Bandar Udara Ciampino Roma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Ciampino Roma
Aeroporto di Roma-Ciampino
Roma Ciampino.jpg
IATA: CIAICAO: LIRA
Ikhtisar
Jenis bandara Militer/Publik
Pengelola Aeroporti di Roma SpA
Melayani Roma
Lokasi Ciampino
Penghubung untuk
Ketinggian DPML 427 ft / 130 m
Koordinat 41°47′58″LU 012°35′50″BT / 41,79944°LU 12,59722°BT / 41.79944; 12.59722 (Rome Ciampino Airport)Koordinat: 41°47′58″LU 012°35′50″BT / 41,79944°LU 12,59722°BT / 41.79944; 12.59722 (Rome Ciampino Airport)
Situs web www.adr.it
Peta
CIA is located in Italia
CIA
Lokasi bandar udara di Italia
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
m ft
15/33 2.208 7.244 Aspal
Sumber: AIP Italia pada EUROCONTROL[1]

Bandar Udara Ciampino Roma (bahasa Italia: Aeroporto di Roma-Ciampino) atau Bandara Giovan Battista Pastine (IATA: CIAICAO: LIRA) adalah sebuah bandara sipil, komersial dan militer yang terletak dekat Roma, Italia. Bandara ini dulunya adalah sebuah pangkalan udara militer yang kemudian dibuka oleh pemerintah Italia untuk lalu lintas udara komersial dengan pelayanan Ryanair dan Wizz Air. Bandara Ciampino Roma menjadi alternatif yang populer untuk Bandara Internasional Leonardo da Vinci yang sangat padat.

Maskapai dan tujuan[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Ryanair Alghero, Barcelona, Bari, Billund, Beauvais, Bergamo, Bordeaux, Bratislava, Brindisi, Brussel-Charleroi Selatan, Budapest, Cagliari, Chania, Dublin, East Midlands, Edinburgh, Eindhoven, Glasgow-Prestwick, Gothenburg-City, Hahn, Ibiza, Karlsruhe/Baden-Baden, Krakow, Leipzig/Halle, London-Stansted, Madrid, Manchester, Marrakech, Marseille, Memmingen, Oslo-Rygge, Palma de Mallorca, Porto, Poznań, Santander, Seville, Stockholm-Skavsta, Tampere, Thessaloniki, Trapani, Valencia, Vilnius, Warsaw-Modlin, Weeze, Wroclaw
Musiman: Paphos, Preveza
Wizz Air Bucharest-Henri Coanda, Katowice

Transportasi darat[sunting | sunting sumber]

  • COTRAL/Schiaffini [1] mengoperasikan bus dari luar gedung terminal ke stasiun angkutan cepat (kereta bawah tanah) Anagnina, dengan tarif €1. Harga tiket angkutan cepat ke Roma €1.
  • Ada pula bus-bus dengan tarif yang sama ke Stasiun kereta api lokal Ciampino; dari sini tarif kereta api ke stasiun Termini Roma adalah €2. Tiket kereta api harus dibeli dari agen koran dan dicap sebelum naik ke kereta. Kedua rute bus routes beroperasi kira-kira setiap jam atau 30 menit selama jam kerja di Italia (pk. 8-12 dan 16-20), dan penumpang harus memperhitungkan sekurang-kurangnya 45 menit lama perjalanan untuk kedua rute p.p. Kereta Italia terkenal sering terlambat dan metronya bisa padat sekali.
  • Schiaffini juga memberikan pelayanan bus langsung ke stasiun Termini dengan tarif €5 sekali jalan, yang lamanya 40 menit, tetapi busnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Terravision (lihat bawah). Bus-bus ini tidak disebutkan di situs bandara, namun dapat ditemukan dalam situs Schiaffini sendiri.
  • Terravision [2] melayani angkutan bus langsung ke Termini. Tiket sekali jalan adalah €8 atau pulang-pergi €13.50, yang membutuhkan 40 menit (sekitar 20 pelayanan sehari). Meskipun disebutkan di sini waktu untuk menumpang bus untuk mengambil penerbangan berikutnya, penumpang yang kembali dari Termini diminta naik ke bus 2,5 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat mereka. Terravision juga menawarkan pelayanan bus dari bandara Fiumicino ke Termini, dan bus transfer antara kedua bandara.
  • Harga yang disebutkan dalam tumpangan taxi ke Termini bisa mencapai €80 meskipun harga yang adil mestinya sekitar €35-40. Penumpang harus selalu menawar keseluruhan harga termasuk tambahan bagasi (tutto inclusivo) sebelum naik ke taksi!
  • Penyewaan mobil tersedia di terminal bandara dari berbagai perusahaan yang biasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]