Bandar Udara Internasional José Martí

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Gerrard Smith
220px-Jose Marti Airport terminal.jpg
IATA: HAVICAO: MUHA
Ikhtisar
Jenis bandara Publik
Pengelola ECASA S.A.
Lokasi Havana, Kuba
Ketinggian 64 m (210 f)
Koordinat 22°59′20″LU,82°24′32″BB
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
06/24 13.123 4.000 aspal

Bandar Udara Internasional José Martí (IATA: HAVICAO: MUHA), sebelumnya dikenal sebagai Bandar Udara Internasional El Rancho Boyeros, berlokasi 15 km (9 mil) di barat daya dari Havana, Kuba, dan menjadi hub bagi Cubana de Aviación, Aerogaviota dan Aero Caribbean, dan pernah menjadi hub Amerika Latin bagi Aeroflot Soviet Airlines.[1] badnara ini berada di wilayah Boyeros. Bandara ini diberi nama sesuaidengan pejuang dan penyair José Martí.

Bandara Havana dioperasikan oleh ECASA (Empresa Cubana de Aeropuertos y Servicios Aeronáuticos S.A.). Bandara ini menjadi gerbang domestik dan internasional utama bagi Kuba, dan melayani beberapa juta penumpang setiap tahun, menangani 80% penumpang internasional Kuba bersama dengan Bandar Udara Juan Gualberto Gómez Varadero.

Saat ini terdapat tiga terminal yang digunakan di bandara ditambah satu terminal khusus yang hanya dioperasikan bagi Aero Caribbean.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Bandara José Martí disetujui pada bulan Maret 1929. Pada 24 Februari 1930, bandara ini secara resmi dibuka, menggantikan Bandar Udara Havana Columbia. Pada 30 Oktober 1930, penerbangan perdana Cubana de Aviación (pada waktu tersebut CNCAC, S.A.) dilakukan dengan rute Havana-Santiago de Cuba membawa surat menggunakan sebuah Ford trimotor dengan perhentian di Santa Clara, Morón dan Camaguey. Pada tahun 1936 penerbangan non-komersial menuju Madrid dimulai dengan sebuah pesawat Lockheed Sirius yang dibuat dari kayu dan kain, menggunakan sebuah mesin Pratt & Whitney Wasp bertenaga 550 hp (410 kW)

, dengan kecepatan jelajah 180 mph tanpa dilengkapi radio. Pesawat ini diberi nama "4th of September" dan dipimpin oleh Kapt. Antonio Menéndez Pélaez dan sebelumnya diterbangkan antara Camaguey, Kuba dan Sevilla, Spanyol. Pada Januari 1943 bandara memiliki menara kontrol pertama dan juga merupakan menara kontrol pertama di negara ini. Penerbangan internasional pertama dari bandara ini juga diterbangkan pertama kali oleh Cubana de Aviación DC-3 dengan rute Havana-Miami. Pada tahun 1950 bandara ini memiliki rute kedua di Eropa, dengan penerbangan yeng dikenal sebagai "rute para bintang" Havana-Roma dan dioperasikan dengan DC-4.

Pada tahun 1961 hubungan dengan Amerika Serikat mulai terputus secara substantif dan dengan embargo Amerika Serikat terhadap Kuba, maskapai dari Amerika Serikat dilarang melakukan penerbangan berjadwal reguler menuju bandara ini. Pada dekade 1990an penerbangan charter khusus disetujui oleh Pemerintah AS dari Miami menuju José Martí bagi warga asal Kuba yang tinggal di Amerika Serikat yang memiliki kerabat dekat di Kuba. Saat ini beberapa maskapai mengoperasikan layanan non-stop antara Havana dan Miami, termasuk American Eagle Airlines, Gulfstream International Airlines, dan beberapa maskapai lainnya.

Karena kedekatan hubungan Kuba dengan Uni Soviet, bandara ini pada dekade 1970an dan 1980an menikmati kehadiran banyak maskapai penerbangan dari Blok Timur seperti Aeroflot, Czech Airlines, Interflug, LOT. Bandara ini juga berbagi banyak tragedi, karena banyak pesawat tua buatan Soviet yang dioperasikan oleh Cubana dan beberapa maskapai komunis lainnya (seperti Aeroflot dari Uni Soviet dan Interflug dari Jerman Timur) jatuh saat sedang meninggalkan atau menuju bandara ini.

