Baekgyeol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Baek Gyeol)

Baekgyeol (411-?) adalah pemain musik dari Silla.[1][2] Nama aslinya adalah Park Mun-ryang 박문량 (朴文良),[2] tetapi lebih dikenal dengan nama Baekgyeol, pemusik legendaris dalam sejarah Korea. Alat musik yang membuat namanya terkenal adalah alat musik dawai bersenar tujuh, gayageum.[1] Alat musik ini diperkenalkan ke Silla dari negara tetangganya, Goguryeo.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Baekgyeol lahir pada tahun 411. Ia merupakan putra dari Park Je-sang diplomat Silla yang gugur dalam bertugas di Jepang.[2] Baekgyeol ditinggal sang ayah dan hidup bersama ibu.

Baekgyeol tidak tertarik untuk bekerja dan menghabiskan seumur hidupnya hanya bermain alat musik.[1] Namanya adalah kependekan dari kalimat hyeonsun baekgyeol yang bermakna baju compang-camping karena miskin. Bahkan, ia memakai baju yang sama lebih dari 100 kali. Namun begitu, ia terus bermain geomungo dan mengekspresikan perasaannya lewat lagu.[1]

Keahlian Baekgyeol memainkan geomungo menjadi legenda karena ia bisa memainkan musik menirukan suara penggilingan.

Baekgyeol menciptakan sebuah lagu berjudul Banga Taryeong ("Lagu Penggilingan") pada saat istrinya menangis karena tidak ada uang untuk membeli beras. Pada saat itu orang-orang sibuk membuat kue beras untuk menyambut tahun baru dengan menggiling dan menumbuk adonan beras. Lagu ciptaan Baekgyeol lama kelamaan tersebar ke pelosok negeri dan menjadi terkenal, terutama di kalangan rakyat miskin yang merasa terhibur dengan musiknya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris)Silla’s Geomungo Master Baek Gyeol Diarsipkan 2010-11-05 di Wayback Machine., KBS World. 2-11-2010.
  2. ^ a b c (Korea)백결선생, encykorea.aks.ac.kr. 1-06-2016.