Bandar Udara Internasional Tocumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport

Bandar Udara Internasional Tocumen (bahasa Spanyol: Aeropuerto Internacional de Tocumen) (IATA: PTYICAO: MPTO) adalah sebuah bandar udara internasional yang lokasinya berjarak 15 mil (24 km) dari Panama City, Panama. Tahun 2006, bandara ini melakukan program renovasi dan pengembangan besar untuk modernisasi dan pengembangan fasilitas. Saat ini bandara ini merupakan satu-satunya bandar udara di Amerika tengah yang memiliki dua landasan pacu dan juga merupakan bandara terbesar di Panama dan di Amerika Tengah dalam hal lalu lintas penumpang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Dunia II, bandara Panama disewakan secara eksklusif kepada Militer AS. bandara terdekat di menuju Tocumen adalah Lapangan Terbang Paitilla Point. Beberapa bandara dibangun untuk melindungi Terusan Panama dari agresi asing.

Bandar Udara Internasional Tocumen pertama diresmikan pada 1 Juni 1947 oleh Presiden Enrique A. Jiménez, dan operasi bandara dimulai sebelum pengerjaan konstruksi selesai dilakukan.

Bangunan administrasi/terminal penumpang diresmikan tujuh tahun berikutnya, saat administrasi dipimpin oleh Kolonel Jose Antonio Remon Cantera. Bandara lama, yang saat ini digunakan sebagai terminal kargo, dibangun di area seluas 720 hektare dan berada pada ketinggian 126 kaki di atas permukaan laut. Saat waktu berlalu, dan karena fungsi Panama sebagai negara transit, terminal menjadi terlalu kecil untuk menerima pertumbuhan kebutuhan operasi penerbangan. hal ini membuat otoritas penerbangan pada waktu tersebut memutuskan untuk mengembangkan bandara. pengerjaan fasilitas baru ini dimulai pada tahun 1971.

Dalam usaha untuk membagun struktur baru yang digunakan sebagai terminal penumpang saat ini, sejumlah besar tanah dipindahkan dan alur sungai Tocumen dipindahkan dari tempat sebenarnya. terminal penumpang saat ini diresmikan pada 15 Agustus 1978 dan operasi dimulai pada 5 September pada tahun yang sama. Bandar Udara Internasional Tocumen adalah satu dari sedikit bandara di wilayahnya yang memiliki dua landasan pacu dan mampu melayani pesawat terbang komersial terbesar yang beroperasi saat ini.

Landasan pacu dari bandara lama utamanya digunakan untuk penerbangan kargo dan pribadi, namun juga bisa menjadi landasan pacu penumpang pembantu saat waktu puncak lalu lintas. Landasan pacu utama memiliki panjang 3.050 meter dan umumnya digunakan untuk penerbangan komersial. Hingga 31 Mei 2003 Bandar Udara Internasional Tocumen diatur oleh Direktorat Penerbangan Sipil (Yang sekarang dikenal sebagai Otoritas Penerbangan Sipil). Pada 1 juni tahun yang sama, sebuah platform manajemen terminal inovatif dilakukan melalui Undang-Undang no. 23 tanggal 29 January 2003, yang merancang kerangka kerja untuk pengaturan bandara bagi bandara dan lapangan terbang di Panama. Undang-undang ini memungkinkan pendirian Aeropuerto Internacional de Tocumen, S.A., yang sering disebut Tocumen, S.A., yang saat ini menangani pengaturan bandara. Undang-undang ini merupakan satu dari beberapa undangundang untuk merestrukturisasi sektor penerbangan di Panama dalam melakukan modernisasi dan pengembangan. [1]

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Copa Airlines memiliki hub di bandar Udara Internasional Tocumen.
Peta destinasi non stop dari Bandar Udara Internasional Tocumen

Terminal Utama[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Air Transat Musiman: Montréal-Trudeau, Toronto-Pearson [1]
American Airlines Dallas/Fort Worth, Miami
Avianca Bogotá
CanJet Montréal-Trudeau
Condor Flugdienst Frankfurt, Santo Domingo
Continental Airlines Houston-Intercontinental, Newark
Copa Airlines Aruba, Barranquilla, Belo Horizonte-Confins, Bogotá, Buenos Aires-Ezeiza, Cali, Cancún, Caracas, Cartagena de Indias, Córdoba, Guadalajara, Guatemala City, Guayaquil, Havana, Kingston, Lima, Los Angeles, Managua, Manaus, Maracaibo, Medellín-Córdova, Mexico City, Miami, Montevideo, Nassau , New York-JFK, Orlando, Port-au-Prince, Port of Spain, Porto Alegre, Punta Cana, Quito, Rio de Janeiro-Galeão, San Andrés Island, San José de Costa Rica, San Juan, San Pedro Sula, San Salvador, Santa Cruz de la Sierra-Viru Viru, Santiago de Chile, Santiago de los Caballeros, Santo Domingo de Guzmán, São Paulo-Guarulhos, St. Marteen, Tegucigalpa, Toronto-Pearson , Valencia (Venezuela), Washington-Dulles
Copa Airlines Colombia Barranquilla, Bogotá, Bucaramanga, Cali, Cartagena de Indias, Guatemala City, Medellín, Pereira, San José de Costa Rica
Delta Air Lines Atlanta
Dutch Antilles Express Curaçao
Finnair Musiman: Helsinki, Halifax
Iberia Madrid
KLM Amsterdam
Santa Bárbara Airlines Caracas
Spirit Airlines Fort Lauderdale
Sunwing Airlines Toronto-Pearson
Musiman: Montréal-Trudeau [2]
TACA San Salvador
TACA dioperasikan oleh Lacsa Medellín, San José de Costa Rica
TAME Guayaquil, Quito
Venezolana Caracas, Maracaibo

Maskapai kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
AeroSucre
Cargolux
Cielos del Perú
DHL Aviation dioperasikan oleh DHL Aero Expreso
FedEx Express
LAN Cargo
Líneas Aéreas Suramericanas
TAB - Transportes Aéreos Bolivianos Miami, Santa Cruz de la Sierra-Viru Viru
UPS Airlines
Vensecar Internacional

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]