Bandar Udara Internasional Alfredo Vásquez Cobo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport

Bandar Udara Internasional Alfredo Vásquez Cobo (bahasa Spanyol: Aeropuerto Internacional Alfredo Vásquez Cobo)[1] (IATA: LETICAO: SKLT) adalah bandara yang melayani kota Leticia, ibukota dari Departemen Amazonas di Kolombia.

Bandara ini merupakan yang terbesar di bagian selatan negara ini, berlokasi di Departemen Amazonas dan berada di bagian paling selatan di negara ini. Vásquez Cobo adalah gerbang untuk wilayah hutan Kolombia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hubungan udara antara Bogota dan Leticia dan kota lain yang tidak memiliki lapangan terbang, namun berada di dekat tepi sungai besar, dilakukan dengan pesawat amfibi mulai dilakukan tahun 1948. Pada waktu tersebut pesawat yang digunakan adalah PBY Catalina, yang cukup lambat dan memiliki kapasitas rendah. Kementerian Perang melalui Departemen Penerbangan Sipil pada tahun 1950 berinisiatif untuk melakukan operasi dalam usaha membangun sebuah lapangan terbang di kota tersebut untuk dapat menerima pesawat umum.

Pada tahun 1955, Aerodrome Empresa Colombiana mulai merencanakan pembangunan bandara baru di tepi Sungai Amazon, yang meliputi juga survey mendalam, perancangan dan pembangunan jalan, awal konstruksi dengan melakukan pengeringan bendungan yang sudah ada, dan penebangan pohon hutan menggunakan perlengkapan yang diimport langsung dari New York. Karena di daerah tersebut tidak terdapat pelabuhan, rakit kayu digunakan untuk menurunkan mesin dari kapal barang menuju daratan.

Salah satu bangunan yang dibagun adalah terminal. Arsitektur bangunan terminal sangat mengutamakan fungsi dan dirancang untuk mempermudah proses kedatangan dan keberangkatan penumpang. Bandara ini memiliki ruang tunggu, kantor maskapai, retoran, dan kamar mandi. Pada waktu itu juga digunakan rancangan kaca terbaru untuk mempercantik bangunan.

Bandar Udara Internasional Aeronautical Leticia dilengkapi dengan stasiun VOR, pemancar sinyal radio LW, sistem komunikasi penerbangan, pengukur jarak DME, perlengkapan VASI untuk mengukur sudut pendaratan menuju bandara, sebuah pembangkit listrik, dan sistem pencahayaan landasan pacu untuk operasi malam hari.

Pembangunan bandara internasional di Leticia menghabiskan dana pemerintah pusat sebesar $ 87 juta peso untuk seluruh pengerjaan dan diresmikan oleh Presiden Misael Pastrana pada tahun 1974 dan diresmikan dengan nama "Alfredo Vasquez Cobo" untuk menghormati Jenderal Republik, yang bertempur dan berhasil mempertahankan kedaulatan nasional terhadap hutan hujan Amazon saat konflik dengan Peru.

Avianca segera memulai layanan berjadwal dengan sebuah Boeing 727, diikuti dengan layanan menggunakan pesawat Aerotal Caravelle. SAM kemudian memulai penerbangan menggunakan pesawat Lockheed Electra untuk rute dari Bogota dan Cali dengan penerbangan internasional dari Leticia menuju Manaus.

Sampai saat ini, pemimpin pasar di Amazon adalah AeroRepública Embraer 190 dengan perlengkapan modern dan layanan berjadwal setiap hari. Satena juga hadir di Leticia. Bandara Leticia Vasquez Cobo berada di peringkat 24 dari semua bandara utama di Kolombia dan pada tahun 2008 menggerakkan total 93 000 penumpang. Aires adalah maskapai terbaru yang beroperasi reguler dari Leticia menggunakan Boeing 737-700 dan mengharapkan dengan kapasitas yang baru dengan harga yang terjangkau dapat meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan internasional. Potensi ekoturisme di wilayah ini sedang meledak dan diharapkan terus melanjutkan pertumbuhan untuk keuntungan ibukota dan kota lain di departemennya.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Aires Bogotá
AviaSelva Musiman: Iquitos, Pucallpa
Copa Airlines Colombia Bogotá
Satena Araracuara, Bogotá, La Chorrera, La Pedrera, Tarapacá

Kecelakaan[sunting | sunting sumber]

  • Pada 19 November 2006, sebuah AeroSucre Boeing 727 jatuh saat mendarat dalam cuaca buruk dan kabut dan menabrak lampu pendaratan dan menara antena. Seluruk 5 awak tewas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Spanyol) Aeródromos Internacionales. Unidad Administrativa Especial de Aeronáutica Civil (UAEAC). Accessed 16 October 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]