Rumpun bahasa Afro-Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bahasa Afro-Asiatik)
Rumpun bahasa
Afro-Asia
PersebaranTanduk Afrika, Afrika Utara, Sahel, Asia Barat Daya, Afrika Barat, Afrika Timur
Penggolongan bahasa
Bahasa indukProto-Afro-Asia
Kode bahasa
ISO 639-2 / 5afa
Glottologafro1255
Lokasi penuturan
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Peta persebaran bahasa-bahasa Afro-Asia

Rumpun bahasa Afro-Asia merupakan salah satu rumpun bahasa besar dengan anggota 374 bahasa[2] dan lebih dari 285 juta penutur yang tersebar di daerah Afrika Utara, Afrika Timur, Sahel, dan Asia Barat Daya. Subrumpunbahasa ini adalah bahasa Berber, bahasa Chad, bahasa Mesir, bahasa Semit, bahasa Kush, bahasa Beja (subklasifikasi kontroversial; secara luas diklasifikasikan sebagai bahasa Kush), bahasa Omotik (kontroversial; kadang-kadang diperdebatkan sebagai Afro-Asia luar).

Bahasa berintonasi ditemukan pada cabang bahasa Omotik, Chadik, dan Kush Selatan & Timur Afro-Asia, menurut Ehret (1996). Cabang bahasa Semit, Berber dan Mesir tak berintonasi.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Bahasa Afro-Asia dianggap berasal dari bahasa Afro-Asia purba,namun tidak ada kesepakatan bersama dimana bahasa Afro-Asia purba diucapkan; Afrika (misal, Igor Diakonoff, Lionel Bender) telah sering mengusulkan, terutama Ethiopia berdasarkan pada perbedaan besar bahasa-bahasa Afro-Asianya, tetapi di pesisir Laut Merah barat dan Sahara juga telah dikemukakan (misal, Christopher Ehret). Alexander Militarev mengusulkan bahwa tempat aslinya ialah di Levant (secara spesifik, ia mengidentifikasikan mereka dengan budaya Natufia).

Istilah Afro-Asia[sunting | sunting sumber]

Istilah Afro-Asia diperkenalkan oleh Maurice Delafosse (1914) dan digunakan kembali oleh Josep Greenberg pada tahun 1960. Greenberg menggunakan istilah ini karena hanya bahasa-bahasa di dalam rumpun bahasa ini yang digunakan baik di Afrika maupun Asia.[3]

Hamit-Semit adalah istilah awal yang mengacu pada Afro-Asia. Istilah ini digunakan oleh Friedrich Müller (1876). Banyak ahli yang menolak istilah ini, karena tidak ada istilah linguistik yang berhubungan dengan Hamit. Istilah lainnya adalah Semit-Hamit (terutama ditemukan dalam teks-teks Rusia lama), Afrasian (Igor Diakonoff, 1988), Erythraen (Tucker and Bryan 1966; Tucker 1975), dan Lisramic (Carleton T. Hodge, 1972). Istilah Afrasian adalah anglikisasi dari bahasa Rusia afrazijskije. Istilah Erythraen mengacu pada wilayah geografis inti dari rumpun ini. Istilah Lisramic berasal dari gabungan dua bahasa, bahasa Afro-Asia purba lis yang berarti "bahasa" dan dan bahasa Mesir Tua istilah rāməč yang berarti "bangsa".[4].

Ciri-ciri umum[sunting | sunting sumber]

Ciri-ciri umum bahasa Afro-Asia termasuk:

  • sistem dua gender dalam kata tunggal, dengan feminin ditandai dengan suara /t/.
  • Tipologi PSO dengan kecenderungan SPO.
  • seperangkat konsonan tegas, yang dengan berbagai cara dicapai dengan glotalisasi, pharyngealisasi, atau implosif, dan
  • morfologi templatis yang mana kata-kata dengan perubahan internal seperti prefiks dan sufiks.

