Bandar Udara Internasional Grantley Adams

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport
Bandara

Bandar Udara Internasional Grantley Adams (GAIA), (IATA: BGIICAO: TBPB) didirikan di Seawell, Christ Church di pulau Barbados. Nama bandara ini sebelumnya adalah Bandar Udara Seawell sebelum diganti untuk menghormati perdana menteri pertama Barbados, Sir Grantley Herbert Adams pada tahun 1976. Bandara ini berada di zona waktu GMT –4. GAIA adalah satu-satunya pelabuhan yang menjadi pintu masuk dan pintu keluar melalui jalan udara di Barbados.

Bandar Udara Grantley Adams memiliki layanan langsung menuju destinasi di Amerika Serikat, Kanada, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Eropa dan beroperasi sebagai gerbang utama menuju wilayah Karibia Timur. Bandara ini menjadi hub kedua bagi Leeward Islands Air Transport (LIAT), dan ub bagi maskapai penerbangan bertarif rendah baru, REDjet. Bandara ini menjadi penghubung udara utama untuk jalur kapal pesiar dan masuk dan keluar Bridgetown,[1] dan menjadi sebuah basis operasi bagi Regional Security System (RSS).

Sekilas pandang dan geografi[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Internasional Grantley Adams berjarak 12.9 km (8 mi.) dari pusat kota Bridgetown, di sebuah daerah yang secara resmi dikenal sebagai Seawell. Hal ini kontras dengan sebagian besar informasi yang menyatakan bahwa bandara ini berada di dalam ibukota.

Kontur tanah di sekitar bandara relatif datar dan berada di pinggiran kota. Bandara ini berada di bagian tenggara wilayah Christ Church, dengan titik paling selatan pulau ini. Bandara ini memiliki akses mudah dengan ibukota dengan Jalan Raya ABC/Jalan Raya 7 yang langsung menuju ibukota dan mencapai bagian pantai utara dan barat pulau.

Bandara Grantley Adams juga menjadi hub trasportasi udara utama untuk wilayah Karibia Timur. Bandara ini sedang melakukan perbaikan dan ekspansi senilai US$100 juta yang dilakukan oleh pemerintah, yang menambahkan aula kedatangan baru yang berdekatan dengan terminal keberangkatan dan kedatangan. Pembangunan sedikit menjadi rumit karena faktanya bandara ini harus tetap buka selama 16 jam setiap hari. Insfrastruktur bandara yang ada saat ini diperkirakan masih mampu memenuhi kebutuhan Barbados hingga tahun 2015. Proyek pembangunan tahap ketiga, yang belum selesai akan mengubah konfigurasi parkir di bandara.[2]

Saat ini tempat parkir mobil tersedia di luar bandara dengan biaya Bds$2.00 tiap jam dengan tarif maksimum sebesar Bds$12.00 tiap hari.[3]

Landasan pacu dan jalur taksi[sunting | sunting sumber]

Bandara ini memiliki satu landasan pacu yang mengarah ke barat dan timur, dihubungkan dengan lima penghubung lajur taksi dengan wilayah parkir pesawat yang terhubung dengan terminal utama. Sebagai akibat dari angin yang diakibatkan oleh rotasi bumi yang bertiup dari Samudera Atlantik melintasi Barbados dari timur, semua pesawat iasanya mendarat dan lepas landas dari arah timur. Hal ini mengakibatkan sebuah jalur penerbangan umum untuk pesawat yang datang utuk menyusuri pantai barat Barbados, sedangkan pesawat yang meninggalkan Barbados menyusuri pantai timur. Dalam frekuensi yang sedikit dan dalam kondisi yang tidak biasa, seperti gangguan cuaca, seperti adanya hurikan datau badai tropis yang melintas, dapat mengakibatkan pesawat untuk mendarat dan lepas landas ke arah barat seperti yang terjadi pada 29 Agustus 2010.[4]

Terminal, maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Internasional Sir Grantley Adams memiliki dua bangunan terminal yang dirancang dalam sebuah struktur bangunan tunggal. Struktur pertama dan tertua adalah terminal keberangkatan saat ini. Terminal ini memanjang dari gerbang 11–13. Dalam proyek ekspansi 2000-2006, bangunan terminal awal menangani fasilitas kedatangan maupun keberangkatan. Konfigurasi awal dibagi menjadi dua oleh beberapa banunan toko bebas pajak[5] dan sebuah wilayah udara terbuka yang dilengkapi dengan pepohonan dan beberapa pelengkap hijau lainnya yang terbuka bagi kedua bagian terminal. Bangunan baru di mana terdapat menara bandara memperlihatkan bagian yang memisahkan termianl bandara menjadi dua. Sebagai tambahan terdapat juga beberapa tenda transparan di atas bangunan yang menutupi celah bandara yang membuat bandara terlihat menjadi satu. Bangunan terminal baru berada di gerbang 1–10

