Baka to Test to Shōkanjū

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baka to Test to Shōkanjū
バカとテストと召喚獣
(Baka to Tesuto to Shōkanjū)
GenreKomedi romantis, Fantasi, Kehidupan sekolah, Slice of life
Novel ringan
PengarangKenji Inoue
IlustratorYui Haga
PenerbitEnterbrain
Terbit29 Januari 200730 Maret 2015
Volume12 + 6 volume spesial
Manga
PengarangMosuke Mattaku
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahShōnen Ace
DemografiShōnen
Terbit25 April 2009 – sekarang
Volume12[1]
Manga
バカとテストと召喚獣 SPINOUT! それが僕らの日常。
Pengarangnamo
PenerbitEnterbrain
MajalahFamitsu Comic Clear
DemografiShōnen
Terbit30 Oktober 200912 Agustus 2012
Volume6
Seri anime
SutradaraShin Ōnuma
StudioSilver Link
Pelisensi
Madman Entertainment
Funimation
Manga Entertainment
Saluran
asli
TV Tokyo
Saluran bahasa Inggris
Animax Asia
Funimation Channel
Tayang 7 Januari 2010 31 Maret 2010
Episode13
Video animasi orisinal
Baka to Test to Shōkanjū: Matsuri
SutradaraShin Ōnuma
StudioSilver Link
Pelisensi
Madman Entertainment
Funimation
Manga Entertainment
Tayang 23 Februari 2011 23 Maret 2011
Episode2
Seri anime
Baka to Test to Shōkanjū: Ni!
SutradaraShin Ōnuma
StudioSilver Link
Pelisensi
Madman Entertainment
Funimation
Manga Entertainment
Saluran
asli
TV Tokyo
Saluran bahasa Inggris
Animax Asia
Funimation Channel
Tayang 8 Juli 2011 30 September 2011
Episode13
Permainan
Baka to Test to Shōkanjū Portable
PengembangKadokawa Games
GenreBoard/Adventure
PlatformPlayStation Portable
Rilis13 Desember 2012
 Portal anime dan manga

Baka to Test to Shoukanjuu (バカとテストと召喚獣, Baka to Tesuto to Shōkanjū), dikenal juga sebagai Baka and Test: Summon the Beasts, adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang dibuat oleh Kenji Inoue dan diilustrasikan oleh Yui Haga. Novel ini bercerita seputar kehidupan sekolah tokoh utamanya, Akihisa Yoshii, seorang siswa yang idiot namun baik hati bersama teman-temannya menghadapi peraturan sekolah yang diskriminatif terhadap siswa yang dianggap bodoh. Novel pertama dalam seri ini dirilis pada tanggal 29 Januari 2007. Hingga 23 November 2013 total lima belas volume telah diterbitkan. Novel ringan ini diadaptasi dalam bentuk anime dengan 13 episode yang diproduksi oleh studio Silver Link dan didireksi oleh Shin Onuma.

Plot[sunting | sunting sumber]

Akademi Fumizuki adalah sekolah yang mengedepankan prinsip bahwa siswa yang pintar berhak mendapat fasilitas terbaik, maka dari itu sekolah tersebut dibagi menjadi 6 kelas dari kelas A hingga F. Kelas A memiliki ruangan dan fasilitas yang serba elit, sangat bertolak belakang dengan kondisi ruangan kelas F yang memprihatinkan.

