Balhae Akhir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Balhae Akhir (927 - 935?, 1003?, 1007?, 1114?) didirikan pada tahun 927, oleh Keluarga Kerajaan Dae. Merupakan yang pertama segera dari negara-negara penerus Balhae setelah jatuh ke tangan bangsa Khitan pada tahun 926. Balhae Akhir dipimpin oleh klan Dae, namun akhirnya diambil oleh Yeol Manhwa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Balhae Akhir memulainya sebagai suatu upaya oleh para bekas sisa Aristokrasi Balhae untuk menunjuk raja yang baru ke atas tahta Balhae dan membangkitkan kembali negara itu. Rakyat Balhae yang dikuasai segera mulai memberontak melawan bangsa Khitan dan masalah ini mulai menyimpang di luar kendali bagi Kerajaan Dongran.

Mulai tahun 927, bangsa Khitan mulai memburu dan mengeksekusi seluruh anggota keluarga kerajaan dengan harapan untuk menghancurkan kesempatan yang ada untuk menunjuk raja atau ratu yang baru yang akan naik keatas tahta Balhae. Namun, beberapa anggota dari keluarga kerajaan selamat. Di antara mereka merupakan Putra Mahkota Dae Gwang-hyeon. Putra Mahkota memimpin pengungsi Balhae, kebanyakan bekas rakyat Goguryeo, dan melarikan diri ke tetangga di bagian selatan, Goryeo, dimana Kaisar yang baru naik tahta Taejo dari Goryeo menerima mereka dengan tangan terbuka. Klan Dae, bagaimanapun juga mempersatukan kelompok perlawanan di bagian barat Sungai Amnok dan mendirikan "Balhae Akhir" di Benteng Holhan pada tahun 927.

Namun, Jenderal Yeol Manhwa merampasnya di dalam sebuah kudeta dan mendirikan Kerajaan Jeong-an pada tahun 935.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]