Baitul Maal Hidayatullah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) adalah lembaga dibawah organisasi massa Hidayatullah yang diberi amanah untuk mengelola dana ummat dan Alhamdulillah pada tahun 2001 BMH dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional melalui SK Menteri Agama N0.538. Sebagai bukti bahwa kepercayaan masyarakat semakin besar. Adapun sebutan Baitul Maal menggambarkan idealisme sebagaimana Baitul maal pada zaman para Khalifah, yang menjalankan fungsi pemerataan bagi masyarakat.

Kiprah BMH sebagai lembaga yang consern terhadap persoalan sosial kemasyarakatan telah dirasakan oleh masyarakat luas hampir diseluruh pelosok nusantara dengan tersalurkanya puluhan miliar rupiah. Dana tersebut terdiri dari berbagai kalangan masyarakat baik perorangan maupun kolektif (perusahaan dll).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Eksistensi Baitul Maal Hidayatullah tidak lah bisa lepas dari induknya Pesantren Hidayatullah (ormas Hidayatullah). Pesantren yang lahir dari sebuah keprihatinan yang mendalam melihat kondisi ummat yang ada.

Dengan bermodalkan tekat dan semangat yang membara tujuh anak muda yang di pimpin Ust. Abdullah Said (alm) memulai sejarah di rimba Kalimantan timur, tanpa ada dukungan yang berarti bahkan di angap gila saat itu, terus berbuat dan berkarya yang hingga akhirnya sejarah itu tercipta, Hidayatullah telah mewujud menjadi salah satu elemen anak bangsa yang terus berkembang dengan 200 jaringan yang tersebar di seantero nusantara dari sabang hingga merauke papua.

Deret kegiatan dan program telah digulirkan, dari menyantuni anak yatim, mendirikan pusat pembinaan anak sholeh (dhuafa), mendirikan lembaga pendidikan gratis hingga menyebarkan Dai ke pedalaman serta banyak lagi aktivitas ibadah sosial yang diretas.

Setiap langkah dari ibadah sosial tersebut, ada peran aktif Baitul Maal Hidayatullah dalam menyokong ragam aktivitas dan program tersebut, hingga akhirnya pemerintah memutuskan pada tahun 2001, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) resmi di kukuhkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]