Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bangka
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Jakarta
Kota Jakarta Selatan
Kecamatan Mampang Prapatan
Kodepos 12730

Bangka adalah sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Kelurahan ini memiliki penduduk sebesar ... jiwa dan luas 300 Ha. Bangka memiliki kode pos 12730.

Alamat kantor kelurahan: JL.Duren bangka

Kelurahan ini berbatasan dengan kelurahan Pela Mampang/Jl.kemang raya dan Jl.Bangka XI di sebelah utara, kel.cipete utara-kecamatan Kebayoran baru dan kel.cipete selatan-Kecamatan Cilandak/Kali krukut di sebelah barat, kel.durentiga dan kalibata-Kecamatan Pancoran/Kali Mampang, serta Kel.Pejaten barat/Jl.Kemang Timur di sebelah timur dan kel.cilandak timur Kecamatan Pasar Minggu/Jl.Kemang selatan di sebelah selatan.

Wilayah Kemang[sunting | sunting sumber]

Bagian dari Kelurahan Bangka adalah daerah Kemang, yang dikenal sebagai daerah tinggal para ekspatriat.

Di masa lalu, wilayah Kemang dikenal sebagai Kampung Kebon, dikarenakan banyaknya pohon-pohon besar yang tumbuh di wilayah tersebut. Sejalan dengan perkembangan kota, Kemang kini lebih dikenal sebagai suatu kawasan elit yang dihuni para ekspatriat. Kompleks perumahan elit yang pertama hadir di Kemang adalah komplek Pusri, yang dikuti oleh pusat belanja Hero dan Kemang Villas dan lain-lain. Wilayah ini semula diperuntukkan sebagai kawasan hunian, seperti juga kawasan Menteng di Jakarta Pusat. Namun pada masa kepemimpinan Gubernur Sutiyoso, kawasan Kemang diubah peruntukannya menjadi kawasan perumahan, bisnis dan bisnis hiburan malam.