Penumpang[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan maskapai penumpang dan desinasinya:[6]

Maskapai Tujuan
Air Antilles Express Musiman: Fort-de-France
Air Canada Toronto-Pearson
Musiman: Montreal-Trudeau
Air Caraïbes Musiman: Fort-de-France
American Airlines Dallas/Fort Worth, Miami, New York-JFK
American Eagle Airlines San Juan
British Airways Grenada, London-Gatwick, Tobago
Caribbean Airlines Kingston, Port of Spain
Condor Frankfurt
Delta Air Lines Atlanta
Gol Transportes Aéreos São Paulo-Guarulhos
JetBlue Airways New York-JFK
LIAT Anguilla, Antigua, Canouan, Fort-de-France, Dominica, Georgetown-Cheddi Jagan, Grenada, Kingstown, Port of Spain, Saint Kitts, Saint Lucia-Vigie
Mustique Airways Bequia, Canouan, Mustique, Saint Vincent, Union Island
REDjet Georgetown-Cheddi Jagan, Kingston, Port of Spain
Sunwing Airlines Musiman: Toronto-Pearson
SVG Air Bequia, Canouan, Mustique, Saint Vincent, Union Island
US Airways Charlotte
Virgin Atlantic Airways London-Gatwick, Manchester
WestJet Toronto-Pearson

Charter[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Air Century Santo Domingo-La Isabela
Executive Airlines
FlyMontserrat Montserrat
Thomas Cook Airlines Musiman: London-Gatwick, Manchester
Thomson Airways Musiman: Birmingham (UK), Leeds/Bradford [charter pesiar], London-Gatwick, Manchester
West Indies Executive Air

REDjet[sunting | sunting sumber]

Tahun 2010, sebuah pihak dari sektor swasta mengumumkan keinginan untuk menempatkan sebuah maskapai yang berbasis di Bandar Udara Internasional Sir Grantley Adams.[7] Nama induk perusahaannya adalah AIRONE Ventures Limited (AVL),[8] dan perusahaan ini akan mencoba membuat "maskapai penerbangan bertarif rendah Karibia pertama".[9] Induk perusahaan, yang utamanya berasal dari Irlandia, telah mencoba membuka operasi dari Jamaika[10] namun ditolak oleh pemerintah Jamaika.

Kargo[sunting | sunting sumber]

Terminal kedatangan dan keberangkatan

Penyedia helikopter[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ B., J. M. (25 January 2011). "Forecast looking good for passenger growth". The Barbados Advocate. Diakses 25 January 2011. "“Our thrust is to take the number of cruise passengers from 700,000 to 1.2 million per year. A significant percentage of these will be part of the Air/Sea and Stay/Cruise programs. Existing facilities at GAIA are already stressed to handle passenger volumes during the 12 to 4 p.m. period. The new focus of developing the air/sea program will necessitate a suitable review of the airport plant and no doubt this will be addressed in by the master plan,” he said." 
  2. ^ W., J. (21 June 2007). "Tax 'not too much'". Nation Newspaper. Diarsipkan dari aslinya tanggal 26 June 2007. Diakses 1 June 2010. 
  3. ^ "[[Airport parking|Airport Parking]] Procedures". Government of Barbados. Diakses 2008-07-26.  Wikilink embedded in URL title (help)
  4. ^ S., E. (30 August 2010). "Winds force take-off change". Nation Newspaper. Diakses 30 August 2010. 
  5. ^ "Restaurants and Duty Free Shopping at GAIA". Government of Barbados. Diakses 2008-07-26. 
  6. ^ "Airline Carriers to Barbados". Government of Barbados. Diakses 2008-07-26. 
  7. ^ Staff writer (19 May 2010). "Airone likely to commence operations this year". Jamaica Observer. Diakses 1 June 2010. 
  8. ^ Corporate Affairs and Intellectual Property Office of Barbados - AIRONE VENTURES LIMITED
  9. ^ O'Hora, Ailish (March 2008). "Proposals for Caribbean 'Ryanair' are grounded". Irish Independent. Diakses 1 June 2010. 
  10. ^ Myers Jr., John (21 December 2007). "Airone Ventures going after 'national carrier' status - But says won't compete with Air Jamaica". Jamaica Gleaner. Diakses 1 June 2010. 
  11. ^ Staff writer (2 July 2007). "Two new air carriers set to take off". Barbados Advocate. Diarsipkan dari aslinya tanggal 8 July 2007. Diakses 19 June 2010. 
  12. ^ Provider (2007). "Horizon Helicopters" 

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber tambahan[sunting | sunting sumber]