Bandar Udara Internasional Enrique Malek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Enrique Malek

Davidairport.JPG

IATA: DAVICAO: MPDA
Ikhtisar
Jenis bandara Publik
Pengelola Direccion Nacional De Aeronautica Civil
Lokasi David, Panama
Ketinggian 27 m (89 f)
Koordinat 8°23′28″LU,82°25′56″BB
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
04/22 6.890 2.100 aspal

Bandar Udara Internasional Enrique Malek (bahasa Spanyol: Aeropuerto Internacional Enrique Malek) adalah sebuah bandar udara internasional yang berlokasi di kota David, Chiriquí di Republik Panama. Bandar Udara Internasional Enrique Malek dibangun pertama kali pada tahun 1941 sebagai bagian dari persetujuan antara AS dan Panama dalam usaha mempertahankan Terusan Panama dari ancaman tentara blok poros.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dikenal sebagai Lapangan David atau Lapangan San Jose Selama Perang Dunia II, bandara ini merupakan pembantu dari Lapangan Howard. Bandara ini menampung berbagai macam personel Tentara Udara Angkatan Darat AS, yang ditugaskan untuk misi pelatihan dan patroli pengintaian di garis pantai Pasifik tenggara, dari Honduras di utara, hingga Peru di selatan sebagai bagian usaha mempertahankan Terusan Panama.

Unit tempur yang ditugaskan di lapangan terbang ini adalah:

  • Skadron Pembom ke-397 (Grup Pembom ke-6), 11 Desember 1941-18 Agustus 1942 (B-18 Bolo, B-17 Flying Fortress)
  • Skadron Pembom ke-45 (Grup Pembom ke-40), 13 November 1942-18 Februari 1943 (LB-30 (B-24A) Liberator)
  • Skadron Pembom ke-3 (Komando Pembom VI), 12 Maret-1 April 1943; 11 Juni 1943-6 April 1944; 8 Desember 1944-28 Oktober 1945 (B-17 Flying Fortress)

Pasca perang[sunting | sunting sumber]

Setelah perang usai, lapangan terbang diperbarui dan dimodernisasi untuk meningkatkan fasilitasnya dan sekarang digunakan untuk penerbangan internasional. Saat ini, bandara, yang sekarang bernama Bandar Udara Internasional Enrique Malek, bertugas melayani Provinsi Chiriquí sebagai bandara sipilprovince as a civil airport, dan merupakan bandar udara internasional terbesar kedua di Panama.

Karena waktu perjalanan yang padat, bandara ini menangani 900 operasi setiap bulan, melayani sekitar 20.000 penumpang dari Meksiko, Amerika Serikat, Kanada, dan Amerika Tengah.

Fasilitas parkir pesawat dan pengisian bahan bakar telah diekspansi pada tahun 2008 dan 2009.

Diperkirakan dana pengembangan senilai AS$12.000.000,00 telah disetujui oleh legislator Panama yang juga meliputi pengembangan landasan pacu. Pengembangan landasan pacu ini memungkinkan bandara menerima pesawat berat. Sebagai tambahan, dalam proyek tersebut juga dilakukan penambahan fasilitas Pagar pembatas DAV, responder utama, rumah sakit, kemanan, penanganan bagasi, dan fasilitas terminal.

Pada awal tahun 2009, Direktu regional Chiriqui untuk Otoritas Penerbangan Sipil (AAC), Inés de Esquivel, mengabarkan kepada La Estrella: “...dalam lima tahun terakhir, $1.5 juta investasi telah diberikan untuk pengembangan beberapa wilayah di Bandara Enrique Malek.” [1].

Pada Oktober 2009, sebuah kampanye untuk membuka penerbangan langsung antara DAV (David) dan AS telah diluncurkan kembali dan statistik menunjukkan peningkatan ketertarikan pemumpang untuk melakukan perjalanan menggunakan rute masa depan ini.DAV Direct Blog

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Air Panama Bocas Del Toro, Panama-Albrook, San Jose
Aeroperlas Bocas Del Toro, Panama-Albrook
Sansa Airlines San Jose

Insiden dan kecelakaan[sunting | sunting sumber]

Pada 13 juli 1943, terjadi kecelakaan di lapangan terbang ini yang menewaskan 12 orang saat pesawat B-17 Flying Fortress kehilangan daya angkat saat mendekati bandara dan jatuh di landasan pacu.[rujukan?]

Pada 9 Januari 1970, terjadi usaha pembajakan pesawat pada sebuah Douglas C-47 milik RAPSA. Pembajak berhasil dilumpuhkan dan ditangkap, namun ada satu orang korban tewas. Pesawat sedang melakukan operasi menuju Bandara Bocas del Toro.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hijacking description". Aviation Safety Network. Diakses 11 October 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]