Beberapa sanak termasuk:

  • b-n- "membangun" (Ehret: *bĭn), dibuktikan dalam bahasa Chadik, Semit (*bny), Kushitik (*mĭn/*măn "rumah") dan Omotik (Dime bin- "membangun, membuat");
  • m-t "meninggal" (Ehret: *maaw), dibuktikan dalam bahasa Chadik (misal Hausa mutu), Mesir (mwt, mt, Koptik mu), Berber (mmet, jamak. yemmut), Semit (*mwt), dan Kushitik (Proto-Somali *umaaw/*-am-w(t)- "meninggal")
  • s-n "tau", dibuktikan dalam bahasa Chadik, Berber, dan Mesir;
  • l-s "lidah" (Ehret: *lis' "menjilat"), dibuktikan dalam bahasa Semit (*lasaan/lisaan), Mesir (ns, Koptik las), Berber (iles), Chadik (mis. Hausa harshe), dan kemungkinan Omotik (Dime lits'- "menjilat");
  • s-m "nama" (Ehret: *sŭm / *sĭm), dibuktikan dalam bahasa Semit (*sm), Berber (isem), Chadik (misal Hausa suna), Kushitik, dan Omotik (meski bentuk Berber, isem, dan bentuk Omotik, sunts, kadang-kadang ditolak sebagai kata pinjaman Semit.) Bahasa Mesir smi "laporan, pengumuman" mungkin juga bersaudara.
  • d-m "darah" (Ehret: *dîm / *dâm), dibuktikan dalam Berber (idammen), Semit (*dam), Chadi,kan Omotik (diperdebatkan). Kushitik *dîm/*dâm, "merah", mungkin bersaudara.

Dalam sistem verbal, Semitic, Berber, dan Cushitik (termasuk Beja) seluruh keterangan tersedia buat konjugasi prefiks:

Bahasa Indonesia Bahasa Arab (Semit) Kabyle (Berber) Saho (Cushitik; kata kerjanya ialah "membunuh") Beja (kata kerjanya ialah "datang")
ia (lelaki) meninggal yamuutu yemmut yagdifé iktim
ia (perempuan) meninggal tamuutu temmut yagdifé tiktim
mereka meninggal yamuutuuna mmuten yagdifín iktimna
kamu meninggal tamuutu temmuteḍ tagdifé tiktima
kalian meninggal tamuutuuna temmutem tagdifín tiktimna
saya meninggal ˀamuutu mmuteγ agdifé aktim
kami meninggal namuutu nemmut nagdifé niktim

Afiks kausatif s tersebar luas (ditemukan dalam seluruh subkeluarganya), tetapi juga ditemukan di kelompok lain, seperti bahasa-bahasa Niger-Kongo. Akhiran kata ganti kepemilikan didukung bahasa Semit, Berber, Kushitik (termasuk Beja), dan Chadik.

Sejarah klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Keterkaitan antar-cabang dari rumpun bahasa Afro-Asia (Lipiński 2001).

Terkadang pelajar pertengahan 2 atau lebih cabang Afro-Asia bersama; sudah pada abad ke-9, tata bahasawan Ibrani Judah ibn Quraysh dari Tiaret, Aljazair merasakan hubungan antara Berber dan Semit (yang kemudian dikenalnya melalui Bahasa Arab, Bahasa Ibrani, dan Bahasa Aram.)

Pada 1800-an, orang-orang Eropa mulai mengusulkan hubungan begitu; demikian pada 1844 Th. Benfey keluarga bahasa yang termasuk bahasa Semit, Berber, dan Cushitik (dikenal kemudian sebagai "bahasa Ethiopia"). Pada tahun yang sama, T. N. Newman mengusulkan hubungan antara bahasa Semit dan Hausa, tetapi ini akan menyisakan perdebatan panjang dan ketidakpastian. Keluarga bahasa "Hamito-Semit" tradisional dinamai Friedrich Müller pada 1876 dalam Grundriss der Sprachwissenschaftnya, dan ditetapkan mendirikan kelompok bahasa Semitic plus grup "Hamitic" yang memuat bahasa Mesir, Berber, dan Kushitik; kelompok Chadik tak termasuk. Sebagian klasifikasi ini didasarkan pada antropologi non-linguistik dan argumen rasial.

