Baka to Test to Shoukanjuu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Baka to Test to Shoukanjuu
BakatoTesttoShokanju vol01 Cover.jpg
Sampul Baka to Test to Shoukanjuu Volume 1
バカとテストと召喚獣
(Baka to Tesuto to Shōkanjū)
Genre Komedi romantis
Fantasi
Kehidupan sekolah
Slice of life
Novel ringan
Pengarang Kenji Inoue
Ilustrator Yui Haga
Penerbit Enterbrain
Imprint Famitsu Bunko
Tanggal terbit 29 Januari 200730 November 2013
Volume 12 + 5 volume spesial
Manga
Pengarang Mosuke Mattaku
Penerbit Kadokawa Shoten
Demografi Shōnen
Majalah Shōnen Ace
Tanggal terbit 25 April 2009 – sekarang
Volume 10[1]
Seri anime TV
Sutradara Shin Ōnuma
Studio Silver Link
Jaringan TV Tokyo
Tayang perdana 7 Januari 201031 Maret 2010
Episode 13
Original video animation
Baka to Test to Shōkanjū: Matsuri
Sutradara Shin Ōnuma
Studio Silver Link
Rilis 23 Februari 201123 Maret 2011
Episode 2
Seri anime TV
Baka to Test to Shōkanjū: Ni!
Sutradara Shin Ōnuma
Studio Silver Link
Jaringan TV Tokyo
Tayang perdana 8 Juli 201130 September 2011
Episode 13
Permainan
Baka to Test to Shōkanjū Portable
Pengembang Kadokawa Games
Genre Board/Adventure
Platform PlayStation Portable
Rilis 13 Desember 2012
Portal Anime dan Manga

Baka to Test to Shoukanjuu (バカとテストと召喚獣, Baka to Tesuto to Shōkanjū) adalah sebuah novel ringan Jepang yang dibuat oleh Kenji Inoue dan diilustrasikan oleh Haga Yui. Novel ini bercerita seputar kehidupan sekolah tokoh utamanya, Akihisa Yoshii, seorang siswa yang idiot namun baik hati bersama teman-temannya menghadapi peraturan sekolah yang diskriminatif terhadap siswa yang dianggap bodoh. Novel pertama dalam seri ini dirilis pada tanggal 29 Januari 2007. Hingga 23 November 2013 total lima belas volume telah diterbitkan. Novel ringan ini diadaptasi dalam bentuk anime dengan 13 episode yang diproduksi oleh studio Silver Link dan disutradarai oleh Shin Onuma.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Akademi Fumizuki adalah sekolah yang mengedepankan prinsip bahwa siswa yang pintar berhak mendapat fasilitas terbaik, maka dari itu sekolah tersebut dibagi menjadi 6 kelas dari kelas A hingga F. Kelas A memiliki ruangan dan fasilitas yang serba elit, sangat bertolak belakang dengan kondisi ruangan kelas F yang memprihatinkan.

Pada saat ujian pembagian kelas, seorang siswa pintar bernama Himeji Mizuki mengalami demam dan tidak dapat menyelesaikan ujiannya. Sehingga ia mendapatkan nilai nol. Akihisa Yoshii, siswa Kelas F yang idiot tidak dapat menerima bahwa Himeji ditempatkan di kelas F hanya karena sakit pada saat ujian, karena hal ini dengan seijin ketua kelas Yuuji Sakamoto, kelas F menyatakan 'perang' kepada kelas yang lebih tinggi agar dapat bertukar fasilitas dan membuktikan bahwa nilai bukanlah segalanya.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Akihisa Yoshii (吉井 明久 Yoshii Akihisa?) adalah karakter utama dalam serial ini. Akihisa merupakan satu-satunya siswa Akademi Fumizuki yang memiliki Shoukanjuu dengan kecepatan diatas rata-rata dan dapat merasakan rasa sakit yang dirasakan Shoukanjuu miliknya. Selain idiot, Akihisa juga digambarkan memiliki sifat yang agak mesum. Tipe gadis kesukaannya ialah gadis berdada besar dan memiliki rambut ponytail. Meskipun ia kurang dalam hal pelajaran, ia memiliki kakak perempuan yang merupakan alumni Universitas Harvard.
  • Minami Shimada (島田 美波 Shimada Minami?) merupakan salah satu siswa kelas F di Akademi Fumizaki. Minami tinggal di Jerman sebelum masuk ke Akademi Fumizuki. Karena hal tersebut, ia tidak dapat membaca huruf kanji Jepang sehingga dirinya terlempar ke kelas F. Meski begitu ia memiliki nilai matematika yang setara dengan siswa kelas B karena dalam pelajaran matematika soal dituliskan dalam bentuk angka bukan huruf kanji. Minami menyukai Akihisa meskipun ia sendiri tidak pernah memperlihatkan perasaannya secara langsung.
  • Mizuki Himeji (姫路 瑞希 Himeji Mizuki?) merupakan siswa yang pingsan pada saat ujian pembagian kelas, sehingga nilai ujiannya dianggap 0 dan dimasukkan ke kelas F. Meskipun berada di kelas F, kemampuan akademik Himeji setara dengan siswa kelas A, hal ini menjadikannya kartu truf kelas F dalam perang ESB. Ia senang berada di kelas F, selain karena suasana dan siswa-siswa kelas F yang baik padanya, Mizuki juga menyukai Akihisa meskipun ia tidak berani mengungkapkannya.
  • Yūji Sakamoto (坂本 雄二 Sakamoto Yūji?) merupakan ketua kelas F dan ahli strategi utama. Yūji menyatakan keinginannya untuk mengalahkan kelas A karena ia ingin membuktikan bahwa nilai bukan segalanya di dunia ini. Awalnya ia memang digambarkan memiliki nilai yang rendah, namun seiring waktu berjalan nilai-nilai Yuuji pada mata pelajaran tertentu naik drastis.
  • Hideyoshi Kinoshita (木下 秀吉 Kinoshita Hideyoshi?) merupakan salah satu siswa kelas F. Hideyoshi memiliki saudari kembar di kelas A yang bernama Yuko Kinoshita. Meskipun kembar, kemampuan akademik Hideyoshi dan Yuko sangat berbeda. Hideyoshi yang berparas mirip perempuan ini terkadang mengalami kesulitan ketika hendak memasuki kamar mandi, dimana ia selalu dilarang untuk menggunakan kamar mandi laki-laki namun ia tidak ingin menggunakan kamar mandi perempuan. Kemampuan tempur ESB Hideyoshi bisa dikatakan biasa-biasa saja.
  • Kōta Tsuchiya (土屋 康太 Tsuchiya Kōta?) merupakan siswa kelas F yang memiliki julukan "Musturini". Hal ini berdasarkan sifatnya yang mesum. Panggilan ninja juga disematkan pada Kōta karena ia dapat muncul dan menghilang dimana saja secara cepat dan memiliki kamera pengawas yang dipasang diseluruh bagian akademi untuk memantau gadis-gadis di Akademi Fumizuki. Nilai akademik Kōta secara keseluruhan memang rendah, namun nilai pelajaran kesehatan Kouta merupakan yang terbaik diseluruh Akademi Fumizuki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "バカとテストと召喚獣 (10) (カドカワコミックス・エース)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses 25 Januari 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]