Bandar Udara Barra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandar Udara Barra
Informasi
JenisPublik
PengelolaHighlands and Islands Airports Limited
LokasiBarra, Skotlandia
Zona waktuGMT
Koordinat{{{coordinates}}}

Bandar Udara Barra (IATA: BRRICAO: EGPR) (juga disebut sebagai Bandar Udara Barra Eoligary) merupakan sebuah STOLport yang terletak di pantai Traigh Mhor di ujung utara pulau Barra di Hebrida Luar, Skotlandia. Bandar udara ini sangatlah unik - karena merupakan satu-satunya bandar udara di dunia di mana penerbangan terjadwal mendarat di pantai. Bandar udara ini dioperasikan oleh Highlands and Islands Airports Limited yang mengelola beberapa bandar udara regional di Skotlandia dan pulau lainnya.

Pantai ini memiliki tiga landasan pacu yang ditandai dengan palang kayu di ujungnya. Ini membolehkan pesawat Twin Otter yang melayani bandar udara dapat mendarat sesuai arah angin. Pada saat gelombang pasang, landasan pacu tersebut berada di bawah air - jadwal penerbangan sangat tergantung dengan gelombang pasang. Penerbangan darurat juga dioperasikan pada malam hari dari bandar udara ini, dengan lampu kendaraan yang menandai garis tengah landasan di pantai.

Aerodrome Barra memiliki sebuah CAA Ordinary Licence (Nomor P792) yang membolehkan penerbangan untuk pengangkutan publik atau untuk intruksi penerbangan sesuai yang disetujui oleh pembuat lisensi (Highlands and Islands Airports Limited). Aerodrome ini tidak diberi lisensi untuk pengoperasian pada malam hari.[1]

Maskapai Penerbangan dan Kota Tujuan[sunting | sunting sumber]

Gambar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Civil Aviation Authority Aerodrome Ordinary Licences" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2009-03-27. Diakses tanggal 2007-09-09. 
  • United Kingdom AIP

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Times subject to Tides - The Story of Barra Airport, Roy Calderwood, Kea Publishing 1999 ISBN 978-0-9518958-3-2