Bandar udara miniatur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bentuk miniatur dari Bandar Udara Sofia, yang berada di dalam bandara tersebut

Bandar udara miniatur adalah sebuah bentuk miniatur sebuah bandar udara yang dibangun oleh para kolektor pesawat terbang miniatur. Meski bandar udara miniatur sudah ada sejak lapangan terbang dibuka untuk umum, bandar udara miniatur biasanya hanya terdapat di dalam lapangan terbang sendiri sebagai bentuk pameran mengenai bandara dan daerah sekitarnya.

Salah satu mainan bandar udara miniatur pertama yang bisa dibeli secara umum dibuat oleh Fisher-Price sebagai bagian dari seri Little People, yang dikeluarkan pada dasawarsa 1970-an.

Namun semenjak Herpa Wings memperkenalkan seri bandar udara mereka dan menambahkannya pada produk-produk pesawat miniatur yang juga mereka produksi, jumlah para pecinta pesawat miniatur yang membangun bandar udara miniatur semakin bertambah. Biasanya para kolektor pesawat ini membuat sebuah model bandar udara asli yang mereka kenal.

Bandar udara miniatur bisa dibuat secara realistik dengan fitur-fitur bandara asli seperti terminal, menara pengawas, terminal kargo, hangar, belalai penumpang dan sebagainya. Sebaliknya sebuah bandara miniatur bisa dibuat sederhana sekali hanya dengan secarik kertas yang ditaruh di atas meja dan digambari dengan jalur tinggal landas dan disebut sebagai bandar udara miniatur.

Pada tahun 2011, sebuah bandar udara miniatur yang mungkin terbesar di dunia dibuka untuk umum di Miniatur Wunderland, Hamburg, Jerman. Bandar udara ini dinamai Knuffingen International Airport dan berdasarkan Bandar Udara Internasional Hamburg.[1]

Kebanyakan kolektor yang membuat Bandar udara miniatur, menggunakan pesawat terbang miniatur yang terbuat dari logam cetak. Merek-merek ternama di antaranya adalah Schabak dari Jerman, Herpa Wings dari Jerman, Dragon Wings dari Tiongkok, GeminiJets dari Amerika Serikat dan lain sebagainya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "World's Largest Model Airport Completed In Hamburg, Germany -150 Square Meters Costing $4.8 Million". Singularity Hub. 2011-05-11. Diakses tanggal 2014-8-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]