Bambularangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bambularangan adalah sebuah perkampungan yang terdiri dari dua rukun warga yakni RW 09 dan RW 05. Bambularangan berada di dua kelurahan yang berbeda, yaitu Pegadungan, Kecamatan Kalideres, dan Cengkareng Barat kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Secara geografis letaknya 106 42' 51" derajat bujur barat dan 6 8' 12" derajat lintang selatan, Bambularangan berbatasan langsung dengan Pinggirawa di sebalah Barat, Menceng dan Pulo di sebelah Utara, Utan Jati di sebelah Selatan, serta Kampung Malang di sebelah Timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bambularangan adalah perkampungan tertua menurut catatan sejarah yang ada. Kampung Bambularangan dibangun tahun 1889, setahun setelah peristiwa pemberontakan petani asal Banten berhasil dipadamkan oleh Belanda dengan terbunuhnya pemimpin gerakan tersebut yaitu H. Wasid, di tikungan cemara di Cilegon, Banten. Setelah meredam pemberontakan, Belanda melanjutkan penangkapan orang-orang yang dianggap terlibat, mereka yang tertangkap biasanya dibunuh atau diasingkan ke wilayah terpencil di Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]