Bahasa Persia Afgani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dari (bahasa Persia: دری Darī, pengucapan [dæˈɾi]) atau Dari Persian (bahasa Persia: فارسی دری - Fārsīy e Darī, [fɒːɾsije dæˈɾi]), biasa dikenal dengan Persia Timur, adalah nama historis untuk bahasa Persia dan, dalam penggunaan kontemporer mengacu pada dialek Persia kadang disebut Farsi yang dituturkan di Afganistan.[1][2][3] It is the term officially recognized and promoted by the Afghan government for the language.[1] Sebagaimana didefinisikan dalam Konstitusi Afganistan, Bahasa Dari merupakan salah satu dari dua bahasa nasional resmi di Afganistan. Dituturkan oleh lebih dari 50% dari penduduk sebagai bahasa utama, yang juga menjadi sebagai lingua franca di Afganistan.[4]. Pusat daerah tutur bahasa ini umumnya di wilayah utara dan barat Afganistan, termasuk sekitar kota Kabul. Hampir separuh penduduk Afganistan (kecuali suku Pashtun) merupakan penutur bahasa ini, atau setidaknya sebagai bahasa kedua. Bahasa ini berfungsi sebagai penyatu antar suku.

Masyarakat Hazara berbicara dalam Bahasa Dari, namun dengan dialek yang berbeda dan terdapat banyak kosakata Mongol dan Turki didalamnya.

Ditulis dengan huruf Arab lokal, bahasa ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Bahasa Persiadi Iran, namun dengan penekanan yang lebih sedikit ketimbang Persia Iran serta beberapa tambahan konsonan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Iranica
  2. ^ http://www.lmp.ucla.edu/Profile.aspx?LangID=191&menu=004
  3. ^ http://original.britannica.com/eb/article-9028772/Dari-language
  4. ^ Dari, UCLA Language Materials Project

Pranala luar[sunting | sunting sumber]