Badan (pesawat terbang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Badan pesawat)
Langsung ke: navigasi, cari
Badan pesawat Boeing 737

Badan pesawat (Inggris: fuselage; dari bahasa Prancis fuselé yang berarti "berbentuk gelendong") adalah bagian badan utama sebuah pesawat dimana awak pesawat , penumpang atau kargo ditempatkan. Pada pesawat bermesin tunggal badan pesawat biasanya juga berisi mesin, meskipun di beberapa pesawat amfibi mesin tunggal biasanya terpasang pada tiang yang melekat pada badan pesawat , dimana badan pesawat digunakan untuk mengambang. Badan pesawat juga berfungsi untuk mengontrol posisi dan permukaan penyetabil dalam hubungannya untuk permukaan angkat , hal ini diperlukan untuk stabilitas dan manuver pesawat.

Tipe tipe strukrur[sunting | sunting sumber]

Struktur Pesawat

Struktur Palang Kotak[sunting | sunting sumber]

las-lasan tabung struktur palang kotak badan pesawat Piper PA-18

Unsur struktural mirip dengan sebuah jembatan, dengan penekanan pada segitiga dengan menggunakan unsur-unsur terkait. Bentuk yang aerodinamis diisi oleh unsur-unsur tambahan yang disebut former dan Longeron dan kemudian ditutup dengan kain dan dicat. Pesawat paling awal menggunakan teknik ini dengan kayu dan kawat gulungan dan jenis struktur ini masih digunakan di banyak pesawat ringan menggunakan las-lasan tabung baja. Metode ini terutama cocok untuk Pesawat terbang rekayasaproyek amatir, di mana struktur palang dilas lengkap dikirimkan dengan pemasangan komponen lain, pembungkusan, dan penyelesaian dilakukan oleh pengguna, untuk memastikan bahwa struktur bantalan beban yang kuat dan seragam ada di dalam setiap pesawat yang selesai dirakit. Sebuah kotak truss struktur badan pesawat juga dapat dibangun dari kayu-sering ditutupi dengan kayu lapis-seperti dapat dilihat pada Badan Pesawat Ibis.

Konstruksi Geodesik[sunting | sunting sumber]

Struktur badan pesawat terlihat terbuka dalam kerusakan akibat perang

Elemen-elemen struktural Geodesik digunakan oleh Barnes Wallis untuk pesawat Inggris Vickers untuk membentuk seluruh pesawat di antara kedua perang dunia dan di dalam Perang Dunia II , termasuk bentuk aerodinamis. Dalam jenis konstruksi ini beberapa stringers lembaran datar disatukan dengan former dalm bentuk spiral yang berlawanan arah, membentuk sebuah struktur berpenampilan mirip keranjang. Hal ini terbukti ringan, kuat, kaku dan memiliki keuntungan karena dibuat hampir seluruhnya dari kayu. Konstruksi serupa dengan menggunakan alumunium alloy digunakan dalam pesawat Vickers Warwick dengan bahan lebih sedikit daripada bahan yang diperlukan untuk jenis struktural lainnya. Struktur geodesik juga cukup kuat sehingga dapat bertahan dari kerusakan lokal tanpa bencana kegagalan. Sebuah kain penutup pada struktur akan menyempurnakan bagian aerodinamik (lihat Vickers Wellington untuk contoh kapal terbang perang besar yang menggunakan proses ini). Evolusi logis dari konstruksi ini adalah penciptaan badan pesawat menggunakan kayu lapis yang dicetak, di mana beberapa lembar kayu lapis diletakan dalam arah yang berbeda untuk menjadi struktur tipe monokok seperti yg dijelaskan di bawah ini.

