Banaran, Grabag, Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Banaran
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Magelang
Kecamatan Grabag
Kodepos 56196
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Banaran adalah desa di kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini dibagi lagi dalam sepuluh dusun (sebagian orang menyebutnya dukuh); yaitu: Semampiran, Sorobayan, Banaran, Legetan, Posong, Ngaglik, Ngandong, Duren Sawit, Pendem, dan Gabahan.

Sebagian Dusun di atas masih terus melestarikan kesenian tradisional masing-masing yang sudah mengakar dari nenek moyang dan umumnya berupa tarian; dusun Semampiran terkenal dengan "cakalele" dan "kuntulan"nya, dusun Banaran masih eksis dengan "Kobro Siswo"nya, dusun Posong dengan "Soreng"nya; juga tak kalah dusun Legetan dengan "kuda lumping" dan "reog"nya.

Pertumbuhan Ekonomi di Desa ini masih kurang signifikan, mayoritas penduduknya adalah Petani dan Peternak(± 95%). Angka keluarga kurang mampu masih tinggi. Minimnya lapangan kerja menjadikan tenaga muda desa ini lebih banyak terseret arus urbanisasi.

Dari segi pendidikan, di Desa Banaran telah tersedia dua SD Negeri, satu Madrasah Ibtidaiyyah, dan satu Madrasah Tsanawiyah. Pendidikan yang lebih berkembang mencolok justru terlihat dari pendidikan Agama. Di Desa Banaran (tepatnya Dusun Ngandong), terdapat Pondok Pesantren Raudhatuth Thalibin yang telah berperan banyak mendidik masyarakat Banaran dan sekitarnya.