Bandar Udara Internasional Silvio Pettirossi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport

Bandar Udara Internasional Silvio Pettirossi (IATA: ASUICAO: SGAS) adalah gerbang udara nasional dan internasional utama di Paraguay, berlokasi di Luque, wilayah pinggiran dari ibukota Asunción. Bandara ini diberi nama sesuai penerbang Paraguay Silvio Pettirossi dan sebelumnya dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Presidente Stroessner, sesuai dengan nama mantan kepala negara Paraguay, Alfredo Stroessner.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bandara ini menjadi hub bagi TAM Airlines

Bandar Udara Internasional Silvio Pettirossi di Paraguay adalah satu-satunya bandara utama di seluruh negara di Amerika Selatan yang tidak memiliki penerbangan langsung menuju Amerika Utara

Bangunan terminal dibagi menjadi wilayah domestik dan wilayah internasional, dengan 2 gerbang (5 dan 6) dan 4 gerbang (1 hingga 4). Namun, saat ini bandara hanya menerima satu penerbangan domestik, yang ditangani di wilayah internasional. Wilayah domestik dimanfaatkan untuk menangani penerbangan kargo, penerbangan umum, dan penerbangan charter.

Pada 3 Agustus 2008, koran lokal Diario ABC Color melaporkan bahwa pegawai penerbangan di bandara mengambil keuntungan atas posisi mereka dengan membuat perusahaan palsu yang berhubungan dengan penanganan bagasi pesawat[1], yang melanggar sistem operasi dan prosedur keselamatan.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Aerolíneas Argentinas Buenos Aires-Aeroparque, Buenos Aires-Ezeiza
Aerosur Santa Cruz de la Sierra-Viru Viru
Gol Airlines Buenos Aires-Ezeiza, São Paulo-Guarulhos, Curitiba
PLUNA Montevideo
TACA Airlines dioperasikan oleh TACA Perú Lima
TAM Airlines Paraguay Buenos Aires-Ezeiza, Ciudad del Este, Cochabamba, Rio de Janeiro-Galeão, Santa Cruz de la Sierra-Viru Viru, Santiago de Chile, São Paulo-Guarulhos

Insiden dan Kecelakaan[sunting | sunting sumber]

  • 16 Juni 1955: Panair do Brasil, sebuah Lockheed L-049/149 Constellation registrasi PP-PDJ terbang dari Rio de Janeiro-Galeão menuju Buenos Aires - Ezeiza melalui São Paulo dan Asunción menabrak pohon setinggi 12 m saat akan mendarat di Asunción. Merusak sebagian dari sayap pesawat, kemudian pesawat jatuh dan terbakar. Dari 24 orang di dalam pesawat, 16 tewas.
  • 27 Agustus 1980: Transporte Aéreo Militar - TAM Paraguayo, sebuah Douglas C-47B registrasi FAP2016 jatuh saat melakukan pendaratan menuju Bandar Udara Internasional Silvio Pettirossi. Pesawat sedang malakukan perjalanan menuju Ayolas ketika sebuah mesin mengalami kerusakan sesaat setelah lepas landasn dan pilot membuat keputusan untuk mendarat kembali ke Asunción. Satu orang tewas[2]
  • 11 November 2007: Sebuah Airbus 340 dengen penerbangan Air Comet dalam rute menuju Santiago melakukan pendaratan darurat pada pukul 07:30 pagi waktu lokal karena kaca kokpit pecah.[3][4]
  • 5 Agustus 2008: Sebuah pesawat kecil bermesin ganda yang membawa Menteri Pertanian Paraguay, Cándido Vera Bejarano, dan Luis Ortigoza, seorang pimpinan partai lokal Partai Liberal, hampir mengalami tragedi saat bagian bawah lepas sesaat setelah lepas landas di landasan pacu Bandara Pettirossi. Insiden ini mengggerakkan seluruh sistem keamanan dan membawa ke peringatan bahaya tingkat III.[5] Insiden terjasi pada pukul 18:24 waktu lokal, ketika pesawat dengan nomor registrasi ZP TET, properti dari Kementerian Pertanian dan Peternakan, menyentuh landasan pacu bandara, setelah kembali dari Pilar dari Bandar Udara Carlos Miguel Jiménez. Pesawat kecil ini dikendalikan oleh Gerardo López. Seluruh tiga penumpang selamat, meskipun salah satu sayap pesawat sempat menyentuh aspal landasan pacu.

Akses[sunting | sunting sumber]

Bandara ini, yang belokasi di wilayah Luque, dapat diakses dari kota Asuncion melalui Jalan Utama Bandara (Avenida Aviadores del Chaco), yang dimulai dari dekat Taman Ñu Guasú. Jalur bis lokal Asuncion 30-A menghubungkan pusat kota dengan terminal bandara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]