Bandar Udara Internasional Cheddi Jagan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Cheddi Jagan
IATA: GEOICAO: SYCJ
Ikhtisar
Jenis bandara Publik
Pengelola Korporasi Cheddi Jagan International Airport (CJIA)
Lokasi Georgetown, Guyana, Guyana
Ketinggian 29 m (95 f)
Koordinat 06°29′54″LU,058°15′14″BB
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
06/24 7.448 2.270 Aspal
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
11/29 5.002 1.525 Aspal (Rusak)

Bandar Udara Internasional Cheddi Jagan (IATA: GEOICAO: SYCJ), sebelumnya bernama Bandar Udara Internasional Timehri, adalah bandar udara nasional utama dari Guyana. Bandara ini berada di tepian kanan dari Sungai Demerara di kota Timehri, 41 kilometer (25 mil) selatan ibukota Guyana, Georgetown.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat memiliki hak untuk menempatkan fasilitas militer di Guyana Inggris sebagai bagian dari Kapal Perusak untuk Perjanjian Pangkalan dengan Britania Raya tahun 1941. Pada 14 Juni 1941, tentara Angkatan Darat Amerika Serikat pertama tiba untuk melakukan survey tanah untuk lapangan terbang pesawat pembom di dekat Georgetown.

Lapangan Atkinson dibangun 28 mil (45 km) dari Georgetown di tanah seluas 68 acre (280,000 ) yang sebelumnya dikenal sebagai Hyde Park, di Sungai Demerara. Hutan kemudian dibersihkan dan bukit diratakan dan landasan pacu beton panjang dibangun. Pada 20 Juni 1941 lapangan terbang secara resmi dibuka dengan pengaktifan stasiun cuaca. Stasiun ini dinamakan sesuai dengan nama Letnan Kolonel Bert M. Atkinson, seorang penerbang Layanan Udara Angkatan Darat Amerika Serikat pada Perang Dunia I. Kolonel Atkinson adalah komandan Wing Pemburu Ke-1 di palagan barat tahun 1918. Kolonel Atkinson pensiun dari angkatan darat tahun 1922 setelah karier yang cemerlang dan meninggal pada 27 April 1937.

Misi dari stasiun ini adalah untuk mempertahankan koloni melawan U-Boat Nazi. Lapangan terbang ini juga menjadi titik perhentian utama bagi pesawat Amerika untuk menyeberangi Samudera Atlantik menuju Palagan Eropa melalui rute transport Atlantik Selatan. Juga pesawat yang dijual ke Inggris oleh Amerika Serikat diterbangkan menuju Atkinson dimana mereka akan didaratkan dan dikapalkan menuju Afrika Utara. Dengan penemuan deposit bauksit di timur laut Brazil tahun 1943, misi dari lapangan terbang ini diperluas untuk melindungi garis pantai dari Amerika Selatan Barat Laut dan mencegah setiap usaha pendaratan kapal selam blok poros di benua ini.

Unit Layanan Udara Angkatan Darat Amerika Serikat yang ditugaskan di lapangan Atkinson adalah Skadron Pembom Ke-430 (Grup Pembom Ke-9) dari 4 November 1941 - 31 October 1942 dan menerbangkan sorti anti kapal selam dengan pembom Douglas B-18. 430 digantikan oleh sebuah dentasemen dari Skadron Pembom Ke-35 (Grup Pembom Ke-25) dari 1 November 1942 - 7 October 1943. Setelah deteksi aktivitas U-Boat diambil oleh Angkatan Laut Amerika Serikat, Skadron Pengintai Ke-91 (Grup Pengintai Ke-344) ditugaskan ke lapangan terbang pada tahun 1944 dan 1945 menerbangkan F-10 yang merupakan versi foro udara dari pembom B-25 Mitchell dalam berbagai misi pemetaan.

Pada akhir perang, Lapangan Atkinson dikurangi dalam hal kerangka staff. Fasilitas ini dibuka untuk semua perjalanan udara, termasuk penerbangan udara komersial pada 1 Oktober 1946. Lapangan terbang militer dirancang ulang menjadi Pangkalan Angkatan Udara Atkinson pada 26 Maret 1948, oleh Perintah Umum Departemen Angkatan Udara Nomor 10. Pangkalan ini diperintahkan untuk ditutup pada 31 Juli 1949 karena pemotongan anggaran. Kader militer terakhir adalah 3 perwira dan 25 prajurit saat penutupan, dan pangkalan secara resmi diambil alih oleh otoritas Britania pada 1 Agustus.

Bangunan terminal modern dibangun pada 15 Maret 1952. Ketika bangunan baru dihancurkan oleh api pada 5 Agustus 1959 terminal tua direnovasi dan digunakan lagi hingga bagunan yang hancur diganti.

Penyewaan fasilitas ini oleh Amerika Serikat secara resmi dihentikan pada 26 Mei 1966 (Hari Kemerdekaan Guyana). Karena penyewaan dihentikan 74 tahun sebelum jatuh tempo, sebuah perjanjian baru dibuat untuk memberikan hak khusus untuk Amerika Serikat dalam hubungan dengan pangkalan udara untuk 17 tahun berikutnya.

Tahun 1965 dan 1968 penambahan dilakukan pada fasilitas bandara. Pada 1 Mei 1969, fasilitas udara Atkinson diganti namanya menjadi Bandar Udara Internasional Timehri - "Timehri" adalah istilah Karibia untuk pola batuan yang berlokasi di pinggiran sungai Guyana yang ada sebelum kedatangan bangsa Eropa ke dunia baru. Bandara ini memiliki lukisan dinding dengan motif Amerindian yang dibuat oleh pelukis Guyana Aubrey Williams.

Pada Maret 1997, setelah kematian presiden Dr. Cheddi Jagan, presiden berikutnya Samuel Hinds memutuskan mengganti nama bandaranya menjadi Bandar Udara Internasional Cheddi Jagan. Rencana untuk mengganti nama bandara ini diumumkan pada sidang paripurna parlemen oleh Menteri Urusan Amerindian, Vibert De Souza, yang menyatakan bahwa ini merupakan penghargaan yang sesuai terhadap seorang manusia yang menghabiskan hidupnya dengan komitmen untuk memperbaiki kehidupan orang Amerindian dan berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan semua warga Guyana. Sebuah plakat dengan nama baru diresmikan pada 21 Mei 1997 oleh Perdana Menteri, Janet Jagan.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Caribbean Airlines New York-JFK, Miami, Port of Spain
Delta Air Lines New York-JFK
LIAT Barbados, Port of Spain
Meta Transportes Aéreos Belém, Boa Vista, Paramaribo-Zanderij
REDjet Barbados
Roraima Airways Georgetown-Ogle, Kaieteur, Lethem, Matthews Ridge, Orinduik, Port Kaituma
Surinam Airways Curaçao, Miami, Paramaribo-Zanderij

Maskapai kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
ABX Air Port of Spain
Amerijet Santiago de los Caballeros, Santo Domingo

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Bandara ini berada pada ketinggian 95 kaki (29 m) di atas pemukaan laut. Bandara ini memiliki dua landasan pacu yang diperkeras dengan aspal: 06/24 sepanjang 7.448 x 148 feet (2.270 × 45 m) dan 11/29 sepanjang 5.002 by 148 feet (1.525 × 45 m).

Terminal saat ini memiliki 6 gerbang di lantai dasar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]