Bali Orti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bali Orti (artinya Kabar Bali) adalah sisipan berbahasa Bali dalam Bali Post edisi Minggu yang mulai terbit sejak 20 Agustus 2006.

Gagasan pembuatan sisipan ini lahir dalam sarasehan bahasa dan sastera Bali di Taman Budaya Denpasar di awal 2006. Dengan adanya Bali Orti, para sastrawan Bali mempunyai tempat untuk menerbitkan karyanya.

Sebenarnya Bali Post pernah membuka rubrik sastra Bali, Sabha Sastra Bali, tapi hanya satu halaman setiap pekan dan berlangsung hanya dua tahun (1969-1971). Setelah Sabha Sastra Bali berhenti, para sastrawan Bali menampilkan karyanya dalam majalah Kulkul, Buratwangi dan Canang Sari. Kulkul terbit hanya sebentar dan dua media lain sirkulasinya terbatas. Hal ini berbeda dengan Bali Orti, yang karena menumpang dalam Bali Post, sehingga dapat tersebar ke seluruh Bali.

Bali Orti dikelola oleh A. Mas Ruscitadewi dan Wayan Juniartha, yang pernah mengelola Kulkul, ditambah dengan I Nyoman Manda, Made Made Adnyana, I Made Sujaya, Wayan Suardiana, Gede Tapayasa dan Ni Made Ari Dwijayanthi.

Bali Orti besar jasanya dalam mengembangkan sastra modern Bali. Banyak pengarang lama yang aktif menulis di dalamnya, seperti Gde Dharma, Samar Gantang dan Tusthi Eddy. Para pengarang muda juga bermunculan, seperti Widiasa Keniten dan I Made Sugianto. Sajak dan cerita pendek yang dimuat di sana banyak yang kemudian dibukukan.

Sebagai penghargaan kepada usaha membina dan mengembangkan bahasa dan sastera Bali, sisipan itu kemudian mendapat Hadiah Sastra Rancage pada 2011, berupa piagam dan uang Rp 5 juta.

Sumber rujukan[sunting | sunting sumber]