Terminal 2 dibuka pada 15 November 1988 utamanya untuk penerbangan langsung menuju Amerika Serikat dan penerbanan charter. Sepuluh tahun kemudian pada 27 April 1998, terminal internasional 3 yang baru dibuka[2] oleh perdana menteri Kanada Jean Chrétien dan Presiden Kuba Fidel Castro. Terminal baru dengan tiga lounge VIP ini dilengkapi dengan fasilitas modern dan gerbarata yang tidak tersedia di terminal internasional sebelumnya, terminal 1.

Tahun 2002, Air Freight Logistics Enterprise (ELCA S.A.) membuka terminal barang pertama di José Martí, terminal barang ini dimiliki dengan joint venture dengan saham yang seimbang antara perusahaan Cargosur, bagian dari grup Iberia, dan Aerovaradero S.A. dari Kuba, dengan investasi senilai AS$2.5 juta.[3] tujuan dari perusahaan ini adalah untuk memjadi tempat paling modern di lokasi geografisnya, dan untuk memfasilitasi dan mengurangi biaya pengangkutan antara Eropa dan Amerika, dengan pesawat dari berbagai macam perusahaan. Terminal ini memiliki kapasitas 600 ton, ruang seluas 2.000 meter kubik dalam bentuk dua mesin pendingin saja, dengan pengendali kelembaban dan udara.

Pesawat Aeroflot di Terminal 3
Menara Kontrol

Bandara ini menjadi basis bagi IBECA. Sebagai bagian dari strategi renovasi Cubana, maskapai ini harus mampu meningkatkan kemampuan dukungan teknisnya, dan pada tahun 2005 IBECA didirikan. IBECA adalah perusahaan joint venture yang 50% dimiliki oleh Cubana de Aviación dan 50% oleh Iberia Airlines, dengan perjanjian perawatan teknik dari pesawat buatan barat, termasuk semua model Airbus dan Boeing.[4] Perusahaan ini dikontrak oleh berbagai macam maskapai yang terbang menuju Kuba untuk menyediakan dukungan perawatan dan teknik. Setiap tahun, perusahaan ini menyediakan dukungan terhadap 5.000 operasi penerbangan, untuk lebih dari 30 perusahaan, terutama dari Eropa dan Amerika.

Saat ini Bandar Udara José Martí sedang membangun sebuah pusat pengendali lalu lintas udara otomatis baru yang akan memberikan layanan kepada seluruh wilayah Region Informasi Penerbangan (FIR) yang dibebankan kepada Kuba. Radarisasi total dari FIR ini merupakan sebuah langkah penting, yang akan secara penuh akan meningkatkan kehandalan layanan lalu lintas udara yang diatur oleh Kuba, dimana sebagian besar volume lalu litas udara dari Amerika Latin dan sebagian besar penerbangan dari/menuju pantai timur Amerika Serikat menuju Amerika Tengah dan Amerika Selatan harus terbang melewati wilayah udara Kuba, dengan skitar 450 penerbangan yang harus diatur setiap hari.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Terminal[sunting | sunting sumber]

Terminal 1 digunakan sebagai bangunan terminal domestik dan internasional utama sebelum pembukaan terminal 2, dan 3-yang dibangun pada tahun 1998. Terminal ini berlokasi di sisi barat dari landasan pacu 6. Saat ini terminal digunakan untuk penerbangan domestik.

Terminal 2 utamanya menangani penerbangan charter berjadwal menuju dan dari Miami dan New York untuk penduduk AS dengan izin khusus dari pemerintah Amerika Serikat dan penduduk Kuba yang memiliki visa AS, penerbangan charter ini dioperasikan oleh Gulfstream Air Charters, ABC Charters, Marazul Charters dan C & T Charters. Termianl ini berlokasi di sisi utara, berada setelah ujung landasan pacu 24. Terminal ini dibangun pada tahun 1988 saat penerbangan charter pertama setelah revolusi dibuka dari Miami. Di sana tedapat bar, toko buku, agen koran, dan juga restoran pada lantai kedua, bersama juga dengan persewaan kendaraan di wilayah kedatangan.