Pada saat ujian pembagian kelas, seorang siswa pintar bernama Himeji Mizuki mengalami demam dan tidak dapat menyelesaikan ujiannya. Sehingga ia mendapatkan nilai nol. Akihisa Yoshii, siswa Kelas F yang idiot tidak dapat menerima bahwa Himeji ditempatkan di kelas F hanya karena sakit pada saat ujian, karena hal ini dengan seijin ketua kelas Yuuji Sakamoto, kelas F menyatakan 'perang' kepada kelas yang lebih tinggi agar dapat bertukar fasilitas dan membuktikan bahwa nilai bukanlah segalanya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Akihisa Yoshii (吉井 明久, Yoshii Akihisa)
Pengisi suara: Hiro Shimono
Akihisa adalah karakter utama dalam serial ini. Akihisa merupakan satu-satunya siswa Akademi Fumizuki yang memiliki Shoukanjuu dengan kecepatan diatas rata-rata dan dapat merasakan rasa sakit yang dirasakan Shoukanjuu miliknya. Selain idiot, Akihisa juga digambarkan memiliki sifat yang agak mesum. Tipe gadis kesukaannya ialah gadis berdada besar dan memiliki rambut ponytail. Meskipun ia kurang dalam hal pelajaran, ia memiliki kakak perempuan yang merupakan alumni Universitas Harvard.
Minami Shimada (島田 美波, Shimada Minami)
Pengisi suara: Kaori Mizuhashi
Minami merupakan salah satu siswa kelas F di Akademi Fumizaki. Minami tinggal di Jerman sebelum masuk ke Akademi Fumizuki. Karena hal tersebut, ia tidak dapat membaca huruf kanji Jepang sehingga dirinya terlempar ke kelas F. Meski begitu ia memiliki nilai matematika yang setara dengan siswa kelas B karena dalam pelajaran matematika soal dituliskan dalam bentuk angka bukan huruf kanji. Minami menyukai Akihisa meskipun ia sendiri tidak pernah menunjukkan perasaannya secara langsung.
Mizuki Himeji (姫路 瑞希, Himeji Mizuki)
Pengisi suara: Hitomi Harada
Mizuki merupakan siswa yang pingsan pada saat ujian pembagian kelas, sehingga nilai ujiannya dianggap 0 dan dimasukkan ke kelas F. Meskipun berada di kelas F, kemampuan akademik Himeji setara dengan siswa kelas A, hal ini menjadikannya kartu truf kelas F dalam perang ESB. Ia senang berada di kelas F, selain karena suasana dan siswa-siswa kelas F yang baik padanya, Mizuki juga menyukai Akihisa meskipun ia tidak berani mengungkapkannya.
Yuuji Sakamoto (坂本 雄二, Sakamoto Yūji)
Pengisi suara: Tatsuhisa Suzuki
Yuuji merupakan ketua kelas F dan ahli strategi utama. Yuuji menyatakan keinginannya untuk mengalahkan kelas A karena ia ingin membuktikan bahwa nilai bukan segalanya di dunia ini. Awalnya ia memang digambarkan memiliki nilai yang rendah, tetapi seiring waktu berjalan nilai-nilai Yuuji pada mata pelajaran tertentu meningkat drastis.
Hideyoshi Kinoshita (木下 秀吉, Kinoshita Hideyoshi)
Pengisi suara: Emiri Katō
Hdeyoshi merupakan salah satu siswa kelas F. Hideyoshi memiliki saudari kembar di kelas A yang bernama Yuko Kinoshita. Meskipun kembar, kemampuan akademik Hideyoshi dan Yuko sangat berbeda. Hideyoshi yang berparas mirip perempuan ini terkadang mengalami kesulitan ketika hendak memasuki kamar mandi, dimana ia selalu dilarang untuk menggunakan kamar mandi laki-laki namun ia tidak ingin menggunakan kamar mandi perempuan. Kemampuan tempur ESB Hideyoshi bisa dikatakan biasa-biasa saja.
Kouta Tsuchiya (土屋 康太, Tsuchiya Kōta)
Pengisi suara: Kōki Miyata
Kouta merupakan siswa kelas F yang memiliki julukan "Musturini". Hal ini berdasarkan sifatnya yang mesum. Panggilan ninja juga disematkan pada Kouta karena ia dapat muncul dan menghilang dimana saja secara cepat dan memiliki kamera pengawas yang dipasang diseluruh bagian akademi untuk memantau gadis-gadis di Akademi Fumizuki. Nilai akademik Kouta secara keseluruhan memang rendah, tetapi nilai pelajaran kesehatannya merupakan yang terbaik di seluruh Akademi Fumizuki.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Terdapat 12 volume novel ringan ditambah 6 volume spesial yang dirilis di antara dua volume reguler, yaitu volume 3.5, 6.5, 7.5, 9.5, 10.5, dan 12.5.

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime dari serial ini diproduksi oleh Silver Link dan didireksi oleh Shin Ōnuma. Terdapat 13 episode yang tayang di Jepang sejak 7 Januari hingga 31 Mei 2010.[2] Pada 4 Maret 2010, Funimation Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan menayangkan dengan terjemahan bahasa Inggris dengan judul Baka and Test – Summon the Beasts. Dua episode OVA dengan judul Baka to Test to Shoukanjuu: Matsuri.[3] dirilis dalam dua volume BD/DVD: pertama pada 23 Februari 2011 dan kedua pada 30 Maret 2011. Season kedua dengan judul Baka to Test to Shoukanjuu Ni! mulai tayang di Jepang pada Juli 2011.

Season pertama memiliki 3 lagu tema: satu lagu tema pembuka dan dua lagu tema penutup. Lagu tema pembukanya adalah "Perfect-area Complete!" oleh Natsuko Aso. Lagu tema penutup pertama adalah "Baka Go Home" oleh Milktub dan BakaTest All Stars. Lagu tema penutup kedua adalah "Hare Tokidoki Egao" oleh Hitomi Harada, Kaori Mizuhashi, Emiri Katou, dan Tomomi Isomura. OVA Matsuri memiliki memiliki masing-masing satu ;agu tema pembuka dan penutup. Lagu tema pembukanya adalah "Ren'ai Kōjō Committee" (恋愛向上committee) oleh Natsuko Aso, dan lagu tema penutupnya adalah "Getsuyō wa Kirai" (月曜はキライ) oleh Milktub. Season kedua juga memiliki masing-masing satu lagu tema pembuka dan penutup. Lagu tema pembukanya adalah "Kimi+Nazo+Watashi de Jump!!" (君+謎+私でJUMP!!) oleh Larval Stage Planning. Lagu tema penutupnya adalah "Eureka Baby" (エウレカベイビー) oleh Natsuko Aso.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan video PlayStation Portable dengan judul Baka to Test to Shōkanjū Portable dirilis pada 31 Desember 2012. Permainan ini termasuk dalam genre petualangan. Terdapat 9 karakter yang dapat dipilih yaitu Akihisa, Mizuki, Minami, Yuuji, Hideyoshi, Kouta, Shōko, Yūko dan Miharu dengan alur cerita yang berbeda-beda tiap karakter.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "バカとテストと召喚獣 (10) (カドカワコミックス・エース)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 25 Januari 2014. 
  2. ^ "Baka to Test to Shōkanjū Light Novels to Be Animated (Updated)" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 11 April 2009. Diakses tanggal 18 Agustus 2009. 
  3. ^ "Baka and Test Gets New OVA Before 2nd TV Season" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 23 Agustus 2010. Diakses tanggal 16 Februari 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]