Keping Monokok[sunting | sunting sumber]

RV-7 Pesawatnya Van sebuah pesawat yang ramping untuk penerbangan kecepatan tinggi

Dalam metode ini, permukaan luar pesawat juga merupakan struktur primer. Tipikal bentuk awal ini (lihat Lockheed Vega) dibangun dengan menggunakan kayu lapisyang dibentuk, di mana lapisan kayu lapis terbentuk atas "plug" atau dalam jamur. Sebuah kemudian bentuk struktur ini menggunakan serat kaca kain diresapi dengan polyester atau epoxy resin, bukan kayu lapis, sebagaimana kulit. Bentuk sederhana ini digunakan dalam beberapa pesawat buatan amatir menggunakan plastik busa diperluas kaku sebagai inti, dengan menutupi fiberglass, menghilangkan perlunya fabrikasi cetakan, tetapi membutuhkan lebih banyak upaya dalam menyelesaikan (lihat Rutan VariEze). Contoh yang lebih besar pesawat kayu lapis dibentuk adalah de Havilland nyamuk tempur / pembom ringan dari Perang Dunia II. Perlu dicatat bahwa tidak ada kayu lapis kulit pesawat benar-benar monocoque, karena elemen kaku dimasukkan ke dalam struktur terkonsentrasi untuk membawa beban yang seharusnya gesper kulit tipis. Penggunaan molded fiberglass menggunakan negatif ( "perempuan") cetakan (yang memberikan hampir selesai produk) adalah lazim dalam rangkaian produksi modern sailplane s. Penggunaan dibentuk komposit untuk struktur pesawat sedang diperluas untuk pesawat penumpang besar seperti Boeing 787'Dreamliner (menggunakan tekanan-molding pada cetakan perempuan).

Semi-monokok[sunting | sunting sumber]

pesawat dipotong menunjukkan bingkai, stringers dan kulit semua terbuat dari aluminium

Ini adalah metode paling disarankan untuk membangun semua- aluminium pesawat. Pertama, serangkaian frame dalam bentuk penampang badan pesawat akan disimpan dalam posisi pada kaku fixture, ataujig. Bingkai ini kemudian bergabung dengan unsur-unsur longitudinal ringan disebut stringers. Ini pada gilirannya ditutup dengan lembaran kulit aluminium, terikat oleh keling ing atau oleh ikatan dengan perekat khusus. The fixture ini kemudian dibongkar dan dikeluarkan dari pesawat selesai shell, yang kemudian dilengkapi dengan kabel, kontrol, dan perlengkapan interior seperti kursi dan barang-barang sampah. Paling modern pesawat besar yang dibangun dengan menggunakan teknik ini, tetapi menggunakan beberapa bagian besar yang dibangun dengan cara ini yang kemudian bergabung dengan pengikat s untuk membentuk badan pesawat lengkap. Sebagai keakuratan dari produk akhir ditentukan terutama oleh fixture mahal, formulir ini cocok untuk produksi seri, di mana sejumlah besar pesawat identik yang dihasilkan. Contoh-contoh awal dari jenis ini termasuk Douglas Aircraft DC-2 dan DC-3 pesawat sipil dan Boeing B-17 Flying Fortress. Kebanyakan logam pesawat ringan dibangun menggunakan proses ini.

Baik monocoque dan semi-monocoque yang disebut sebagai "kulit menekankan" struktur sebagai semua atau sebagian dari beban eksternal (yakni dari sayap dan empennage, dan dari massa diskrit seperti mesin) diambil oleh menutupi permukaan. Selain itu, semua beban dari internal tekanan udara dibawa (sebagai'ketegangan kulit) dengan kulit eksternal.

Pengecualian[sunting | sunting sumber]

Pesawat "Sayap Terbang" , seperti Northrop YB-49 Flying Wing dan Northrop B-2 Spirit bomber tidak mempunyai badan pesawat yang terpisah ; abdan pesawatnya adalah bagian dari struktur sayap yang menebal.

Sebaliknya ada sejumlah kecil desain pesawat yang tidak mempunyai sayap terpisah, tetapi menggunakan abdan pesawat untuk menghasilkan daya angkat. Contohnya termasuk pesawat eksperimental NASA Desain Mengangkat tubuh dan Vought XF5U-1 Flying pancake. Semi-monocoque Dalam sebagian besar jenis beban yang dibawa oleh stringer longeron dan bagian dari beban yang dibawa oleh kulit.

Sebuah percampuran antara sayap dan tubuh dapat dianggap sebagai campuran di atas. Ia membawa beban dalam badan pesawat yg memproduksi daya angkat. Sebuah contoh modernnya adalah Boeing X-48. Salah satu pesawat paling awal menggunakan pendekatan desain ini adalah Burnelli CBY-3, badan pesawat ini berbentuk airfoil untuk menghasilkan daya angkat.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]