Bahasa Venesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Venetian
Vèneto
Dituturkan di Veneto [1][2]
Friuli-Venezia Giulia[1][2]
Trentino [1][2]
Istria [3][4]
Jumlah penutur 2.2 juta[5]  (2003)
(Italia, Kroasia, Slovenia)
Rumpun bahasa
Indo-Eropa
Kode-kode bahasa
ISO 639-3 vec
Linguasphere 51-AAA-n

Bahasa Venesia adalah bahasa Roman yang dituturkan oleh sekitar dua juta orang[6] yang sebagian besar bermukim di Veneto, Italia. Bahasa ini juga dipahami di Trentino, Friuli, Venezia Giulia, Istria, dan beberapa kota Dalmatia, sehingga jumlah penuturnya menjadi 6–7 juta. Bahasa ini disebut vèneto atau vènet dalam bahasa Venesua, veneto dalam bahasa Italia. Varian bahasa Venesua yang dituturkan di Venesia disebut venexiàn/venesiàn atau veneziano. Meskipun disebut sebagai dialek bahasa Italia (Ven diałeto, It dialetto) bahkan oleh penuturnya, bahasa ini merupakan bahasa yang terpisah, dan bukan variasi dan tidak berasal dari bahasa Italia. Bahkan, terdapat perbedaan tata bahasa, fonetik, dan kosa kata antara kedua bahasa tersebut. Bahasa ini biasanya diklasifikasikan sebagai bahasa Roman Barat. Beberapa pengarang mengklasifikasikannya ke dalam bahasa Gallo-Italik,[7] namun oleh sebagian besar pengarang dianggap terpisah dari kategori tersebut.

Bahasa ini tidak berhubungan dekat dengan bahasa Venetia, bahasa punah yang dituturkan di wilayah Veneto hingga abad ke-1 SM.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c United Nations (1991). Fifth United Nations Conference on the Standardization of Geographical Names: Vol.2. Montreal. 
  2. ^ a b c Holmes, Douglas R. (1989). Cultural disenchantments: worker peasantries in northeast Italy. Princeton University Press. 
  3. ^ Minahan, James (1998). Miniature empires: a historical dictionary of the newly independent states. Westport. 
  4. ^ Kalsbeek, Janneke (1998). The Čakavian dialect of Orbanići near Žminj in Istria: Vol.25. Atlanta. 
  5. ^ Frawley, William (2003). International encyclopedia of linguistics: Vol.1. Oxford University Press. 
  6. ^ Ethnologue.
  7. ^ Haller, Hermann W. (1999). International The other Italy: the literary canon in dialect. Toronto.