Bandar Udara Internasional Sangster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Sangster

Sangster Airport.jpg

IATA: MJBICAO: MJKS
Ikhtisar
Jenis bandara Publik
Pengelola Otoritas Bandara Jamaika
Lokasi Montego Bay, Jamaika
Ketinggian 1 m (4 f)
Koordinat 18°30′13″LU,077°54′48″BB
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
07/25 8.704 2.653 aspal

Bandar Udara Internasional Sir Donald Sangster (IATA: MBJICAO: MKJS) adalah sebuah bandar udara internasional di Montego Bay, Jamaika. Bandara ini merupakan salah satu bandara terbesar, tersibuk, dan paling modern di wilayah Karibia dan mampu menangani sembilan juta penumpang setiap tahun. Sangster sering disebut sebagai gerbang utama Karibia dan menjadi hub Karibia bagi banyak maskapai penerbangan. Bandara ini menjadi bandara terpopuler bagi wisatawan yang mengunjungi pantai timur Jamaika. MBJ saat ini merupakan yang tersibuk di antara tiga bandara internasional di Jamaika. Bandara lainnya adalah Bandar Udara Internasional Norman Manley yang berlokasi di ibukota Kingston dan Bandar Udara Internasional Ian Fleming yang berlokasi di Boscobel, Saint Mary Parish, Jamaika. Bandara ini diberi nama sesuai dengan Perdana Menteri Jamaika Sir Donald Sangster.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Internasional Sir Donald Sangster atau sering disebut Bandar Udara Internasional Sangster di Montego Bay, St. James, telah mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan sebanding dengan bandara internasional lainnya di seluruh dunia. Namun, pengembangan bandara ini tidak terjadi dalam waktu semalam, namun pertama terbentuk pada tahun 1936 saat tempat dimana Bandar Udara internasional Sangster berdiri dinyatakan sebagai salah satu tempat yang sesuai untuk pembangunan sebuah bandara di kota Montego Bay. Dengan nama asli Bandar Udara Montego Bay, sebuah keputusan dibuat dengan membagun landasan pacu pada tahun 1940, dan pembangunan fasilitas lengkap yang selesai pada 18 Februari 1947. Pada waktu tersebut, kota Montego Bay merupakan salah satu tempat kunjungan bagi orang kaya dan terkenal, dan kemudian menjadi salah satu titik hiburan utama di Karibia hingga saat ini.

Maskapai penerbangan internasional pertama yang terbang menuju Bandar Udara Montego Bay adalah Pan American Airways, dan dalam faktanya, bandara ini, yang dibandingkan dengan standard saat ini, lebih seperti pangkalan udara kecil, yang dioperasikan oleh Pan American hingga 30 September 1949, saat pemerintah Jamaika mengambil alih pengoperasian bandara. Namun, Bandar Udara Internasional Sangster, yang dikenal saat ini, tidak seperti pada masa awalnya. Salah satu perbedaan yang paling jelas adalah sebenarnya, bangunan terminal berada di bagian utara landasan pacu, kemudian dipindahkan ke bagian selatan landasan pacu karena beberapa pengerjaan pengembangan dan dilakukan pada fasilitas tersebut, yang diakibatkan oleh pertumbuhan lalu lintas penerbangan selama bertahun-tahun. Rencana untuk membangun terminal baru di lokasi saat ini, di bagian selatan landasan pacu, diumumkan pada bulan Juli 1955. Rencana untuk bangunan terminal baru merupakan bagian dari rencana pengembangan dan restrukturisasi berkelanjutan , yang dilakukan untuk mengatasi pertumbuhan lalu lintas. Terminal baru kemudian dibangun dan dibuka pada 7 Juli 1959, dengan kapasitas untuk mengakomodir 500 penumpang tiap jam, dan ruang parkir untuk tujuh pesawat dalam satu waktu.

Selama bertahun-tahun, proses pengembangan terus berlangsung, akhirnya fasilitas ini berkembang menjadi bandara terbesar di antara dua bandara internasional di Jamaika, mengani sekitar 3.7 juta penumpang tiap tahun pada tahun 2007, dan telah memperlihatkan pertumbuhan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat sejak awal tahun 2008. Manjemen dan rekanan bandara saat ini sedang berusaha meningkatkan jumlah penumpang dari Asia, dan sedang bekerja dengan pihak Brazil, untuk membuka lebih banyak layanan non stop dari negara tersebut.

Pada tahun 2000, rencana telah dimulai untuk mengembangkan bandara agar menjadi bandara kelas dunia. Kumpulan baru telah diselesaikan pada bulan Desember 2005 untuk dapat menampung pesawat komersial besar seperti Airbus A340, Boeing 747-400 dan kemungkinan Airbus A380. Juga direncanakan untuk mengembangkan landasan pacu utama yang sdang dalam tahap persiapan, yang direncanakan, apabila selesai, akan menyelesaikan landasan pacu sepanjang 10,000 ft. Landasan pacu ini dibuat untu mengakomodasi lalu lintas yang lebih padat. MBJ Airports Limited juga menyelesaikan aula bea cukai baru, lobby kedatangan dan pusat transportasi pada bulan Maret 2007. Sejak saat itu, pengembangan dan renovasi lebih lanjut seperti pemindahan aula imigrasi dan mall bebas bea telah dimulai dan direncanakan selesai pada Oktober 2008. Saat selesai, fasilitas ini akan menjadi salah satu bandara paling modern di Karibia, dan akan meningkatkan kapasitas hingga 9 juta penumpang setiap tahun.

Saat ini terjadi perubahan dalam manajemen di bandara setelah terjadi perubahan konsorsium yang yang mengoperasikan fasilitas ini. Relasi antara manajemen baru dan persatuan pekerja menjadi buruk setelah trjadi mogok kerja pada bulan November 2007 dan November 2009.

