Banana Republic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Banana Republic
Jenis Anak Perusahaan dari GAP
Industri Ritel
Didirikan 1969, Mill Valley, California
Kantor pusat San Francisco, California
Tokoh penting Mel Ziegler, Patricia Ziegler (pendiri)
Produk Pakaian and asesoris
Pendapatan 2,4 bilyun AS$
(2004, untuk divisi Banana Republic)
Karyawan 152.000 orang (total pegawai GAP)
Situs web www.bananarepublic.com

Banana Republic adalah sebuah unit toko pakaian yang menjual pakaian mewah. Banana Republic dimiliki oleh Gap Incorporated, sebuah perusahaan yang juga mengoperasikan unit toko pakaian GAP, Old Navy dan Forth & Towne, serta toko melalui Internet, Piperlime.

Pendiri[sunting | sunting sumber]

Banana Republic aslinya didirikan oleh Mel dan Patricia Ziegler pada tahun 1978. Toko mereka pada mulanya adalah sebuah toko baju berlantai dua yang menjual pakaian bertemakan safari (penjelajahan di hutan-hutan Afrika dan Asia) dan pelesir. Mayoritas penjualan mereka didapatkan dari katalog mereka yang eksentrik, yang menyajikan barang-barang kelas atas dan unik dengan dibumbui cerita-cerita fiksi yang panjang lebar dari lokasi-lokasi eksotis. Mereka juga menjual barang-barang yang diproduksi massal dengan penyajian yang sama. Perusahaan ini bersaing secara langsung dengan katalog J. Peterman, katalog yang menjadi bahan sindiran di sinetron komedi Seinfeld.

Bersamaan dengan meluasnya operasi dari perusahaan ini, Banana Republic menjadi terkenal dengan tema dekorasi toko-tokonya, yang seringkali menampilan barang-barang otentik seperti Jeep dan daun-daunan asli, dan dilengkapi dengan elemen atmosfer seperti kabut dan asap buatan.

Pengambilalihan oleh Gap Incorporated[sunting | sunting sumber]

Gap Incorporated membeli Banana Republic pada tahun 1983, yang kemudian mengarahkan operasinya menjadi toko-toko penjual pakaian mewah. Produk-produk eksentrik yang biasanya untuk para turis dihilangkan secara berkala dan digantikan dengan barang-barang "mewah tapi santai" seperti yang dikenal saat ini. Pada suatu masa, Banana Republic 'memangsa' pelanggan-pelanggan produk Gap. Untuk memisahkan dirinya dari Gap sebagai penjual barang-barang yang lebih untuk kelas atas, Banana Republic kadang-kadang membeli dan merenovasi bangunan-bangunan bersejarah untuk toko-tokonya.

Produk[sunting | sunting sumber]

Beberapa elemen dari iklan dan promosi perusahaan di masa lalu digunakan ke dalam rancangan pakaian santai terbaru. Banana Republic menawarkan pakaian untuk pria dan wanita. Khusus untuk wanita, perusahaan ini menawarkan pakaian dengan ukuran normal (regular) dan kecil (petite). Beberapa toko khusus pakaian pria juga telah mengikuti model ukuran tersebut.

Hingga hari ini, Banana Republic telah mengoperasikan lebih dari 400 toko di Amerika Serikat (termasuk Puerto Rico), dan 24 toko di Kanada. Dua toko lagi juga baru-baru ini dibuka di Tokyo, Jepang. Pada bulan Januari 2007, Banana Republic mengumumkan akan membuka toko-toko mereka di Korea Selatan dan Inggris. Perjanjian waralaba juga telah ditanda tangani di Malaysia, Singapura dan Uni Emirat Arab.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]