Bagong Kussudiardja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bagong Kussudiardja
Lahir 9 Oktober 1928
Bendera Indonesia Yogyakarta, Indonesia
Meninggal 15 Juni 2004 (umur 75)
Bendera Indonesia Yogyakarta, Indonesia
Pekerjaan koreografer
pelukis
Pasangan Sofiana (meninggal tahun 1997)
Yuli Sri Hastuti
Anak Ida Manutranggana
Elia Gupita
Rondang Ciptasari
Otok Bima Sidharta
Butet Kertaradjasa
Purbasari Ayuwangi
Djaduk Ferianto
Orang tua RB Tjondro Sentono
Agama Kristen

Bagong Kussudiardja (lahir di Yogyakarta, 9 Oktober 1928 – meninggal di Yogyakarta, 15 Juni 2004 pada umur 75 tahun) adalah seorang Koreografer dan Pelukis Indonesia. Bagong memulai kariernya sebagai penari Jawa klasik di Yogyakarta pada 1954. Ia berkenalan dengan seni tersebut melalui Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo, yang dipimpin oleh Pangeran Tedjokusumo, seniman tari ternama.

Bagong mendirikan Pusat Latihan Tari (PLT) pada 5 Maret 1958 dan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja pada 2 Oktober 1978. Selama hidupnya, lebih dari 200 tari telah diciptakan, dalam bentuk tunggal atau massal, diantaranya; tari Layang-layang (1954), tari Satria Tangguh, dan Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih (1968), juga Bedaya Gendeng (1980-an).

Orangtua Bagong, RB Tjondro Sentono menikah dengan Siti Aminah, Dari hasil perkawinan mereka, lahirlah Kus Sumarbirah, Bagong Kussudiardja, Handung Kussudyarsana, dan terakhir Lilut Kussudyarto. Kakeknya, Gusti Djuminah konon adalah putra mahkota Sultan HB VII yang karena membelot, terpaksa harus menjalani hukuman kurantil (pengasingan).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]