Leo Reinisch (1909) mengusulkan hubungan Kushitik dan Chadik, saat meminta lebih banyak pertalian jauh dengan bahasa Mesir dan Semit, demikian bayangan Greenberg; namun secara besar usulannya diabaikan. Marcel Cohen (1947) menolak gagasan subkelompok "Hamitic" yang berbeda, dan memasukkan Hausa (bahasa Chadik) perbandingan kosakata Hamito-Semitnya. Joseph Greenberg (1950) menegaskan penolakan Cohen mengenai "Hamitic", menambahkan (dan mensubklasifikasikan) bahasa Chadik, dan mengajukan nama baru Afro-Asia untuk keluarga itu; klasifikasinya tentang itu sampai menjadi hampir secara universal diterima. Pada 1969, Harold Fleming mengajukan pengenalan bahasa Omotik sebagai cabang ke-5, daripada (seperti yang sebelumnya dipercaya) subkelompok Kushitik, dan ini menjadi secara umum diterima. Beberapa pelajar, termasuk Harold Fleming dan Robert Hetzron, sejak itu telah menanyakan pencantuman tradisional bahasa Beja dalam Cushitik, tetapi pandangan ini belum mendapatkan penerimaan umum.

Ada persetujuan kecil pada subklasifikasi 5 atau 6 cabang yang disebutkan; bagaimanapun, Christopher Ehret (1979), Harold Fleming (1981), dan Joseph Greenberg (1981) semuanya setuju jika bahasa Omotik cabang pertama yang terpisah dari lainnya. Sebaliknya, Ehret mengelompokkan bahasa Mesir, Berber, dan Semit bersama dalam subkelompok Afro-Asia Utara; Paul Newman (1980) mengelompokkan bahasa Berber dengan Chadik dan Mesir pada rumpun Semit, saat pertanyaan pencantuman bahasa Omotik; Fleming (1981) membagi rumpun Afro-Asia non-Omotik, atau "Erythraean", dalam 3 kelompok, Kushitik, Semit, dan lainnya; ia kemudian menambahkan bahasa Semit dan Beja pada ‘yang lain-lainnya’ itu, dengan Ongotá sebagai cabang ke-3 sementara; dan Lionel Bender (1997) menyokong "Makro-Cush" menyusun Berber, Kushitik, dan Semit, saat menganggap bahasa Chadik dan Omotik sebagai yang terjauh dari cabang lainnya. Vladimir Orel dan Olga Stolbova (1995) mengelompokkan bahasa Berber dengan Semit, Chadik dengan bahasa Mesir, dan membagi Kushitik ke dalam 5 atau lebih subkeluarga tersendiri dari rumpun Afro-Asia, yang melihatnya sebagai Sprachbund daripada subkeluarga yang benar. Alexander Militarev (2000), pada basis leksikostatistik, mengelompokkan bahasa Berber dengan Chadik dan keduanya, lebih jauh lagi, dengan bahasa Semit, sebagai pada bahasa Kushitik dan Omotik.

Bibliografi etimologi[sunting | sunting sumber]

Beberapa sumber utama etimologi Afro-Asia termasuk:

  • Marcel Cohen, Essai comparatif sur la vocabulaire et la phonétique du chamito-sémitique, Champion, Paris 1947.
  • Igor M. Diakonoff et al., "Historical-Comparative Vocabulary of Afrasian", St. Petersburg Journal of African Studies No. 2-6, 1993-7.
  • Christopher Ehret. Reconstructing Proto-Afroasiatic (Proto-Afrasian): Vowels, Tone, Consonants, and Vocabulary (University of California Publications in Linguistics 126), California, Berkeley 1996.
  • Vladimir E. Orel dan Olga V. Stolbova, Hamito-Semitic Etymological Dictionary: Materials for a Reconstruction, Brill, Leiden 1995

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sands, Bonny (2009). "Africa’s Linguistic Diversity". Language and Linguistics Compass 3/2 (2009): 559–580, 10.1111/j.1749-818x.2008.00124.x
  2. ^ Ethnologue,Afro-Asiatic
  3. ^ Encyclopedia Britannica Afro-Asiatic Languages
  4. ^ Cambridge University Press The Afro-Asiatic Languages

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]