MBJ Airports Ltd.[sunting | sunting sumber]

Sangster dijalankan oleh sebuah konsorsium bernama MBJ Airports Limited. Rekanan utama dari konsorsium ini adalah Vancouver Airport Services (2% saham).[1] Rekanan lain adalah Abertis.[2] Sangster kemudian diprivatisasi dan diserahkan oleh Otoritas Bandara Jamaika kepada konsorsium pada tahun 2003.[3]

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Layanan penumpang[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Internasional Sangster memiliki dua terminal. Satu untuk penerbangan internasional dan yang lain untuk perjalanan domestik. Terminal tersebut saat ini melayani maskapai sebagai berikut:

Maskapai Tujuan
Aerogaviota Havana
Air Berlin Düsseldorf
Air Canada Montréal-Trudeau, Toronto-Pearson
Musiman: Calgary, Edmonton, Halifax, Ottawa, Vancouver, Winnipeg
Air Transat Toronto-Pearson
Musiman: Calgary, Edmonton, Montréal-Trudeau, Québec City, Vancouver, Winnipeg
AirTran Airways Atlanta, Baltimore, Orlando
American Airlines Dallas/Fort Worth, Miami, Chicago-O'Hare
Musiman: New York-JFK
Arkefly Amsterdam
Blue Panorama Airlines Milan-Malpensa, Rome-Fiumicino
British Airways London-Gatwick
CanJet Montréal-Trudeau, Ottawa, Québec City, Toronto-Pearson
Caribbean Airlines dioperasikan oleh Air Jamaica Fort Lauderdale, Kingston, New York-JFK, Philadelphia
Cayman Airways Grand Cayman
Condor Frankfurt
Continental Airlines Houston-Intercontinental, Newark
Delta Air Lines Atlanta, New York-JFK

Seasonal Detroit, Memphis, Minneapolis/St. Paul

Enerjet Musiman: Toronto-Pearson
Iberworld Madrid
Jamaica Air Shuttle Kingston-Tinson Pen, Cayman Brac, Santiago de Cuba
Jetairfly Brussels
JetBlue Airways New York-JFK, Orlando Musiman: Boston
Orbest Lisbon
Skylan Airways Kingston
Spirit Airlines Fort Lauderdale
Sun Country Airlines Musiman: Lansing, Minneapolis/St. Paul
Sunrise Airways Port-Au-Prince
Sunwing Airlines Calgary, Edmonton, Moncton, Montréal-Trudeau, Ottawa, Québec City, Toronto-Pearson, Winnipeg
Thomas Cook Airlines London-Gatwick, Manchester (UK)
Thomas Cook Canada dioperasikan oleh Jazz Air Musiman: Halifax, Montreal-Trudeau, Ottawa, Toronto-Pearson
Thomson Airways Birmingham (UK), East Midlands, London-Gatwick, Manchester (UK)
Musiman: Glasgow-International
United Airlines Musiman: Chicago-O'Hare, Washington-Dulles
US Airways Charlotte, Philadelphia
Musiman: Boston, Phoenix
USA3000 Airlines Musiman: Chicago-O'Hare, St. Louis
Virgin Atlantic Airways London-Gatwick
Western Air Nassau
WestJet Toronto-Pearson
Musiman: Calgary, Edmonton, Halifax, Montréal-Trudeau, Ottawa, Regina, Saskatoon, Vancouver, Winnipeg
Whitejets Campinas-Viracopos, Rio de Janeiro-Galeão

Kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Air Jamaica Cargo Miami
Airpak Express Kingston-Tinson Pen, Boscobel, Negril
FedEx Express Kingston-Manley
IBC Airways Miami
Sunrise Airways Port-Au-Prince
Tara Courier Kingston-Tinson Pen, Boscobel, Negril

Insiden dan kecelakaan[sunting | sunting sumber]

  • Pada 25 Mei 1972, satu jam 18 menit setelah lepas landas dari Panama City sebuah bom pipa buatan pribadi meledak dikompartemen pendingin es di sebuah Boeing 727. Sebuah proses dekompresi cepat terjadi. Pedaratan darurat sukses dilakukan di Montego Bay, Jamaika.
  • Pada 19 April 2009, CanJet Penerbangan 918, sebuah Boeing 737-800, dibajak. Pembajaknya, bersenjatakan sebuah pistol semi otomatis dilaporkan meminta untuk diterbangkan menuju Kuba.[5] Namun, petugas pengamanan dapat mengambil alih kendali tanpa melukai seorangpun.
  • Pada 28 Januari 2011, American Airlines Penerbangan 966, sebuah Boeing 757-200 terbang dari Quito menuju Miami melakukan sebuah pendaratan darurat di bandara pada pukul 2:18 siang setelah mengalami masalah mesin. Penumpang meninggalkan pesawat tanpa masalah. Tidak terdapat korban luka

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Toronto Star, "B.C. firm linked to airport", Bruce Campion-Smith & Tonda MacCharles, 21 April 2009 (accessed 25 April 2009)
  2. ^ Toronto Star, "Workers 'followed procedures' in allowing hijacker on plane", Andrew Chung, 22 April 2009 (accessed 25 April 2009)
  3. ^ Caribbean Update, "Sangster Airport Privatization", 1 December 2002 (accessed 25 April 2009)
  4. ^ Jamaica Observer, "From Avianca to CanJet: MoBay Airport at Centre of J'can Aviation History", 22 April 2009 (accessed 25 April 2009)
  5. ^ "Jamaican hostage-taker makes Cuba demand". CNN. April 21, 2009. Diakses 20 April 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]