Bactrocera dorsalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Bactrocera dorsalis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Diptera
Famili: Tephritidae
Spesies: Bactrocera dorsalis

Bactrocera dorsalis adalah jenis lalat buah anggota suku Tephritidae. Lalat buah ini sangat biasa ditemukan di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Selatan, dan menjadi pengganggu utama kualitas buah perdagangan di tempat-tempat tersebut. Karena perdagangan, jenis ini sekarang juga ditemukan di kawasan Pasifik dan Amerika Serikat.

Kebanyakan anggota spesies ini bertelur dalam jaringan buah, tempat larva menemukan makanan pertamanya setelah menetas. Lalat dewasa biasanya berumur sangat pendek. Beberapa hidup selama kurang dari seminggu.

Kerugian karena lalat buah ini cukup besar dan pengendalian biasanya dilakukan dengan membungkus buah dengan plastik atau kertas. Pemikat feromon digunakan untuk memikat pejantan, menggunakan metil eugenol. Meskipun demikian, diketahui pula bahwa beberapa jenis anggrek (marga Bulbophyllum) memanfaatkan lalat buah ini sebagai penyerbuk.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Bisby F.A., Roskov Y.R., Orrell T.M., Nicolson D., Paglinawan L.E., Bailly N., Kirk P.M., Bourgoin T., Baillargeon G., Ouvrard D. (red.) (2011). "Species 2000 & ITIS Catalogue of Life: 2011 Annual Checklist.". Species 2000: Reading, UK. Diakses pada 24 September 2012.