Balai Peringatan Sun Yat Sen Nanyang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sun Yat Sen Nanyang Memorial Hall
Peta
DidirikanNovember 2001
LokasiBalestier, Singapura
Ukuran koleksiArtefak-artefak dari Revolusi Xinhai dan kehidupan Sun Yat-sen
Situs webSitus web resmi
Balai Peringatan Sun Yat Sen Nanyang

Balai Peringatan Sun Yat Sen Nanyang (Hanzi sederhana: 孙中山南洋纪念馆; Hanzi tradisional: 孫中山南洋紀念館; Pinyin: Sūn Zhōngshān Nányáng Jìniàn Guǎn), yang juga dikenal dengan sebutan Wan Qing Yuan (Hanzi sederhana: 晚晴园; Hanzi tradisional: 晚晴園; Pinyin: Wǎn Qíng Yuán), dan awalnya sebagai Vila Sun Yat Sen (Hanzi sederhana: 孙中山故居; Hanzi tradisional: 孫中山故居; Pinyin: Sūn Zhōngshān Gùjū), adalah sebuah vila bergaya kolonial dua lantai di Balestier, Singapura. Vila tersebut sekarang menjadi sebuah museum untuk mengenang Sun Yat-sen, bapak pendiri Republik China, yang mengunjungi Singapura sebanyak sembilan kali antara 1900 dan 1911.

Terletak di 12 Tai Gin Road di Balestier, vila tersebut meliputi wilayah sekitar 3,120 meter persegi dan memainkan peran penting dalam Revolusi Xinhai 1911 dengan dijadikan sebagai basis Tongmenghui di Nanyang (Asia Tenggara) pada awal abad ke-20.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Vila tersebut dirancang pada 1900 dan dibangun pada 1901 oleh seorang pengusaha yang bernama Boey Chuan Poh, dan dinamai Bin Chan House, sebuah nama yang juga ia berikan untuk sebuah tempat balapan kuda yang ia miliki. Rumah tersebut dijual pada 1902 kepada Lim Ah Liang.[1] Bangunan tersebut dibangun dengan gaya kolonial klasik dan menampilkan ornamen-ornamen yang ditampilkan pada jendela-jendelanya dan dinding-dindingnya

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Tontonan wisatawan utama di Singapura