yang juga dilalui oleh Sungai Adagum, yang terkumpul dari beberapa anak sungai dari pegunungan sebelum menuju Krymsk. Mereka mengaitkan bencana ke pertemuan tragis faktor topografi dan iklim.

Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan upaya untuk menangani segera bencana - Putin dituduh lamban menanggapi keadaan darurat terakhir. Pada hari Sabtu, Putin terbang di atas wilayah banjir dengan helikopter untuk survei kerusakan. Dia meminta Badan Investigasi untuk melihat secara mendalam langkah-langkah pencegahan yang bisa diambil.

Putin juga menginstruksikan Menteri Keadaan Darurat Vladmir Puchkov untuk memeriksa waduk Neberdzhaevskoye dan bendungan, menurut Los Angeles Times. Pada hari Minggu, Puchkov mengatakan bahwa infrastruktur masih utuh. Sementara itu, petugas penyelamat melanjutkan upaya mereka untuk menemukan korban hilang, dan akan menemukan dan mengidentifikasi mayat korban tenggelam. Putin telah memerintahkan reparasi dari sekitar $ 60.800 untuk keluarga mereka yang tewas. Perbaikan infrastruktur kota yang hancur akan dikerjakan nanti.

Layanan bus lokal di Kyrmsk sudah berjalan lagi, juga sistem kereta api. Pada Minggu telah dinyatakan sebagai hari berkabung bagi mereka yang tewas.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Banjir Besar dan Mendadak di Rusia". 12 Juli 2012. 
  2. ^ "Banjir Rusia". 12 Juli 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]