Bandar Udara penghubung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Frankfurt melayani sebagai kota penghubung bagi penerbangan Lufthansa dan menerima penerbangan bagi penumpang Star Alliance.

Bandar Udara penghubung (airline hub) merupakan bandar Udara dimana sebuah maskapai penerbangan menggunakannya sebagai titik transfer untuk mendapatkan penumpang ke tujuan yang mereka maksudkan.[rujukan?] Ini adalah bagian dari model penghubung dan pembicaraan, di mana wisatawan bergerak antara bandar udara yang tidak dilayani oleh penerbangan langsung lalu mengganti pesawat dalam perjalanan menuju tujuan mereka. Banyak maskapai penerbangan juga terletak di bandar udara di kota-kota tempat kantor pusat masing-masing maskapai tersebut.[rujukan?]

Beberapa maskapai penerbangan hanya menggunakan penghubung (hub) tunggal, sementara maskapai lain menggunakan beberapa hub. Hub digunakan untuk keduanya baik penerbangan penumpang serta penerbangan kargo. Banyak maskapai penerbangan juga menggunakan kota fokus, yang berfungsi sama seperti hub. Maskapai penerbangan juga dapat menggunakan hub sekunder, sebuah istilah non-teknis untuk kota-kota fokus besar.


Penghubung benteng[sunting | sunting sumber]

Sebuah penghubung benteng (fortress hub) adalah bandar udara di mana pembagian penerbangan maskapai penerbangan tunggal berada pada level sama dengan atau di atas standar monopoli yaitu 70 persen penerbangan masuk dan keluar dari hub.[1] Sebagai contoh, pada tahun 2010 US Airways menduduki 85 (ditambah 1 dibagi dengan Lufthansa) dari 97 gerbang total dan menyumbang sekitar 90% dari lalu lintas penumpang di Bandar Udara Internasional Charlotte/Douglas.[2][3] Contoh lain adalah di Detroit (DTW), sebuah penghubung Delta Air Lines. Pendatang baru, seperti Spirit Airlines di Detroit (DTW), AirTran di Atlanta (ATL), dan Vanguard di Dallas-Fort Worth (DFW), menyatakan telah menjadi sasaran praktik-prak oleh operator dominan. Beberapa pengamat berpendapat bahwa keberadaan hub tersebut dapat menahan persaingan; pertempuran ProAir dengan Northwest ketika sebentar terbang keluar dari Detroit City Airport adalah sering dikutip sebagai contoh.[4] Northwest mampu keluar bersaing pembawa diskon berumur pendek dengan mencocokkan tarif dan menawarkan penerbangan lebih sering. Meskipun langkah-langkah kompetitif tidak ada hubungannya dengan status hub per se, mereka adalah indikasi dari sebuah maskapai penerbangan hub langkah yang diperlukan untuk mempertahankan posisi yang disukai di bandar udara hub.

Beberapa contoh hub benteng untuk aliansi maskapai penerbangan termasuk tetapi tidak terbatas pada:

Oneworld[sunting | sunting sumber]

SkyTeam[sunting | sunting sumber]

Star Alliance[sunting | sunting sumber]

Maskapai penerbangan utama penumpang dan hub mereka[sunting | sunting sumber]

Afrika[sunting | sunting sumber]

Asia[sunting | sunting sumber]

Eropa[sunting | sunting sumber]

Amerika Utara (termasuk Hawaii)[sunting | sunting sumber]

Sebuah peta yang menunjukkan hub utama dan kota fokus (hub kecil dengan layanan yang lebih sedikit dan atau terbatas internasional jasa) dari maskapai penerbangan warisan yang tersisa di Amerika Utara termasuk merger dan merger baru-baru ini diumumkan.

Karibia[sunting | sunting sumber]

Oseania[sunting | sunting sumber]

Amerika Selatan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dr. Mark N. Cooper (1999-01-22). Freeing Public Pollicy from the Deregulation Debate: The Airline Industry Comes of Age (.PDF). Consumer Federation of America. hlm. 10–11. Diakses 2007-03-17. 
  2. ^ Source: City of Charlotte & Mecklenburg County, May 2005; US Airways, June 2005 A fortress hub is difficult for new entrant carriers to penetrate.
  3. ^ "Appendix A: Statement of Enforcement Policy Regarding Unfair Exclusionary Conduct". hlm. 10–11. Diakses 2007-03-28. 
  4. ^ [1]
  5. ^ [2], [3], [4], [5]
  6. ^ http://www.noticias.terminalsur.com/2010/03/el-aeropuerto-de-barcelona-sera-un-hub-intercontinental-en-2012-segun-spanair/
  7. ^ Hub Cities: Air Canada.com