Balalaika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Balalaika
Balalaika
Klasifikasi

Balalaika adalah jenis alat musik tradisional dari Rusia berupa gitar yang berbentuk segitiga. Sebagian besar balalaika hanya punya 3 senar, namun ada pula yang memiliki 3 atau 4 senar. Balalaika dibuat dalam 6 ukuran, ukuran yang terbesar harus diletakkan di tanah saat dimainkan. Asal alat musik ini adalah dari suku Tartar yang tinggal di Rusia tengah dan menjadi popular mulai tahun 1700-an. Balalaika memainkan lagu-lagu rakyat Rusia dan mengiringi tarian-tarian tradsional.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Penyebutan paling awal dari kata balalaika ada di sebuah dokumen Rusia tahun 1688. Kata ini banyak digunakan di dokumen-dokumen berbahasa Ukraina pada tahun 1717-1732.

Berdasarkan sebuah teori, diperkirakan bahwa kata itu dibawa dari Ukraina ke Rusia. Dalam sastra bahasa, kata itu pertama kali muncul dalam sebuah puisi oleh V. Maikov "Elysei" tahun 1771.

Tipe[sunting | sunting sumber]

tipe-tipe balalaika berdasarkan ukurannya:

  • piccolo (langka)
  • prima
  • sekunda
  • alto
  • bass
  • contrabass

Instrumen solo yang paling umum adalah prima, yang dibunyikan E-E-A (dua senar dibawah dibunyikan dengan nada yang sama). terkadang balalaika dibunyikan dengan "gaya gitar" berbunyi G-B-D (meniru tiga senar tertinggi dari gitar rusia), membuatnya lebih mudah dimainkan oleh pemain gitar rusia, meskipun ahli balalaika bingung dengan nada ini. balalaika juga bisa dibunyikan E-A-D seperti sepupunya, domra, membuatnya lebih mudah dimainkan untuk pemain domra, dan masih memiliki suara balalaika. penadaan gaya rakyat (periode pra-Andreev) adalah D-F#-A, membuatnya lebih mudah memainkan riff tertentu

Balalaika prima bersenar enam buatan pabrik dengan 3 set course ganda juga umum dan populer, terutama di Ukraina. Instrumen ini memiliki 3 course ganda yang mirip seperti pada mandolin dan menggunakan penadaan "gitar". Balalaika alto bersenar empat juga ditemui dan dimainkan di paduan suara rakyat Piatnistky.

Balalaika piccolo, prima dan sekunda biasanya dibunyikan dengan tali dari usus binatang dengan senar nada tertinggi terbuat dari stainless steel. tapi sekarang senar nilon juga biasa digunakan.

Teknik memainkan[sunting | sunting sumber]

Hal penting dalam teknik balalaika adalah penggunaan ibu jari tangan kiri untuk memainkan nada pada senar-senar bawah, terutama pada balalaika prima, yang digunakan untuk membentuk akord. Sisi jari telunjuk tangan kanan digunakan untuk membunyikan nada di balalaika prima, ketika plektrum digunakan untuk balalaika yang lebih besar. Orang bisa memainkan balalaika prima dengan sebuah plektrum, tapi terkesan "murtad" untuk melakukannya.

Disebabkan oleh ukuran raksasa dari senar balalaika contrabass, tidak aneh untuk menggunakan plektrum dari sepatu kulit atau tumit sepatu bot. Balalaika bass dan contrabass bertumpu di tanah di atas sebuah penyangga kayu atau besi yang dibor ke salah satu sudutnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]