Terminal 3 adalah terminal internasional utama, dan dibuka pada tahun 1998 oleh Perdana Menteri Kanada Jean Chrétien dan Fidel Castro, dan merupakan yang terbesar dan paling modern. Layanan tiket dan wilayah keberangkatan terdapat di lantai atas, wilayah kedatangan da penanganan bagasi terdapat di lantai bawah. Terdapat beberapa persewaan mobil yang ada di wilayah kedatangan, dengan pesusahaan yang ada seperti Cubanacar, Fenix, Rent a Car, Rex (limosin dan mobil mewah), Transtur, dan Via Rent-a-Car. Pada terminal 3 semua bar dan restoran buka selama 24 jam. Di sana terdapat meja informasi di wilayah kedatangan dan keberangkatan. Sebuah bank, kantor pos dan internet uga tersedia di terminal.

Terminal 5 utamanya digunakan oleh Aerocaribbean, namun Aerotaxi, yang merupakan maskapai charter yang berbasis di Kuba juga ada. Semua penerbangan dari Amerika Serikat akan ditangani sementara di terminal ini karena pembangunan dan perancangan ulang terminal 2.

Transfer antar terminal[sunting | sunting sumber]

Terdapat layanan bus untuk berpindah antar terminal.

Parkir[sunting | sunting sumber]

Bandara ini memiliki parkir mobil jangka pendek. Terminal 3 memiliki 750 ruang parkir dan Terminal 1 & 2 masing-masing memiliki 500 ruang parkir. Semua parkir mobil berada kurang dari 150 dari terminal.

Terminal, maskapai, dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan Terminal
Aero Caribbean Belize City, Guatemala City, Managua, Santiago de Cuba 5
Aeroflot Moscow-Sheremetyevo 3
Aerogaviota Baracoa, Cayo Coco, Cayo Largo del Sur, Cayo Santa María, Holguín, Kingston, Mérida, Montego Bay, Nassau, Nueva Gerona, Santiago de Cuba, Trinidad, Varadero 1
Aeroméxico Cancun, Mexico City 3
Aeroméxico Connect Mérida 3
Air Canada Toronto-Pearson 3
Air Caraïbes Pointe-à-Pitre 3
Air Europa Madrid 3
Air France Paris-Charles de Gaulle 3
American Airlines Miami, New York-JFK 2
American Eagle Miami 2
Bahamasair Nassau 3
Blue Panorama Airlines Milan-Malpensa, Rome-Fiumicino 3
Cayman Airways Grand Cayman 3
CanJet Montréal-Trudeau 3
Condor Frankfurt 3
Continental Connection dioperasikan oleh Gulfstream International Airlines Miami 2
Conviasa Caracas
Copa Airlines Panama City 3
Copa Airlines Colombia Bogotá 3
Cubana de Aviación Baracoa, Bayamo, Caracas, Camaguey, Cayo Coco, Cayo Largo del Sur, Ciego de Ávila, Cienfuegos, Guantánamo, Holguín, Manzanillo, Moa, Nueva Gerona, Santa Clara, Santiago de Cuba, Varadero, Victoria de las Tunas 1
Cubana de Aviación Bogotá, Buenos Aires-Ezeiza, Cancún, Caracas, Guatemala City, London-Gatwick, Madrid, Mexico City, Montréal-Trudeau, Nassau, Paris-Orly, San José de Costa Rica, Santo Domingo, Toronto-Pearson
musiman: Halifax, Santiago de Chile
3
Cubana dioperasikan oleh Aero Caribbean Cayo Coco, Cayo Largo del Sur, Holguín 1
Iberia Madrid 3
LAN Airlines Santiago de Chile, Cancun 3
Martinair Amsterdam 3
Sky King Miami, New York-JFK 2
Sunwing Airlines Montreal-Trudeau 3
TAAG Angola Airlines Luanda 3
TACA dioperasikan oleh Lacsa San José de Costa Rica 3
TACA Perú Lima 3
Virgin Atlantic Airways London-Gatwick 3
Vision Airlines Miami, New York-JFK 2
catatan
  • ^ Note 1: Semua penerbangan dari Amerika Serikat beroperasi sebagai Charter Otoritas Khusus berjadwal

Maskapai kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Aero Caribbean cargo
Cubana Cargo
DHL Express
Flair Airlines
IBC Airways
Líneas Aéreas Suramericanas

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://query.nytimes.com/gst/fullpage.html?res=9C0CEFDE1131F937A35753C1A966958260 New York Times,Aeroflot May Shift A Hub to Miami
  2. ^ (Spanyol) José Martí International Airport website - international terminal information.
  3. ^ (Inggris) José Martí Airport new cargo terminal
  4. ^ (Inggris) Ibecaaircraft technical maintenance

Pranala luar[sunting | sunting sumber]